RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 6
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 2 X 40 Menit (1 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai
B. Kompetensi Dasar
3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif.
C. IndikatorPencapaian KD
1. Mampu mengidentifikasi fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar
2. Mampu membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif dengan logis.
E. Nilai PBKB
- Kecerdasan
- Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
F. Indikator Pencapaian PBKB
- Kecerdasan
mampu mengidentifikasi fakta dan opini dalam iklan surat kabar
- Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
mampu membedakan fakta dan opini dalam iklan surat kabar
G. Materi Pembelajaran
- Fakta dan opini dalam iklan di surat kabar
- Perbedaan fakta dan opini dalam iklan di surat kabar
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang fakta dan opini. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang iklan di surat kabar. 2. Siswa mencermati contoh-contoh iklan dari surat kabar. Elaborasi 1. Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi fakta dan opini dalam teks iklan dengan memberikan data pendukung (kecerdasan, berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif) 2. Siswa menempelkan hasil kerja kelompok di dinding-dinding kelas 3. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok 4. Siswa memberikan penilaian dengan format penilaian yang telah disepakati bersama dan memberi tanda bintang Konfirmasi 1. Guru memberikan konfirmasi dan penghargaan pada kelompok yang terbaik. 2. Dengan arahan dan bimbingan guru, siswa membuat catatan atau simpulan mengenai fakta dan opini iklan. # Selanjutnya siswa mengikuti kegiatan penilaian utuk mengukur pencapaian kompetensi | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang perbedaan fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar. 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari mengidentifikasi fakta dan opini dari teks iklan di surat kabar? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Kecerdasan dan Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif 5. Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa menerima tugas terstruktur (mencari dan menggunting sebuah teks iklan di surat kabar kemudian menentukan kalimat fakta dan opini yang terdapat dalam teks iklan tersebut dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (membuat kliping teks iklan, kemudian menggarisbawahi fakta yang ada dalam teks iklan dengan tinta merah, opini dengan tinta hitam/biru) 7. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 64 – 65)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Teks –teks iklan di surat kabar
4. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 17-24
5. Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
c. Soal Instrumen :
Bacalah teks iklan dengan saksama kemudian kerjakan soal berikut!
1) Temukan fakta dan opini yang terdapat dalam iklan tersebut!
2) Jelaskan perbedaan fakta danopini dalam iklan tersebut dengan alasan yang mendukung!
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1)
No. | Kegiatan | Skor |
1 | Siswa dapat mengidentifikasi semua fakta dan pendapat yang terdapat dalam teks iklan di surat kabar dengan benar | 5 |
2 | Siswa dapat mengidentifikasi beberapa/sebagian fakta dan pendapat yang terdapat dalam teks iklan di surat kabar dengan benar | 3 |
3 | Siswa dapat mengidentifikasi sedikit sekali /sebagian kecil fakta dan pendapat yang terdapat dalam teks iklan di surat kabar dengan benar | 1 |
| Skor Maksimal | 5 |
Soal nomor 2)
No. | Kegiatan | Skor |
1 | Siswa dapat membedakan fakta dan opini dengan alasan yang mendukung | 5 |
2 | Siswa dapat membedakan fakta dan opini dengan alasan yang kurang mendukung | 3 |
3 | Siswa dapat membedakan fakta dan opini dengan alasan yang tidak mendukung | 1 |
| Skor Maksimal | 5 |
| Perolehan Skor | | | |
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
| 10 | | | |
2. Penilaian Pencapaian KD
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | |
Kecerdasan | Berpikir Logis, Kritis, Kreatif, Inovatif | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 8 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 6 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 4 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 2 |
| Skor Maksimal | 4 | 4 | 8 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
RPP KURIKULUM 2006 (KTSP) BAHASA INDONESIA KELAS IX/1 KD 3.1 MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI
Reviewed by MCH
on
October 14, 2017
Rating:
No comments: