RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 7
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan.
B. Kompetensi Dasar
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat , padat , dan jelas
C. IndikatorPencapaian KD
1. Mampu mendaftar butir-butir yang akan dituliskan dalam iklan baris di surat kabar.
2. Mampu menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, jelas, dan logis.
E. Nilai PBKB
1. Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
2. Berorientasi pada tindakan
F. Indikator Pencapaian PBKB
1. Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
mampu mendaftar butir-butir yang terdapat dalam tiap jenis iklan baris
2. Berorientasi pada tindakan
mampu menulis iklan baris
G. Materi Pembelajaran
- Butir-butir penting dalam iklan baris di surat kabar
- Penulisan iklan baris di surat kabar
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang iklan baris. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Guru menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan iklan baris di surat kabar 2. Secara berkelompok (4-5 orang) siswa mencermati jenis-jenis iklan baris di surat kabar Elaborasi 3. Masih dalam kelompok yang sama, siswa mendaftar butir-butir penting yang terdapat dalam tiap jenis iklan 4. Setiap siswa menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas. (berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif) 5. Masing-masing kelompok memilih iklan baris terbaik. 6. Siswa menempelkan hasil kerja terpilih di dinding-dinding kelas (berorientasi pada tindakan) 7. Kelompok lain memberikan penilaian berdasarkan rubrik yang sudah disepakati Konfirmasi 1. Guru memberikan konfirmasi pada semua hasi karya siswa dan penghargaan pada kelompok yang terbaik. | | |
C. | Penutup | 5’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang butir-butir penting dalam iklan baris dan penulisan iklan baris di surat kabar. 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari penulisan iklan baris di surat kabar? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif dan berorientasi pada tindakan 5. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
Pertemuan kedua
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 8. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan penulisan iklan baris di surat kabar 9. Secara berkelompok (4-5 orang) siswa mencermati sebuah iklan baris yang disediakan guru. Elaborasi 10. Masih dalam kelompok yang sama, siswa mengidentifikasi hal-hal yang masih perlu disunting dari iklan baris. 11. Siswa menyunting iklan baris berdasarkan bahasa yang singkat , padat , dan jelas serta kelengkapan butir-butir pentingnya. (berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif) 12. Wakil setiap kelompok mempesentasikan hasil suntingan dan kelompok lain menanggapinya. (berorientasi pada tindakan) Konfirmasi 2. Guru memberikan konfirmasi pada semua hasi karya siswa dan penghargaan pada kelompok yang terbaik. | | |
C. | Penutup | 5’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang penulisan iklan baris di surat kabar. 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari penulisan iklan baris di surat kabar? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif dan berorientasi pada tindakan 5. Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa menerima tugas terstruktur (Siswa membuat iklan baris ) dan tugas mandiri tidak terstruktur ( Siswa membuat kliping iklan baris) 7. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 66)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Teks –teks iklan di surat kabar
4. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 25-30
5. Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
c. Soal Instrumen :
1) Daftarkan minimal tiga butir pernyataan yang akan kamu tulis dalam iklan baris di surat kabar!
2) Tulislah iklan baris dengan bahsaa yang singkat, padat, dan jelas berdasarkan butir-butir yang telah kamu catat!
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1)
| |||||||||||||||
|
Soal nomor 2)
No. | Aspek | Deskriptor | 1 | 2 | 3 | 4 |
1 | Kesesuaian isi | Isi iklan sesuai dengan butir-butir yang didaftar | | | | |
2 | Penggunaan bahasa | Bahasa yang digunakan singkat, padat, dan jelas | | | | |
3 | Kerapian tulisan | Ditulis dengan tulisan yang rapi | | | | |
Skor maksimal:
No 1) = 10
No 2) = 12
Jumlah = 22
| Perolehan Skor | | | |
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
| 22 | | | |
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | |
Berpikir Logis, Kritis, Kreatif, Inovatif | Berorientasi pada Tindakan | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 8 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 6 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 4 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 2 |
| Skor Maksimal | 4 | 4 | 8 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
RPP BAHASA INDONESIA KELAS IX/1 KD MENULIS IKLAN
Reviewed by MCH
on
October 14, 2017
Rating:
No comments: