RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 12
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
6. Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain.
B. Kompetensi Dasar
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun.
C. Indikator Pencapaian KD
1. Mampu menentukan suasana puisi
2. Mampu menghubungkan suasana puisi dengan irama musikalisasi puisi.
3. Mampu menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun dengan rasa tanggung jawab.
E. Nilai PBKB
1. Tanggung Jawab
2. Berorientasi Pada Tindakan
F. Indikator Pencapaian PBKB
- Tanggung Jawab
menulis sebuah puisi sesuai dengan ilustrasi
berdiskusi memperbaiki puisi
- Berorientasi Pada Tindakan
membacakan puisi di depan kelas
menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi
G. Materi Pembelajaran
1. Suasana puisi
2. Irama musikalisasi puisi
3. Penampilan musikalisasi puisi
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang syair 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan puisi, musikalisasi puisi 2. Secara berkelompok (4 – 5 orang) siswa mencermati puisi “Karangan Bunga” dan mendengarkan rekaman musikalisasi puisi tersebut. (tanggung jawab) Elaborasi 3. Masih dalam kelompok yang sama siswa menentukan isi puisi dan suasana/irama yang dibangun. 4. Wakil setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka dan kelompok lain menanggapinya. (beroritentasi pada tindakan) Konfirmasi 5. Guru memberikan konfirmasi pada semua hasil diskusi kelompok dan penghargaan pada kelompok yang terbaik. | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang isi puisi dan suasana/irama yang dibangun pada musikalisasi puisi. 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimama perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai kecakapan hidup: tanggung jawab dan berorientasi pada tindakan 5. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
Pertemuan Kedua
No. | Langkah-Langkah Pembelajaran | |
A. | Pendahuluan | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | |
B. | Inti | |
| Eksplorasi 1. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang capaian kompetensi pada pertemuan sebelumnya ( keterkaitan/kesesuaian antara isi puisi dengan suasana/irama yang dibangun pada musikalisasi puisi). 2. Siswa mengamati contoh musikalisasi puisi “Karangan Bunga” (tanggung jawab) yang disampaikan beberapa siswa yang sudah disiapkan guru. Elaborasi 3. Secara berkelompok (4 –5 orang) siswa menyanyikan puisi yag sudah dimusikalisasi sesuai pilihan kelompok mereka. 4. Kelompok lain menilai dengan rubrik penilaian yang telah disepakati bersama. 5. Siswa menyampaikan hasil penilaian di forum kelas (berorientasi pada tindakan) Konfirmasi 6. Guru memberikan konfirmasi pada semua tampilan dan penghargaan pada kelompok yang terbaik. # Selanjutnya siswa mengikuti penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi. | |
C. | Penutup | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang cara memusikalisasi puisi. 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: tanggung jawab dan berorientasi pada tindakan 5. Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa menerima tugas terstruktur (membacakan puisi yang sudah dimusikalisasi. menentukan irama musikalisasi puisi, dan menyanyikan puisi sesuai dengan isi dan suasana) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur ( mendengarkan dengan seksama contoh pembacaan puisi yang sudah dimusikalisai dari narasumber) 7. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 22 – 25)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 38-44
4. Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Unjuk Kerja
b. Bentuk Instrumen : -------
c. Soal/ Instrumen :
Carilah sebuah puisi bertema keindahan alam!
Tentukan suasana puisi tersebu!
Tampilkan musikalisasi puisi di depan kelas!
Rubrik Musikalisasi Puisi
No. | Aspek yang Dinilai | Skor | |||
1 | Kesesuaian antara isi puisi dengan irama/ suasana yang dibangun pada musikalisasi | 1 | 2 | 3 | 4 |
2 | Kekompakan | 1 | 2 | 3 | 4 |
3 | Kreativitas | 1 | 2 | 3 | 4 |
| Total Skor Maksimal | 12 |
| Perolehan Skor | | | |
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
| 12 | | | |
2. Penilaian PBKB
No | Pencapaian Penilaian PBKB | PBKB | Skor | |
Tanggung Jawab | Berorientasi Pada Tindakan | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 8 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 6 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 4 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 2 |
| Skor Maksimal | 4 | 4 | 8 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
RPP KD MUSIKALISASI PUISI KELAS IX/1 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006 (KTSP)
Reviewed by MCH
on
October 14, 2017
Rating:
No comments: