RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 11
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair.
B. Kompetensi Dasar
5.2 Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan
C. IndikatorPencapaian KD
1. Mampu menganalisis ciri-ciri syair yang diperdengarkan.
2. Mampu menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan dengan cermat dan logis.
E. Nilai PBKB
- Kecermatan
- Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif
F. Indikator Pencapaian PBKB
- Kecermatan
mampu menemukan ciri-ciri syair
- Berpikir kritis, logis
mampu menganalisis unsur-unsur syair
G. Materi Pembelajaran
- Ciri-ciri syair
- Unsur-unsur syair
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang syair 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan syair (fokus ciri-ciri syair). 2. Secara berkelompok (4 – 5 orang) siswa mencermati contoh syair yang disiapkan guru. (kecermatan) Elaborasi 3. Masih dalam kelompok yang sama siswa menentukan ciri-ciri syair. (berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif) 4. Wakil setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok. Konfirmasi 5. Siswa mendapatkan konfirmasi dan penghargaan dari guru tentang hasil diskusi mereka (ciri-ciri syair) | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang ciri-ciri syair. 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimama perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Kecermatan dan berpikir logis, kritis 5. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya | |
Pertemuan kedua
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan syair (fokus pada unsur-unsur syair). 2. Masih sama dengan kelompok pada pertemuan pertama siswa mendengarkan syair yang diperdengarkan guru Elaborasi 3. Masih dalam kelompok yang sama siswa menentukan unsur-unsur syair dan menganalisisnya. 4. Siswa saling menukar pekerjaan untuk memberikan penilaian 5. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok terbaik 6. Siswa memajang asil kerja semua kelompok pada dinding-dinding kelas. Konfirmasi 7. Siswa mendapatkan konfirmasi dan penghargaan dari guru tentang hasil diskusi mereka (analisis unsur-unsur syair) # Selanjutnya siswa mengikuti penilaian untuk mengukur pencapaian KD | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang ciri-ciri dan unsur-unsur dalam syair. 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimana perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: kecermatan dan berpikir kritis, logis 5. Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa menerima tugas terstruktur (menganalisis unsur-unsur syair (I) yang diperdengarkan dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (menganalisis unsur-unsur syair (II) yang diperdengarkan 7. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 60 – 61)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Kumpulan syair
4. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 31-36
5. Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
c. Soal/ Instrumen :
Dengarkan dengan saksama syair yang dibacakan atau diputar, kemudian kerjakan soal-soal berikut!
1) Tentukan ciri-ciri syair!
2) Analisislah unsur-unsur syair dengan menggunakan kalimat sendiri!
Pedoman Penskoran
Soal Nomor 1)
Soal Nomor 2)
| ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
| Perolehan Skor | | | |
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
| 20 | | | |
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | PBKB | Skor | |
Kecermatan | Berpikir kritis, logis | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 8 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 6 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 4 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 2 |
| Skor Maksimal | 4 | 4 | 8 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
RPP KD 5.2 MENGANALISIS UNSUR SYAIR KELAS IX/1 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006 (KTSP)
Reviewed by MCH
on
October 14, 2017
Rating:
No comments: