RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 17
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasa-an, dan pengalaman dalam cerita pendek
B. Kompetensi Dasar
8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami.
C. IndikatorPencapaian KD
1. Mampu menentukan peristiwa yang pernah dialami yang akan dijadikan sebagai bahan penulisan cerpen.
2. Mampu menyusun kerangka cerpen berdasarkan peristiwa yang pernah dialami.
3. Mampu mengembangkan kerangka cerpen menjadi sebuah cerpen yang utuh.
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami secara mandiri
E. Nilai PBKB
- Mandiri
- Kedemokratisan
F. Indikator Pencapaian PBKB
- Mandiri
secara mandiri memilih pengalaman yang akan dijadikan sebuah cerpen
secara perorangan menuliskan kembali isi cerpen yang sudah dibaca
- Kedemokratisan
memilih salah satu karya terbaik
memberikan penilaian
G. Materi Pembelajaran
- Penentuan peristiwa yang pernah dialami sebagai ide penulisan cerpen
- Penyusunan kerangka cerpen
- Penulisan cerpen
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang cerpen (fokus pada pengalaman-pengalaman atau peristiwa sehari-hari siswa) 3. Guru menyampaikan KD, indikator, tujuan, dan manfaat pembelajaran. 4. Siswa menerima penjelasan guru mengenai cakupan materi secara umum dan alur kegiatan dalam pembelajaran secara sekilas dan jelas | |||
B. | Inti | 55’ | |
Eksplorasi 1. Guru menanyakan kepada siswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan menulis cerpen 2. Guru menceritakan pengalaman ( pengalaman sendiri atau orang lain) kemudian meminta siswa membacakan cerpen yang isinya sesuai dengan pengalaman tersebut. Elaborasi 1. Secara perseorangan siswa memilih pengalaman yang akan dikembangkan menjadi cerpen (mandiri) 2. Siswa menyusun kerangka cerpen 3. Siswa mengembangkan kerangka cerpen menjadi cerpen 4. Siswa saling membaca hasil kerja teman satu kelompok secara “Roll table” dan memilih satu karya terbaik 5. Tiap kelompok membacakan hasil kerja terbaik kelompok masing-masing 6. Kelompok lain memberikan penilaian sesuai dengan pedoman penskoran yang telah disediakan dan menyertakan alasan (kedemokratisan) 7. Siswa menempelkan hasil kerja kelompok pada papan pajangan Konfirmasi 1. Siswa mendapatkan konfirmasi dari guru tentang cerpen mereka. 2. Kelompok terbaik mendapatkan penghargaan dari guru | |||
C. | Penutup | 15’ | |
1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang cara menulis cerpen berdasarkan peristiwa sehari-hari 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimama perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: mandiri, kedemokratisan. 5. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
Pertemuan Kedua
No. | Langkah-Langkah Pembelajaran | |
A. | Pendahuluan (10’) | |
1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama. 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | ||
B. | Inti (55’) | |
Eksplorasi 1. Siswa bertanya jawab dengan guru berkaitan dengan capaian kompetensi pada pertemuan pertama. 2. Secara klasikal siswa mendengarkan kembali pembacaan cerpen terbaik pada pertemuan pertama Elaborasi 3. Secara perseorangan siswa memilih pengalaman yang akan dikembangkan menjadi cerpen (mandiri) 4. Siswa menyusun kerangka cerpen 5. Siswa mengembangkan kerangka cerpen menjadi cerpen 6. Siswa saling membaca hasil kerja teman satu mejadan saling memberikan komentar/penilaian. (kedemokratisan) Konfirmasi 7. Guru memberikan konfirmasi lebih lanjut. # Selanjutnya siswa mendapatkan tugas menulis cerpen berdasarkan pengalaman/peristiwa sehari-hari sebagai alat untuk mengukur pencapaian kompetensi. | ||
C. | Penutup (15’) | |
1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang nilai-nilai kehidupan dalam cerpen 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimama perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari pembelajaran hari ini? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: mandiri dankedemokratisan. 5. Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa menerima tugas terstruktur (menuliskan kerangka cerpen berdasarkan peristiwa (I) yang dialaminya kemudian mengembangkan kerangka tersebut menjadi sebuah cerpen yang utuh) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (menuliskan kerangka cerpen berdasarkan peristiwa (II) yang dialaminya kemudian mengembangkan kerangka tersebut menjadi sebuah cerpen yang utuh) 7. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 10 – 12)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Buku antologi cerpen
4. Pengalaman Pribadi
5. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 54-60
6. Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Produk
b. Bentuk Instrumen : ---------
c. Soal Instrumen :
Pilihlah peristiwa mengesankan yang pernah Kamu alamikemudian susun kerangka karangan selanjutnya berdasarkan kerangka karangan tersebut kembangkan menjadi cerpen.
Rubrik Penilaian
Penulisan Cerpen Berdasarkan Peristiwa Mengesankan yang Dialami
No. | Aspek | Deskriptor | 1 | 2 | 3 | 4 |
1 | Pengembangan kerangka | Cerita yang dikembangkan berdasarkan kerangka yang telah disusun | ||||
2 | Penggunaan bahasa | Bahasa yang digunakan menarik perhatian pembaca | ||||
3 | Pengembangan alur peristiwa | Alur peristiwa dikembangkan secara imajinatif | ||||
4 | Pengembangan latar | Latar peristiwa dikembangkan secara imajinatif | ||||
5 | Pengembangan penokohan | Tokoh dan penokohannya dikembangkan secara imajinatif | ||||
6 | Penggunaan dan kemenarikan judul | Judul yang digunakan dapat menarik perhatian pembaca dan menggambarkan isi cerita | ||||
7 | Pengembangan cerita | Cerita yang dikembangkan merupakan cerita tunggal yang berfokus pada cerita tokoh utama | ||||
8 | Keberadaan konflik | Cerita yang dikembangkan berisi konflik yang terjadi pada tokoh utama | ||||
9 | Isi cerita | Isi cerita merupakan peristiwa mengesankan yang dialami siswa |
Perolehan Skor | ||||
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
36 |
2. Penilaian PBKB
No | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | |
Mandiri | Kedemokratisan | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 8 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 6 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 4 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 2 |
Skor Maksimal | 4 | 4 | 8 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
RPP KD 8.2 MENULIS CEPEN DARI PERISTIWA YANG DIALAMI SENDIRI KELAS IX SEMESTER 1
Reviewed by MCH
on
October 14, 2017
Rating:
No comments: