RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 8
Nama Sekolah | : | SMP ---------------------------- |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | IX/1 |
Alokasi Waktu | : | 4 X 40 Menit (2 Pertemuan) |
A. Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan.
B. Kompetensi Dasar
4.2 Meresensi buku ilmu pengetahuan
C. IndikatorPencapaian KD
1. Mampu menulis data buku yang dibaca
2. Mampu menulis ikhtisar isi buku
3. Mampu mendaftar butir-butir yang merupakan kelebihan dan kekurangan buku
4. Mampu menuliskan nilai buku
5. Mampu menulis resensi buku
D. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat meresensi buku ilmu pengetahuan dengan rasa ingin tahu dan cinta ilmu.
E. Nilai PBKB
1. Keingintahuan
2. Cinta Ilmu
F. Indikator Pencapaian PBKB
1. Keingintahuan
a. mencermati contoh-contoh resensi buku
b. membaca buku ilmu pengetahuan
2. Cinta Ilmu
a. menuliskan pokok-pokok resensi dari buku ilmu pengetahuan
b. mampu mengembangkan pokok-pokok resensi menjadi resensi utuh
G. Materi Pembelajaran
- Data buku
- Ikhtisar isi buku
- Kelebihan dan kekurangan buku
- Nilai buku
- Penulisan resensi
H. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Tanya jawab
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No. | Kegiatan | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran (salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang resensi buku. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan resensi buku 2. Siswa mencermati contoh sebuah resensi buku dan buku yang diresensi. (cinta ilmu) Elaborasi 3. Secara berkelompok (4 – 5 orang ) siswa mengidentifikasi pokok-pokok resensi buku (identitas buku, ikhtisar isi buku,kelebihan dan kekurangan ,nilai buku) (keingintahuan) 4. Wakil setiap kelompok menempelkan hasil kerja kelompok di dinding-dinding kelas 5. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok 6. Siswa memberikan penilaian dengan format penilaian yang telah disepakati bersama dan memberi tanda bintang Konfirmasi 7. Guru memberikan konfirmasi pada semua karya siswa dan penghargaan pada kelompok yang terbaik. | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang penulisan resensi buku (fokus pada butir- butir dalam resensi buku) 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: Bagaimama perasaan Kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? Apa manfaat yang dapat Kalian petik dari menganalisis resensi buku? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Keingintahuan dan Cinta Ilmu 5. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
Pertemuan Kedua
No. | Langkah-Langkah Pembelajaran | Waktu | |
A. | Pendahuluan | 10’ | |
| 1. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran(salam,doa, presensi, cek kesiapan, dll.) 2. Secara klasikal dan sekilas guru bertanya jawab dengan siswa tentang capaian kompetensi pada pertemuan pertama. 3. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. 4. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. | | |
B. | Inti | 55’ | |
| Eksplorasi 1. Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang pokok-pokok resensi buku (identitas buku, ikhtisar isi buku,kelebihan dan kekurangan ,nilai buku) seperti yang sudah diidentifikasi pada pertemuan pertama 2. Guru memberikan penjelasan lagi secara singkat tentang resensi buku (Guru menunjukkan kembali contoh resensi dan buku yang diresensi) Elaborasi 3. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang terditi atas empat sampai dengan lima orang seperti kelompok pertemuan lalu. 4. Tiap siswa dalam satu kelompok mendapat tugas untuk menuliskan pokok-pokok resensi 5. Secara roll table , hasil kerja siswa dibaca teman untuk didiskusikan 6. Siswa menyusun resensi buku pengetahuan 7. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok 8. Siswa menempelkan hasil kerja kelompok di dinding-dinding kelas 9. Siswa memberikan penilaian dengan format penilaian yang telah disepakati bersama dan memberi tanda bintang Konfirmasi 10. Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang terbaik. 11. Dengan arahan dan bimbingan guru, siswa membuat catatan atau simpulan mengenai penulisan resensi buku ilmu pengetahuan | | |
C. | Penutup | 15’ | |
| 1. Siswa membuat rangkuman/simpulan tentang penulisan resensi buku. 2. Siswa melakukan penilaian dan/atau refleksi proses pembelajaran, misalnya: a. Apa perasaan kalian setelah mengikuti pembelajaran ini? b. Apa manfaat yang dapat kalian petik dari menulis resensi buku? 3. Siswa mendapatkan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; 4. Siswa mendapatkan internalisasi nilai-nilai PBKB: Keingintahuan dan Cinta Ilmu; 5. Siswa menerima keputusan tindak lanjut penilaian (remidi atau pengayaan) dari guru. 6. Siswa menerima tugas terstruktur (membaca buku pengetahuan dan menulis resensi buku tersebut) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (membuat kliping resensi buku ilmu pengetahuan). 7. Siswa menerima informasi mengenai rencana pembelajaran berikutnya. | |
J. Sumber Pembelajaran
1. Atikah Anindyarini dkk. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs.Kelas IX (BSE) Jakarta:Pusat Perbukuan. ( halaman 48 – 50)
2. Titiek Maryuni dkk. 2017. Suplemen Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs. Kelas 9 Sukoharjo: Percada.
3. Contoh-contoh resensi buku ilmu pengetahuan dari surat kabar/majalah
4. E. Kosasih dan Restuti. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX (Mandiri: Mengasah Kemampuan Diri) halaman 26-30
5. Hasil karya siswa
K. Penilaian
1. Penilaian Pencapaian KD
a. Teknik : Produk
b. Bentuk Instrumen : -----
c. Soal/Instrumen :
Berdasarkan buku yang kamu pilih, kerjakan tugas berikut. 1) Tulislah data buku yang kamu pilih! 2) Tulislah ikhtisar isi buku! 3) Daftarlah butir-butir yang merupakan kelebihan dan kekurangan buku 4) Tulislah pendapat pribadi sebagai tanggapan atas isi buku 5) Padukan ikhtisar dan tanggapan pribadi ke dalam tulisan yang utuh d. Pedoman Penskoran dan Rubrik Pedoman Penskoran Soal Nomor 1)
Pedoman Penskoran Soal Nomor 2)
Pedoman Penskoran Soal Nomor 3)
Pedoman Penskoran Soal Nomor 4)
|
Rubrik Menulis Surat Dinas
No. | Aspek | Deskriptor | 1 | 2 | 3 | 4 |
1 | Kesesuaian isi | Isi resensi sesuai dengan ikhtisar, kelebihan dan kekurangan buku, serta tanggapan pribadi yang telah disusun | | | | |
2 | Penggunaan bahasa | Bahasa yang digunakan jelas dan komunikatif | | | | |
3 | Kerapian tulisan | Ditulis dengan tulisan yang rapi | | | | |
Skor maksimal:
No 1) = 5
No 2) = 30
No 3) = 20
N0 4) = 10
No 5) = 12
Jumlah = 77
| Perolehan Skor | | | |
Nilai Akhir | ------------------------ | X | 100 | |
| 77 | | | |
2. Penilaian PBKB
No. | Pencapaian Penilaian PBKB | Nilai PBKB | Skor | |
Keingintahuan | Cinta Ilmu | |||
1 | MK (membudaya) | 4 | 4 | 8 |
2 | MB (mulai berkembang) | 3 | 3 | 6 |
3 | MT (mulai terlihat | 2 | 2 | 4 |
4 | BT (belum terlihat) | 1 | 1 | 2 |
| Skor Maksimal | 4 | 4 | 8 |
----------------------------
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
---------------------------- ----------------------------
---------------------------- ----------------------------
RPP KD 4.2 MERESENSI BUKU ILMU PENGETAHUAN KELAS IX/1 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006 (KTSP)
Reviewed by MCH
on
October 14, 2017
Rating:
No comments: