BEDAH KISI UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA SMA/MA PROGRAM BAHASA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN KUNCI JAWABAN
BEDAH KISI UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA SMA/MA PROGRAM BAHASA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN KUNCI JAWABAN
Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 SMA/MA mata pelajaran Sastra Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA berdasarkan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
BEDAH KISI UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA SMA/MA PROGRAM BAHASA
INDIKATOR MATERI | INDIKATOR SOAL | NOMOR SOAL |
MEMBACA SASTRA | ||
mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra | Disajikan kutipan puisi atau puisi pendek yang menggunakan kata berlambang peserta didik dapat menentukan makna kata berlambang dalam puisi tersebut | 1 |
Disajikan kutipan puisi atau puisi pendek yang menggunakan kata berlambang, peserta didik dapat menentukan majas pada larik tertentu | 2 | |
mengidentifikasi unsur teks sastra | Disajikan kutipan novel/cerpen yang berisi penggambaran watak tokoh, peserta didik dapat menentukan watak tokoh | 3 |
Disajikan kutipan novel/cerpen yang berisi penggambaran watak tokoh, peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak tokoh | 4 | |
Disajikan kutipan novel/cerpen yang berisi latar, peserta didik dapat menentukan latar cerita | 5 | |
Disajikan kutipan teks naratif (cerpen/novel), peserta didik dapat menentukan tahapan alur yang sesuai dengan kutipan teks tersebut. | 6 | |
memaknai isi tersurat dalam karya sastra | Disajikan kutipan puisi atau puisi pendek, peserta didik dapat menentukan isi puisi tersebut | 7 |
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan peristiwa yang terdapat pada kutipan tersebut | 8 | |
menyimpulkan isi tersirat dalam karya sastra | Disajikan kutipan puisi atau puisi pendek yang menggunakan, peserta didik dapat menentukan amanat puisi tersebut | 9 |
menginterpretasi hubungan isi sebab/akibat konflik dalam karya sastra | Disajikan kutipan naskah drama yang dialognya menggambarkan konflik antartokoh, peserta didik dapat menentukan konflik yang terdapat dalam kutipan tersebut | 10 |
Disajikan kutipan teks naratif (cerpen/novel), peserta didik dapat menentukan konflik dalam teks tersebut | 11 | |
Disajikan kutipan teks naratif (cerpen/novel), peserta didik dapat menentukan peristiwa penyebab konflik tersebut | 12 | |
menginterpretasi nilai | Disajikan kutipan cerpen yang menggambarkan nilai-nilai tertentu, peserta didik dapat menentukan nilai (moral/sosial/budaya) yang terdapat dalam kutipan tersebut. | 13 |
membandingkan, pola penyajian, karya sastra (unsur intrinsik karya sastra) | Disajikan kutipan naskah sastra lama (hikayat/dongeng) dan kutipan novel yang di dalamnya terdapat penggambaran watak tokoh yang berbeda, peserta didik dapat menentukan perbedaan kedua watak tokoh tersebut. | 14 |
Disajikan kutipan sinopsis (teks 1) dan resensi novel (teks 2), peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan karakteristik dari kedua kutipan tersebut. | 15 | |
menganalisis bukti latar, perwatakan | Disajikan kutipan novel/cerpen yang berisi latar, peserta didik dapat menentukan pembuktian latar dalam novel/cerpen tersebut | 16 |
Disajikan kutipan novel yang kalimatnya bernomor dan menggambarkan watak tokoh (sabar/pemarah/masa bodoh dll), peserta didik dapat menentukan kalimat pembuktian watak tokoh dalam kutipan tersebut. | 17 | |
mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini | Disajikan kutipan cerpen yang menggambarkan nilai-nilai tertentu, peserta didik dapat menentukan - hubungan nilai (moral/sosial/budaya) yang terdapat dalam kutipan tersebut dengan kehidupan sehari-hari. | 18 |
menilai keunggulan/kelemahan karya sastra | Disajikan kutipan resensi tentang drama, peserta didik dapat menentukan kalimat ulasan yang menggambarkan kelemahan/keunggulan drama tersebut. | 19 |
Disajikan kutipan novel, peserta didik dapat menentukan kalimat resensi yang menyatakan keunggulan kutipan novel tersebut. | 20 | |
membandingkan gaya dan bahasa karya sastra | Disajikan kutipan hikayat dan kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan tersebut. | 21 |
meringkas isi karya sastra | Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat. | 22 |
menanggapi/mengomentari isi karya sastra | Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan kalimat tanggapan yang sesuai dengan pembabakan teks dari kutipan teks drama dua babak singkat | 23 |
Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan penilaian perilaku berbahasa tokoh pada kutipan teks drama | 24 | |
MENULIS SASTRA | ||
melengkapi majas/makna simbolik | Disajikan sebuah puisi pendek yang dirumpangkan salah satu lariknya, peserta didik dapat melengkapi puisi tersebut dengan larik bermajas yang tepat. | 25 |
melengkapi unsur karya sastra puisi | Disajikan sebait pantun yang dirumpangkan satu larik bagian isinya, peserta didik dapat melengkapi isi pantun dengan larik yang tepat. | 26 |
melengkapi karya sastra prosa fiksi | Disajikan kutipan cerpen yang dirumpangkan, peserta didk dapat menentukan kalimat sudut pandang orang ketiga yang tepat untuk melengkapi kutipan cerpen | 27 |
Disajikan kutipan cerpen yang dirumpangkan, peserta didk dapat menentukan latar yang tepat untuk melengkapi kutipan cerpen | 28 | |
melengkapi karya sastra drama | Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan petunjuk gerak yang tepat untuk melengkapi teks drama | 29 |
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan, peserta didik dapat Menentukan kalimat dialog yang tepat untuk melengkapi teks drama | 30 | |
mengurutkan unsur teks sastra | Disajikan rangkaian peristiwa yang diacak urutan kalimatnya, peserta didik dapat menentukan urutan peristiwa tersebut dengan tepat. | 31 |
Disajikan topik dan kata kunci suatu peritiwa, peserta didik dapat menentukan pengembangan cerpen berdasarkan topik dan kata kunci suatu peristiwa | 32 | |
Disajikan tema suatu cerita, peserta didik dapat menentukan pengembangan cerita pendek dengan sudut pandang orang ketiga yang sesuai dengan tema | 33 | |
memvariasikan unsur karya sastra berbentuk puisi | Disajikan ilustrasi makna gurindam, peserta didik dapat menentukan gurindam yang sesuai dengan ilustrasi tersebut. | 34 |
Disajikan tema sebuah puisi, peserta didk dapat menentukan puisi yang sesuai dengan tema puisi tentang kegigihan seseorang dalam kehidupan | 35 | |
Disajikan 4-6 kata (alam/warna/sifat/benda), peserta didik dapat menentukan puisi yang sesuai dengan kata tersebut. | 36 | |
memvariasikan karya sastra yang berbentuk prosa fiksi | Disajikan kutipan novel/cerpen, peserta didik dapat menentukan ungkapan yang sesuai dengan kutipan tersebut. | 37 |
Disajikan kutipan teks hikayat, peserta didik dapat menentukan dengan tepat ubahan hikayat ke dalam bentuk cerpen. | 38 | |
memvariasikan karya sastra yang berbentuk drama | Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan ubahan drama tersebut ke dalam bentuk cerpen. | 39 |
menyusun kritik dan esai dari teks sastra yang disajikan | Disajikan kutipan (cerpen/novel/), peserta didik dapat menentukan kalimat esai (tanggapan) yang sesuai dengan kutipan tersebut. | 40 |
Disajikan puisi pendek secara utuh, peserta didik dapat menentukan kalimat kritik yang sesuai dengan puisi tersebut. | 41 | |
ASPEK KESASTRAAAN | ||
mengidentifikasi bentuk karya sastra | Disajikan kutipan puisi pendek, peserta didik dapat menentukan pembuktian periodisasi dalam puisi tersebut | 42 |
Disajikan kutipan naskah sastra lama (hikayat, dongeng) yang berisi karakteristik sastra lama tersebut, , peserta didik dapat menentukan: karakteristik sastra lama | 43 | |
Disajikan kutipan puisi yang menunjukkan ciri jenis puisi tertentu (pantun/syair/gurindam), peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan jenis puisi tersebut. | 44 | |
mengidentifikasi aspek kesastraan pada puisi, prosa fiksi, dan drama | Disajikan puisi yang terdiri dari satu/dua bait yang rima akhirnya (silang, berpeluk, rata, sejajar), peserta didik dapat menentukan jenis rima tersebut. | 45 |
Disajikan kutipan puisi pendek, peserta didik dapat menentukan citraan pada larik tertentu | 46 | |
Disajikan kutipan naskah drama, peserta didik dapat menentukan pembabakan alur pada kutipan drama tersebut. | 47 | |
menafsirkan aspek kesastraan pada puisi | Disajikan kutipan puisi yang menggambarkan budaya, peserta didik dapat menentukan standar budaya yang dianut masyarakat pada kutipan puisi | 48 |
menafsirkan aspek kesastraan pada prosa fiksi | Disajikan kutipan naskah sastra lama (hikayat, dongeng) yang berisi karakteristik sastra lama tersebut, peserta didik dapat menentukan watak tokoh dalam kutipan sastra lama tersebut | 49 |
Disajikan kutipan naskah sastra lama (hikayat/dongeng), peserta didik dapat menentukan nilai (moral/sosial/agama/budaya) pada kutipan tersebut yang masih dijumpai pada kehidupan sekarang. | 50 | |
menafsirkan aspek kesastraan pada drama | Disajikan kutipan naskah drama yang dialognya menggambarkan watak tokoh, peserta didik dapat menentukan sifat/watak tokoh drama tersebut | 51 |
Disajikan kutipan naskah drama yang dialognya menggambarkan watak tokoh dan konflik antartokoh, peserta didik dapat menentukan amanat yang tersirat dalam kutipan tersebut | 52 | |
mengkritik aspek kesastraan pada puisi | Disajikan kutipan puisi baru, peserta didik dapat menentukan kalimat kritik berdasarkan aspek (bentuk/rima/irama) pada puisi tersebut. | 53 |
mengkritik aspek kesastraan pada prosa fiksi | Disajikan kutipan cerpen/novel peserta didik dapat menentukan kalimat kritik berdasarkan kutipan cerpen tersebut. | 54 |
mengkritik aspek kesastraan pada drama | Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan kalimat kritik berdasarkan kutipan drama tersebut. | 55 |
Catatan: Jumlah butir soal UN Sastra Indonesia 40 butir soal. Indikator soal tersebut disusun berdasarkan variasi soal pada UN tahun 2017 dan 2018
BACA
SOAL PERSIAPAN UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA DAN KUNCI JAWABAN KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/12/soal-persiapan-un-2019-mapel-sastra.html
BEDAH KISI UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA SMA/MA PROGRAM BAHASA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN KUNCI JAWABAN
Reviewed by MCH
on
December 08, 2018
Rating:
No comments: