SOAL-SOAL PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS XI BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013
SOAL-SOAL LATIHAN TEKS PROSEDUR
Pilihlah jawaban yang paling benar!
(Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 1‑3)
Boleh-boleh saja ikut arus. Akan tetapi, tetap ingat juga tempat kita berpijak agar identitas bangsa tidak hilang. Siapa lagi yang akan mengemban pesan dan peninggalan nenek moyang dan leluhur bangsa kalau bukan kita sendiri. Iya, kan? Kita tahu dan sadar bahwa Indonesia kita tercinta ini punya ragam kebudayaan yang sangat kaya. Setiap provinsi dan suku bangsa mempunyai karakter yang berbeda satu sama lain, juga latar belakang budaya yang berbeda. Masing-masing provinsi memiliki bentuk penampilan, mempunyai keunikan yang sangat indah, kaya akan warna, bentuk, detail-detail, dan ornamen-ornamen unik dan penuh identitas kedaerahan. Tentunya semua itu tidak akan pernah dan tidak boleh dilupakan hanya karena ingin ikut arus gaya minimalis.
1. Kata kerja imperatif dalam cuplikan teks di atas adalah ….
A. tidak boleh
B. kita tahu
C. mempunyai
D. mengemban pesan
E. ikut arus
(Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 1‑3)
Boleh-boleh saja ikut arus. Akan tetapi, tetap ingat juga tempat kita berpijak agar identitas bangsa tidak hilang. Siapa lagi yang akan mengemban pesan dan peninggalan nenek moyang dan leluhur bangsa kalau bukan kita sendiri. Iya, kan? Kita tahu dan sadar bahwa Indonesia kita tercinta ini punya ragam kebudayaan yang sangat kaya. Setiap provinsi dan suku bangsa mempunyai karakter yang berbeda satu sama lain, juga latar belakang budaya yang berbeda. Masing-masing provinsi memiliki bentuk penampilan, mempunyai keunikan yang sangat indah, kaya akan warna, bentuk, detail-detail, dan ornamen-ornamen unik dan penuh identitas kedaerahan. Tentunya semua itu tidak akan pernah dan tidak boleh dilupakan hanya karena ingin ikut arus gaya minimalis.
1. Kata kerja imperatif dalam cuplikan teks di atas adalah ….
A. tidak boleh
B. kita tahu
C. mempunyai
D. mengemban pesan
E. ikut arus
2. Contoh konjungsi yang menyatakan syarat ….
A. dan
B. yang
C. kalau
D. agar
E. akan tetapi
A. dan
B. yang
C. kalau
D. agar
E. akan tetapi
3. Cuplikan di atas mengandung petunjuk tentang ….
A. gaya hidup
B. pola budaya
C. bentuk rumah
D. cara mempertahankan budaya bangsa
E. penampilan dalam berkeluarga
(Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 4‑5)
(1) Sampai di sini penampilan ruang masih standar gaya minimalis seperti yang sering kita lihat pada umumnya. (2) Jangan dibiarkan karena dapat membuat rumah berkesan tidak atau belum selesai akibat terlalu bersih, bahkan cenderung gersang. (3) Sementara itu, sebuah rumah tinggal, betapa pun sederhananya tetap harus ada sentuhan manusiawi agar lebih hidup.
4. Kalimat yang menyatakan perintah ditandai dengan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (1), (2)
E. (2), (3)
A. gaya hidup
B. pola budaya
C. bentuk rumah
D. cara mempertahankan budaya bangsa
E. penampilan dalam berkeluarga
(Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 4‑5)
(1) Sampai di sini penampilan ruang masih standar gaya minimalis seperti yang sering kita lihat pada umumnya. (2) Jangan dibiarkan karena dapat membuat rumah berkesan tidak atau belum selesai akibat terlalu bersih, bahkan cenderung gersang. (3) Sementara itu, sebuah rumah tinggal, betapa pun sederhananya tetap harus ada sentuhan manusiawi agar lebih hidup.
4. Kalimat yang menyatakan perintah ditandai dengan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (1), (2)
E. (2), (3)
5. Konjungsi yang menyatakan penguatan dinyatakan dalam kalimat ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (1), (2)
E. (2), (3)
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (1), (2)
E. (2), (3)
(Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 6‑7)
Seandainya kita berkesempatan berkunjung ke Kutub Utara dan Kutub Selatan, ada pemandangan langit menakjubkan yang hanya ada di daerah itu. Terlihat cahaya berwarna-warni biru, merah, kuning, melengkung, meliuk, menjuntai, dan berpendar puluhan bahkan ratusan kilometer disertai suara desis di kesunyian malam. Aurora bak tirai cahaya di ketinggian 90 km hingga 800 km yang membungkus dataran es.
6. Bacaan di atas terkategori sebagai jenis teks ….
A. ekspalanasi
B. anekdot
C. eksposisi
D. laporan pengamatan
E. ulasan
7. Aspek yang berbeda dari teks tersebut dengan prosedur kompleks adalah terdapat pada ….
A. penggunaan konjungsi
B. penggunaan keterangan waktu
C. penggunaan kata kerja imperatif
D. penentuan topik tentang hal yang diamati
E. kalimat-kalimatnya yang tidak berupa perintah
(Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 8‑10)
(1) Yakinkan calon pemberi dana bahwa bekerja sama dalam bentuk pemberian dana dari mereka adalah tindakan yang sangat berharga dan merupakan investasi yang baik. (2) Gambarkan secara jelas manfaat yang akan ditimbulkan atas bantuan mereka. (3) Keuntungan yang lain (jika ada) mestinya juga harus kita paparkan kepada pemberi dana untuk masa depan. (4) Misalnya, setelah kegiatan berakhir, apakah masih ada rencana tindak lanjut yang mungkin menguntungkan mereka, baik secara psikologis, sosial, politik, maupun ekonomi.
8. Kalimat yang tidak bernada perintah berada pada urutan ….
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
E. ketiga dan keeempat
9. Contoh kata kerja imperatif dalam teks di atas adalah ….
A. yakinkan dan gambarkan
B. bekerja sama dan merupakan
C. menguntungkan dan mestinya
D. berakhir dan tindakan
E. misalnya dan maupun
10. Bahwa kalimat ketiga berbentuk pasif ditandai oleh kata-kata ….
A. keuntungan
B. jika ada
C. kita paparkan
D. juga harus
E. kepada pemberi dana
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 11‑12).
(1) Saat Anda bermaksud mencari peluang kerja, mulailah dengan mencari informasi sebanyak- banyaknya. (2) Sering-seringlah membaca koran atau mendengarkan radio. (3) Kedua jenis media itulah yang kini menjadi corong utama bagi banyak perusahaan dalam merekrut karyawan baru.
11. Contoh kata kerja impertif dalam teks di atas adalah ….
A. itulah
B. merekrut
C. bermaksud
D. mulailah
E. sebanyak-banyaknya
12. Kalimat yang menggunakan keterangan penunjuk waktu adalah .…
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (1), (2)
E. (2), (3)
(Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 13‑15)
(1) Teori Wiwin jitu. (2) Tak berapa lama menekuni pekerjaan server, ia terpilih menjadi trainer para server baru. (3) Selama bekerja, Wiwin terus mengembangkan diri dan mengasah ide-ide untuk perusahaan. (4) Ia pun akhirnya dilirik untuk menjadi asisten personnel manager. (5) Merasa punya bekal lumayan, Wiwin sempat tergoda untuk pindah ke perusahaan lain. (6) Namun, pimpinannya menawarkan posisi aduhai, menjadi purchasing manager. (7) Dari situ ia ditawari lagi menjadi cost controller manager dan akhirnya public relation manager.
13. Teks di atas dikembangkan dengan pola ….
A. umum-khusus
B. sebab-akibat
C. keruangan
D. kronologis
E. penting-tidak penting
14. Kata-kata yang menunjukkan urutan waktu, kecuali ….
A. tak beberapa lama
B. akhirnya
C. selama bekerja
D. akhirnya
E. sempat tergoda
15. Kalimat yang menggunakan konjungsi antarkalimat .…
A. (2)
B. (3)
C. (5)
D. (6)
E. (7)
(Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 16‑18)
(1) Sebelum memutuskan untuk melamar atau bahkan menerima pekerjaan itu, usahakan untuk mengetahui dengan jelas pekerjaan yang harus dilakukan. (2) Sumber yang paling tepat untuk ditanya adalah manajer yang langsung menangani pekerjaan yang akan dilamar. (3) Bisa juga menghubungi kenalan yang pernah menangani pekerjaan semacam itu. (4) Cara ini penting dilakukan untuk menghindari ‘mimpi’ akan perusahaan yang menawarkan gaji dan keuntungan muluk yang kenyataannya boleh jadi di luar dugaan Anda.
16. Kalimat yang menyatakan perintah ditandai dengan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (1), (4)
17. Kalimat yang menggunakan keterangan waktu terdapat pada nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (1), (2)
18. Contoh kata tidak baku dalam teks adalah ….
A. bahkan
B. usahakan
C. mimpi
D. dugaan
E. muluk
(Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 19‑20)
(1) Yang terjadi pada era globalisasi sekarang ini sesungguhnya adalah westernisasi. (2) Pengaruh negara-negara Barat atau negara-negara maju terus menjejali budaya bangsa-bangsa terbelakang, termasuk kita, sehingga budaya kita sendiri menjadi terkikis. (3) Kita kehilangan identitas karena rapuhnya pondasi mental di samping kepercayaan diri yang sangat lemah. (4) Kita lebih bangga dengan atribut-atribut bangsa lain dan merasa malu dengan identitas bangsa sendiri.
19. Cuplikan di atas merupakan bagian dari jenis teks ....
A. prosedur kompleks
B. eksposisi
C. eksplanasi
D. cerita ulang
E. laporan observasi
20. Kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas ditandai dengan nomor ....
A. (1), (4)
B. (2), (3)
C. (2), (4)
D. (3), (4)
E. (1), 2)
Seandainya kita berkesempatan berkunjung ke Kutub Utara dan Kutub Selatan, ada pemandangan langit menakjubkan yang hanya ada di daerah itu. Terlihat cahaya berwarna-warni biru, merah, kuning, melengkung, meliuk, menjuntai, dan berpendar puluhan bahkan ratusan kilometer disertai suara desis di kesunyian malam. Aurora bak tirai cahaya di ketinggian 90 km hingga 800 km yang membungkus dataran es.
6. Bacaan di atas terkategori sebagai jenis teks ….
A. ekspalanasi
B. anekdot
C. eksposisi
D. laporan pengamatan
E. ulasan
7. Aspek yang berbeda dari teks tersebut dengan prosedur kompleks adalah terdapat pada ….
A. penggunaan konjungsi
B. penggunaan keterangan waktu
C. penggunaan kata kerja imperatif
D. penentuan topik tentang hal yang diamati
E. kalimat-kalimatnya yang tidak berupa perintah
(Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 8‑10)
(1) Yakinkan calon pemberi dana bahwa bekerja sama dalam bentuk pemberian dana dari mereka adalah tindakan yang sangat berharga dan merupakan investasi yang baik. (2) Gambarkan secara jelas manfaat yang akan ditimbulkan atas bantuan mereka. (3) Keuntungan yang lain (jika ada) mestinya juga harus kita paparkan kepada pemberi dana untuk masa depan. (4) Misalnya, setelah kegiatan berakhir, apakah masih ada rencana tindak lanjut yang mungkin menguntungkan mereka, baik secara psikologis, sosial, politik, maupun ekonomi.
8. Kalimat yang tidak bernada perintah berada pada urutan ….
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat
E. ketiga dan keeempat
9. Contoh kata kerja imperatif dalam teks di atas adalah ….
A. yakinkan dan gambarkan
B. bekerja sama dan merupakan
C. menguntungkan dan mestinya
D. berakhir dan tindakan
E. misalnya dan maupun
10. Bahwa kalimat ketiga berbentuk pasif ditandai oleh kata-kata ….
A. keuntungan
B. jika ada
C. kita paparkan
D. juga harus
E. kepada pemberi dana
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 11‑12).
(1) Saat Anda bermaksud mencari peluang kerja, mulailah dengan mencari informasi sebanyak- banyaknya. (2) Sering-seringlah membaca koran atau mendengarkan radio. (3) Kedua jenis media itulah yang kini menjadi corong utama bagi banyak perusahaan dalam merekrut karyawan baru.
11. Contoh kata kerja impertif dalam teks di atas adalah ….
A. itulah
B. merekrut
C. bermaksud
D. mulailah
E. sebanyak-banyaknya
12. Kalimat yang menggunakan keterangan penunjuk waktu adalah .…
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (1), (2)
E. (2), (3)
(Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 13‑15)
(1) Teori Wiwin jitu. (2) Tak berapa lama menekuni pekerjaan server, ia terpilih menjadi trainer para server baru. (3) Selama bekerja, Wiwin terus mengembangkan diri dan mengasah ide-ide untuk perusahaan. (4) Ia pun akhirnya dilirik untuk menjadi asisten personnel manager. (5) Merasa punya bekal lumayan, Wiwin sempat tergoda untuk pindah ke perusahaan lain. (6) Namun, pimpinannya menawarkan posisi aduhai, menjadi purchasing manager. (7) Dari situ ia ditawari lagi menjadi cost controller manager dan akhirnya public relation manager.
13. Teks di atas dikembangkan dengan pola ….
A. umum-khusus
B. sebab-akibat
C. keruangan
D. kronologis
E. penting-tidak penting
14. Kata-kata yang menunjukkan urutan waktu, kecuali ….
A. tak beberapa lama
B. akhirnya
C. selama bekerja
D. akhirnya
E. sempat tergoda
15. Kalimat yang menggunakan konjungsi antarkalimat .…
A. (2)
B. (3)
C. (5)
D. (6)
E. (7)
(Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 16‑18)
(1) Sebelum memutuskan untuk melamar atau bahkan menerima pekerjaan itu, usahakan untuk mengetahui dengan jelas pekerjaan yang harus dilakukan. (2) Sumber yang paling tepat untuk ditanya adalah manajer yang langsung menangani pekerjaan yang akan dilamar. (3) Bisa juga menghubungi kenalan yang pernah menangani pekerjaan semacam itu. (4) Cara ini penting dilakukan untuk menghindari ‘mimpi’ akan perusahaan yang menawarkan gaji dan keuntungan muluk yang kenyataannya boleh jadi di luar dugaan Anda.
16. Kalimat yang menyatakan perintah ditandai dengan nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (1), (4)
17. Kalimat yang menggunakan keterangan waktu terdapat pada nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (1), (2)
18. Contoh kata tidak baku dalam teks adalah ….
A. bahkan
B. usahakan
C. mimpi
D. dugaan
E. muluk
(Teks ini digunakan untuk menjawab soal nomor 19‑20)
(1) Yang terjadi pada era globalisasi sekarang ini sesungguhnya adalah westernisasi. (2) Pengaruh negara-negara Barat atau negara-negara maju terus menjejali budaya bangsa-bangsa terbelakang, termasuk kita, sehingga budaya kita sendiri menjadi terkikis. (3) Kita kehilangan identitas karena rapuhnya pondasi mental di samping kepercayaan diri yang sangat lemah. (4) Kita lebih bangga dengan atribut-atribut bangsa lain dan merasa malu dengan identitas bangsa sendiri.
19. Cuplikan di atas merupakan bagian dari jenis teks ....
A. prosedur kompleks
B. eksposisi
C. eksplanasi
D. cerita ulang
E. laporan observasi
20. Kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas ditandai dengan nomor ....
A. (1), (4)
B. (2), (3)
C. (2), (4)
D. (3), (4)
E. (1), 2)
B. TEKS EKSPLANASI
Pilihlah jawaban yang paling benar!
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1‑3)
(1) Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa bersejarah. (2) Peristiwa tersebut tidak hanya penting diketahui oleh rakyat Indonesia sendiri, tetapi juga harus diumumkan ke seluruh penjuru dunia. (3) Oleh karena itu, beberapa saat setelah proklamasi itu dibacakan oleh Soekarno-Hatta, berbagai usaha dilakukan oleh para pejuang.
1. Cuplikan di atas mengenalkan fenomena ....
A. peristiwa proklamasi sebagai peristiwa bersejarah
B. bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka
C. pentingnya dunia mengenal peristiwa proklamasi
D. Soekarno Hatta sebagai tokoh proklamator Indonesia
E. para pejuang berhasil memrpoklamasikan kemerdekaan Indonesia
2. Paragraf di atas disusun dengan pola ….
A. kausalitas D. kronologis
B. generalisasi E. komparasi
C. spesialisasi
3. Kalimat yang menggunakan keterangan waktu dan konjungsi penyebaban dalam cuplikan di atas dinyatakan dengan nomor ….
A. (1) D. (1) dan (2)
B. (2) E. (2) dan (3)
C. (3)
(Cuplikan teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 4‑5)
Presiden Sukarno beserta rombongan memasuki lapangan . Presiden melakukan pidato dan bendera Merah Putih pun dikibarkan. Untuk menghindari insiden dengan tentara Jepang, Bung Karno hanya menyampaikan sedikit pesan kepada rakyat agar tetap percaya kepada pimpinan. Masyarakat kembali ke tempat mereka masing-masing dengan tertib dan tenang.
4. Teks di atas menjelaskan peristiwa ….
A. Pidato Presiden Sukarno di lapangan
B. penyambutan Presiden Sukarno
C. perlawanan rakyat terhadap Jepang
D. ketertiban dan ketenangan masyarakat
E. hubungan baik pemimpin dengan rakyatnya
5. Keterangan cara dinyatakan dalam kalimat ….
A. pertama D. keempat
B. kedua E. pertama dan keempat
C. ketiga
6. Berikut ini yang tidak termasuk kalimat yang menggunakan keterangan waktu ...
A. Pada usia dua minggu, embrio manusia merupakan sebuah cakram pipih.
B. Pada bulan ketiga, bentuk manusia telah terwujud.
C. Pada tahap ini, embrio disebut fetus.
D. Selama bulan keenam, alis dan bulu mata timbul.
E. Lemak ditimbun di bawah kulit sehingga perlahan-lahan menghilangkan keriput pada kulit.
(Kedua cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 7‑8)
Teks I
Masuknya pengaruh India ke Indonesia diketahui sejak abad ke-4 Masehi, yaitu dengan ditemukannya tulisan (prasasti) di Kalimantan Timur. Prasasti-prasasti itu ditulis dalam bahasa Sansekerta dengan huruf Palawa. Tradisi tulis-menulis itu tentunya membutuhkan pengetahuan tinggi dan pada waktu itu kebiasaan tersebut hanya dikuasai oleh kaum Brahmana. Kaum Brahmana merupakan kasta atau golongan yang tertinggi di kalangan orang-orang Hindu.
Teks II
Pengaruh dari pemakaian NAPZA sangat berbeda untuk setiap orang. Hal tersebut tergantung berapa banyak yang ia gunakan, cara pemakaian, kondisi badan, serta faktor lainnya. Adapun pengaruh jangka pendek yang ditimbulkannya adalah sebagai berikut.
7. Perbedaan kedua cuplikan teks di atas adalah ….
A. teks I prosedural kompleks, Teks II eksplanasi kompleks
B. teks I berpola kronologis, teks II berpola kausalitas
C. teks I bertema sejarah, teks II bertema kesehatan
D. teks I menggunakan keterangan cara, teks II menggunakan keterangan waktu
E. teks I menggunakan konjungsi, teks II tidak menggunakan konjungsi
8. Persamaan kedua cuplikan teks tersebut adalah ....
A. sama-sama berkategori genre faktual
B. sama-sama berpola kronologis
C. sama-sama menjelaskan suatu proses
D. sama-sama merupakan bagian dari teks eksplanasi
E. sama-sama menggunakan kata ganti persona
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 9‑10)
Penggunaan yang dimulai dengan coba-coba kemudian menjadi ketergantungan (adiksi) baik fsik (bila tidak dipenuhi timbul rasa sakit) maupun psikis (rasa rindu yang dalam untuk menggunakannya) mengakibatkan overdosis dan terjadinya gejala putus obat pada penghentian penggunaan. Terjadinya ketergantungan melalui proses, pada awalnya menggunakan kembali untuk mendapatkan efek yang diinginkan.
9. Persamaan teks di atas dengan cerpen adalah ....
A. sama-sama memiliki tema
B. sama-sama memiliki katar
C. sama-sama memiliki jalan cerita
D. sama-sama menggunakan sudut pandang
E. sama-sama menggunakan fakta
10. Konjungsi yang bermakna kronologis dinyatakan dengan kata ….
A. yang D. pada
B. kemudian E. untuk
C. maupun
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 11‑13)
Pembentukan tajuk merupakan pertumbuhan selanjutnya. Tajuk terdiri atas batang dengan daun-daunnya. Tajuk berkembang dari plumula atau kuncup pertama. Plumula terdiri atas batang (epikotil), satu atau dua calon daun (primordia daun), dan meristem apikal. Sumbu embrio tumbuh memanjang berdiferensiasi menjadi buku-buku dan ruas-ruas. Lambat laun primordia kuncup akan dibentuk di ketiak-ketiak daun.
11. Cuplikan tersebut menjelaskan peristiwa ....
A. pembentukan tajuk
B. perkembangan tajuk
C. bagian-bagian tajuk
D. keberadaan embrio
E. posisi ketiak-ketiak daun
12. Analisis yang sesuai dengan cuplikan tersebut adalah ….
A. teks di atas disusun dengan pola kausalitas
B. pola pengembangan teks tersebut bersifat kronologis
C. banyak menggunakan konjungsi sebab akibat dalam teks tersebut
D. keterangan cara digunakan dalam kalimat pertama dan kedua
E. alur teks tersebut memiliki kemiripan dengan alur dalam cerpen
Eksplanasi Kompleks 197
13. Pernyataan evaluatif terkait dengan teks tersebut adalah ….
A. teks tersebut sangat rinci dalam menjelaskan perkembangan tajuk
B. tajuk merupakan pembahasan utama dalam teks tersebut
C. pembahasan tentang tajuk ada dalam pelajaran biologi
D. perlu ada penjelasan lain tentang tajuk, misalnya melalui buku
E. kurang ada penjelasan tambahan tentang struktur tajuk
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 14‑16)
Oparin berpendapat bahwa organisme yang pertama adalah heterotrof yang makan dari molekul-molekul organik yang menjadi cikal bakalnya. Akan tetapi, cara hidup heterotrof tidak dapat berlanjut tanpa batas, karena lama kelamaan molekul-molekul organik akan habis. Jika kehidupan tidak berhenti maka organisme heterotrof akan berevolusi menjadi organisme autotrof yang mampu mensintesis molekul-molekul organik yang baru dari substansi anorganik yang terdapat di alam sekitarnya.
14. Berdasarkan cuplikan di atas yang bukan merupakan istilah biologi adalah ….
A. Oparin
B. organisme
C. heterotrof
D. organik
E. autotrof
15. Teks di atas menjelaskan peristiwa ....
A. evolusi organisme
B. keragaman organisme di bumi
C. perbedaan organisme heterotrof dan autotrof
D. fase-fase kehidupan suatu organisme di bumi
E. keberadaan organisme baru dalam kehidupan
16. Cuplikan tersebut disusun dengan pola ....
A. kausalitas dan kronologis
B. kausalitas dan pertentangan
C. kronologis dan komparatif
D. kronologis dan spasial
E. pertentangan dan pendefnisian
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 17‑18)
Berdasarkan Prasasti Gunung Wukir, Magelang, diketahui bahwa di Jawa Tengah telah ada sebuah kerajaan yang bernama Mataram. Prasasti ini bertahun 732 Masehi. Ditulis dengan huruf Palawa dan bahasa Sansekerta. Kerajaan ini diperintah oleh Raja Sanjaya dan sebelumnya ialah Raja Sanna. Sanjaya adalah keponakan Raja Sanna. Pulau Jawa sendiri pada waktu itu bernama Jawadwipa.
17. Cuplikan di atas menjelaskan peristiwa ....
A. pembuatan Prasasti Gunung Wukir
B. keberadaan Kerajaan Mataram
C. kepemimpinan Raja Sanjana
D. proses berdirinya kerajaan di Jawa
E. silsilah kerajaan di Pulau Jawa
18. Di samping menjelaskan isi Prasasti Gunung Wukir, teks itu juga memaparkan ....
A. silsilah Kerajaan Mataram
B. asal-usul kerajaan di Jawa
C. pembagian kerajaan di Jawa Tengah
D. perkembangan kerajaan Mataram
E. perubahan nama suatu kerajaan
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 19‑20)
Sesudah Raja Samaratungga wafat, terjadilah perebutan kekuasaan. Rakai Pikatan dengan Balaputra saling berebut kekuasaan. Rakai Pikatan berhasil merebut kekuasaan dan mengusir Balaputra. Pada masa pemerintahan Rakai Pikatan, wilayah Mataram meliputi hampir seluruh Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rakai Pikatan berhasil mendirikan bangunan-bangunan suci, baik candi untuk umat Hindu ataupun Buddha. Candi-candi yang dimaksud, antara lain, Candi Plaosan dan Loro Jonggrang.
19. Cuplikan di atas disusun dengan pola kronologis yang ditandai dengan penggunaan fungsi
keterangan ….
A. sesudah
B. ataupun
C. antara lain
D. dengan
E. terjadilah
20. Peristiwa yang menjadi fokus cuplikan di atas adalah tentang ….
A. perebutan kekuasaan
B. pendirian candi-candi
C. pengusiran seorang raja
D. macam-macam bangunan suci
E. kerukunan umat Hindu dan B
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1‑3)
(1) Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa bersejarah. (2) Peristiwa tersebut tidak hanya penting diketahui oleh rakyat Indonesia sendiri, tetapi juga harus diumumkan ke seluruh penjuru dunia. (3) Oleh karena itu, beberapa saat setelah proklamasi itu dibacakan oleh Soekarno-Hatta, berbagai usaha dilakukan oleh para pejuang.
1. Cuplikan di atas mengenalkan fenomena ....
A. peristiwa proklamasi sebagai peristiwa bersejarah
B. bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka
C. pentingnya dunia mengenal peristiwa proklamasi
D. Soekarno Hatta sebagai tokoh proklamator Indonesia
E. para pejuang berhasil memrpoklamasikan kemerdekaan Indonesia
2. Paragraf di atas disusun dengan pola ….
A. kausalitas D. kronologis
B. generalisasi E. komparasi
C. spesialisasi
3. Kalimat yang menggunakan keterangan waktu dan konjungsi penyebaban dalam cuplikan di atas dinyatakan dengan nomor ….
A. (1) D. (1) dan (2)
B. (2) E. (2) dan (3)
C. (3)
(Cuplikan teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 4‑5)
Presiden Sukarno beserta rombongan memasuki lapangan . Presiden melakukan pidato dan bendera Merah Putih pun dikibarkan. Untuk menghindari insiden dengan tentara Jepang, Bung Karno hanya menyampaikan sedikit pesan kepada rakyat agar tetap percaya kepada pimpinan. Masyarakat kembali ke tempat mereka masing-masing dengan tertib dan tenang.
4. Teks di atas menjelaskan peristiwa ….
A. Pidato Presiden Sukarno di lapangan
B. penyambutan Presiden Sukarno
C. perlawanan rakyat terhadap Jepang
D. ketertiban dan ketenangan masyarakat
E. hubungan baik pemimpin dengan rakyatnya
5. Keterangan cara dinyatakan dalam kalimat ….
A. pertama D. keempat
B. kedua E. pertama dan keempat
C. ketiga
6. Berikut ini yang tidak termasuk kalimat yang menggunakan keterangan waktu ...
A. Pada usia dua minggu, embrio manusia merupakan sebuah cakram pipih.
B. Pada bulan ketiga, bentuk manusia telah terwujud.
C. Pada tahap ini, embrio disebut fetus.
D. Selama bulan keenam, alis dan bulu mata timbul.
E. Lemak ditimbun di bawah kulit sehingga perlahan-lahan menghilangkan keriput pada kulit.
(Kedua cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 7‑8)
Teks I
Masuknya pengaruh India ke Indonesia diketahui sejak abad ke-4 Masehi, yaitu dengan ditemukannya tulisan (prasasti) di Kalimantan Timur. Prasasti-prasasti itu ditulis dalam bahasa Sansekerta dengan huruf Palawa. Tradisi tulis-menulis itu tentunya membutuhkan pengetahuan tinggi dan pada waktu itu kebiasaan tersebut hanya dikuasai oleh kaum Brahmana. Kaum Brahmana merupakan kasta atau golongan yang tertinggi di kalangan orang-orang Hindu.
Teks II
Pengaruh dari pemakaian NAPZA sangat berbeda untuk setiap orang. Hal tersebut tergantung berapa banyak yang ia gunakan, cara pemakaian, kondisi badan, serta faktor lainnya. Adapun pengaruh jangka pendek yang ditimbulkannya adalah sebagai berikut.
7. Perbedaan kedua cuplikan teks di atas adalah ….
A. teks I prosedural kompleks, Teks II eksplanasi kompleks
B. teks I berpola kronologis, teks II berpola kausalitas
C. teks I bertema sejarah, teks II bertema kesehatan
D. teks I menggunakan keterangan cara, teks II menggunakan keterangan waktu
E. teks I menggunakan konjungsi, teks II tidak menggunakan konjungsi
8. Persamaan kedua cuplikan teks tersebut adalah ....
A. sama-sama berkategori genre faktual
B. sama-sama berpola kronologis
C. sama-sama menjelaskan suatu proses
D. sama-sama merupakan bagian dari teks eksplanasi
E. sama-sama menggunakan kata ganti persona
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 9‑10)
Penggunaan yang dimulai dengan coba-coba kemudian menjadi ketergantungan (adiksi) baik fsik (bila tidak dipenuhi timbul rasa sakit) maupun psikis (rasa rindu yang dalam untuk menggunakannya) mengakibatkan overdosis dan terjadinya gejala putus obat pada penghentian penggunaan. Terjadinya ketergantungan melalui proses, pada awalnya menggunakan kembali untuk mendapatkan efek yang diinginkan.
9. Persamaan teks di atas dengan cerpen adalah ....
A. sama-sama memiliki tema
B. sama-sama memiliki katar
C. sama-sama memiliki jalan cerita
D. sama-sama menggunakan sudut pandang
E. sama-sama menggunakan fakta
10. Konjungsi yang bermakna kronologis dinyatakan dengan kata ….
A. yang D. pada
B. kemudian E. untuk
C. maupun
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 11‑13)
Pembentukan tajuk merupakan pertumbuhan selanjutnya. Tajuk terdiri atas batang dengan daun-daunnya. Tajuk berkembang dari plumula atau kuncup pertama. Plumula terdiri atas batang (epikotil), satu atau dua calon daun (primordia daun), dan meristem apikal. Sumbu embrio tumbuh memanjang berdiferensiasi menjadi buku-buku dan ruas-ruas. Lambat laun primordia kuncup akan dibentuk di ketiak-ketiak daun.
11. Cuplikan tersebut menjelaskan peristiwa ....
A. pembentukan tajuk
B. perkembangan tajuk
C. bagian-bagian tajuk
D. keberadaan embrio
E. posisi ketiak-ketiak daun
12. Analisis yang sesuai dengan cuplikan tersebut adalah ….
A. teks di atas disusun dengan pola kausalitas
B. pola pengembangan teks tersebut bersifat kronologis
C. banyak menggunakan konjungsi sebab akibat dalam teks tersebut
D. keterangan cara digunakan dalam kalimat pertama dan kedua
E. alur teks tersebut memiliki kemiripan dengan alur dalam cerpen
Eksplanasi Kompleks 197
13. Pernyataan evaluatif terkait dengan teks tersebut adalah ….
A. teks tersebut sangat rinci dalam menjelaskan perkembangan tajuk
B. tajuk merupakan pembahasan utama dalam teks tersebut
C. pembahasan tentang tajuk ada dalam pelajaran biologi
D. perlu ada penjelasan lain tentang tajuk, misalnya melalui buku
E. kurang ada penjelasan tambahan tentang struktur tajuk
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 14‑16)
Oparin berpendapat bahwa organisme yang pertama adalah heterotrof yang makan dari molekul-molekul organik yang menjadi cikal bakalnya. Akan tetapi, cara hidup heterotrof tidak dapat berlanjut tanpa batas, karena lama kelamaan molekul-molekul organik akan habis. Jika kehidupan tidak berhenti maka organisme heterotrof akan berevolusi menjadi organisme autotrof yang mampu mensintesis molekul-molekul organik yang baru dari substansi anorganik yang terdapat di alam sekitarnya.
14. Berdasarkan cuplikan di atas yang bukan merupakan istilah biologi adalah ….
A. Oparin
B. organisme
C. heterotrof
D. organik
E. autotrof
15. Teks di atas menjelaskan peristiwa ....
A. evolusi organisme
B. keragaman organisme di bumi
C. perbedaan organisme heterotrof dan autotrof
D. fase-fase kehidupan suatu organisme di bumi
E. keberadaan organisme baru dalam kehidupan
16. Cuplikan tersebut disusun dengan pola ....
A. kausalitas dan kronologis
B. kausalitas dan pertentangan
C. kronologis dan komparatif
D. kronologis dan spasial
E. pertentangan dan pendefnisian
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 17‑18)
Berdasarkan Prasasti Gunung Wukir, Magelang, diketahui bahwa di Jawa Tengah telah ada sebuah kerajaan yang bernama Mataram. Prasasti ini bertahun 732 Masehi. Ditulis dengan huruf Palawa dan bahasa Sansekerta. Kerajaan ini diperintah oleh Raja Sanjaya dan sebelumnya ialah Raja Sanna. Sanjaya adalah keponakan Raja Sanna. Pulau Jawa sendiri pada waktu itu bernama Jawadwipa.
17. Cuplikan di atas menjelaskan peristiwa ....
A. pembuatan Prasasti Gunung Wukir
B. keberadaan Kerajaan Mataram
C. kepemimpinan Raja Sanjana
D. proses berdirinya kerajaan di Jawa
E. silsilah kerajaan di Pulau Jawa
18. Di samping menjelaskan isi Prasasti Gunung Wukir, teks itu juga memaparkan ....
A. silsilah Kerajaan Mataram
B. asal-usul kerajaan di Jawa
C. pembagian kerajaan di Jawa Tengah
D. perkembangan kerajaan Mataram
E. perubahan nama suatu kerajaan
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 19‑20)
Sesudah Raja Samaratungga wafat, terjadilah perebutan kekuasaan. Rakai Pikatan dengan Balaputra saling berebut kekuasaan. Rakai Pikatan berhasil merebut kekuasaan dan mengusir Balaputra. Pada masa pemerintahan Rakai Pikatan, wilayah Mataram meliputi hampir seluruh Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rakai Pikatan berhasil mendirikan bangunan-bangunan suci, baik candi untuk umat Hindu ataupun Buddha. Candi-candi yang dimaksud, antara lain, Candi Plaosan dan Loro Jonggrang.
19. Cuplikan di atas disusun dengan pola kronologis yang ditandai dengan penggunaan fungsi
keterangan ….
A. sesudah
B. ataupun
C. antara lain
D. dengan
E. terjadilah
20. Peristiwa yang menjadi fokus cuplikan di atas adalah tentang ….
A. perebutan kekuasaan
B. pendirian candi-candi
C. pengusiran seorang raja
D. macam-macam bangunan suci
E. kerukunan umat Hindu dan B
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 1‑2)
Entah bagaimana caranya tikus itu memasuki rumah kami tetap sebuah misteri. Tikus berpikir secara tikus dan manusia berpikir secara manusia, hanya manusia-tikus yang mampu membongkar misteri ini. Semua lubang di seluruh rumah kami tutup rapat (sepanjang yang kami temukan), namun tikus itu tetap masuk rumah. Rumah kami dikelilingi kebun kosong yang luas milik tetangga. Kami menduga tikus itu adalah tikus kebun.Tubuhnya cukup besar dan bulunya hitam legam.
1. Cuplikan tersebut termasuk ke dalam ....
A. abstrak D. evaluasi
B. orientasi E. resolusi
C. komplikasi
2. Contoh kata yang menunjukkan penggambaran sifat ....
A. berpikir D. tikus kebun
B. kosong E. hitam legam
C. masuk rumah
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 3‑4)
Sejak itu istri saya amat ketat menjaga kebersihan. Semua piring di rak dibungkus kain, juga tempat sendok.Tudung saji diberati dengan ulekan agar tikus tidak bisa menerobos masuk untuk menggasak makanan sisa. Gelas bekas saya minum nescafe‑cream malam hari harus ditutup rapat. Tempat sampah ditutupi pengki penadah sampah sambil diberati batu. Strategi kami adalah semua tempat makanan ditutup rapat-rapat sehingga tikus tak akan bisa menerobos.
3. Cuplikan tersebut merupakan suatu komplikasi karena ....
A. memperkenalkan karakter tokoh
B. menceritakan tentang siapa dan kapan akan terjadinya masalah
C. sedang menggambarkan adanya masalah yang dialami tokoh
D. mengandung komentar atas masalah yang dialami tokoh utama
E. mulai adanya peleraian atas masalah oleh tokoh utama
4. Cuplikan tersebut disusun dengan urutan waktu yang ditandai oleh penggunaan konjungsi ....
A. sejak itu D. malam hari
B. sehingga E. tak akan
C. tak akan
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 5‑6)
“Harus kita temukan sarangnya! Bayi-bayi tikus itu kelaparan ditinggal kedua orangtuanya. Kalau mati bagaimana? Kalau mereka hidup, rumah kita menjadi rumah tikus!” kata istri. Lalu kami melakukan pencarian besar-besaran. Bagian-bagian tersembunyi di rumah kami obrak-abrik, namun bayi-bayi tikus tidak ketemu. Bayi-bayi itu juga tidak kedengaran tangisnya lagi. “Mungkin ada di para-para. Tapi bagaimana naiknya?” kata saya.
5. Cuplikan tersebut lebih tepat disebut ....
A. pengenalan cerita D. puncak konflik
B. pengungkapan peristiwa E. penyelesaian
C. menuju konflik
6. Contoh kunjungsi dalam cuplikan tersebut ....
A. kalau D. namun
B. harus E. tapi
C. lalu
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 7‑8)
Alangkah tercengangnya Haji Saleh, karena di neraka itu banyak temannya di dunia terpanggang panas, merintih kesakitan. Dan ia tambah tak mengerti lagi dengan keadaan dirinya, karena semua orang yang dilihatnya di neraka tak kurang ibadahnya dari dia sendiri. Bahkan ada salah seorang yang telah sampai empat belas kali ke Mekah dan bergelar Syeh pula. Lalu Haji Saleh mendekati mereka, lalu bertanya kenapa mereka di neraka semuanya.Tetapi sebagaimana Haji Saleh, orang-orang itu pun tak mengerti juga.
7. Cuplikan tersebut merupakan bagian dari tahapan alur ....
A. penyelesaian D. puncak konflik
B. pengenalan cerita E. pengungkapan peristiwa
C. menuju konflik
8. Cuplikan cerita di atas disusun dengan pola ....
A. kausalitas D. komparasi
B. kronologis E. spesialisasi
C. spasial
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 9‑10)
“Oo, kau marah, Pak Tua?Ah, sudah tua suka marah-marah!”
“Huss! Apakah kau anggap aku ini pak tuamu?”
“Aku bukan kangmasmu!” bentak kakek-kakek itu lagi.
“Oo, iya! Tentunya aku harus memanggilmu mbah, ya! Aku lupa, sungguh. Tapi sebetulnya awal tadi telah aku ingatkan jika aku bersalah.Siapa bersalah wajib diingatkan. Jika tidak demikian? Coba gambarkan, betapa banyak kesalahan yang akan kuperbuat selanjutnya.”
Kakek itu tertunduk. Wajahnya berubah terang. Lalu bicara dengan suara yang tak berdaya.
“Betulkah bicaramu? Aku sudah tampak sangat tua?”
“Mengapa?”
“Pantas kau panggil mbah?”
“Hi-hi-hi! Pertanyaanmu itu! Kau sekarang kentara sekali merasa sedih! Mengapa? Apakah karena umurmu yang lanjut, apa karena tidak tahu bahwa kau sudah tua?”
“Jangan bersenda gurau, Kenes, aku betul-betul bertanya!”
Tikungan di Dekat Bendungan
oleh St. Ismariasita
9. Konflik yang tergambar dalam kutipan cerpen tersebut adalah tentang ....
A. kecemasan tokoh kakek akan ketuaan usianya
B. ketidakcocokan penggunaan kata sapaan dengan realitas
C. panggilan yang disampaikan kepada kakek dengan kata mbah dan mas
D. kakek dan Kenes memperebutkan sapaan mbah dan mas
E. tokoh Kenes menentukan usia seseorang, sudah tua ataukah masih muda
10. Koda yang sesuai dengan cuplikan cerita itu adalah ....
A. Pak Tua akhirnya menyadari akan kekeliruannya
B. Akhirnya mereka berjabat tangan sambil tersenyum
C. Perselisihan kembali terjadi setelah itu
D. Mereka tetap berselisih sambil mempertahanakan pendapat masing-masing
E. Percekcokan itu tidak akan terjadi apabila mereka saling menghargai
(Cuplikan cerpen di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 11‑12)
“Ya, mau bayar berapa saja, Mas,” ucapnya di tikungan terakhir menuju kampungku. “Lebih enak
jalan kaki,” jawabku terengah-engah. Aku merasa menang.
Aneh dia seperti tak hendak menghentikan becaknya. Mungkin dia sedang menguji mentalku, atau malah menyesali perbuatannya? Peduli amat, apakah dia terus membuntuti aku atau tidak, sejauh ia masih mengayuh becak di jalan yang layak dilewatinya.
Begitu memasuki gapura kampung, tangan kiriku kutarik dari saku celana. Dua keping logam ratusan rupiah terloncat dan menggelinding masuk selokan. Ah, biarin.
Aku menoleh ke tukang becak yang berhenti tepat di depan gapura kampung. Ia turun dan berdiri di sana sambil tetap memegangi kemudi becak. Sambil berjalan aku menoleh kembali, dia tetap diam bagaikan sebuah monumen. Sesampai di rumah aku ceritakan pengalamanku pada ibu.
Lama ibuku terdiam dan menatapku dan baru kemudian berkata, “Rasanya kamu perlu mencoba
jadi tukang becak.”
11. Amanat yang tersirat dalam penggalan cerpen di atas adalah ....
A. kita harus memilih-milih tukang becak
B. kita harus memahami keadaan tukang becak
C. kita harus pandai menawar ongkos becak
D. jangan memberi hati kepada tukang becak
E. sebaiknya tukang becak harus tahu diri
12. Tokoh aku berwatak ….
A. individualis D. mandiri
B. angkuh E. percaya diri
C. egois
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 13‑14)
Aku masuk ke dalam kantor dan bersalaman dengan seorang laki-laki yang tersenyum-senyum yang bernama Pak Bleoncher. Pakaiannya lebih rapi ketimbang pakaianku. Selanjutnya, ia membuka-buka tumpukan kertas, seperti menata kere serambi.
Aku yakin Anda akan puas dengannya, katanya, “Dia telah kami pilih sesuai dengan persyaratan komputer. Tidak ada yang melebihi dari seratus sepuluh wanita yang memenuhi syarat di Amerika. Kami memilah tidak berdasarkan suku, agama, etnik, ataupun latar belakang regional....”
13. Latar belakang budaya yang terkandung pada penggalan cerita terjemahan di atas adalah ....
A. ketaatan D. ketekunan
B. keramahtamahan E. kesetiaan
C. kedisiplinan
14. Cuplikan di atas disusun secara kronologis yang ditandai oleh konjungsi ....
A. ataupun D. selanjutnya
B. yang E. dengan
C. ke dalam
(Kedua cuplikan cerita berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 15‑16)
Cuplikan I
Sekarang ini yang jadi buah bibir adalah Diandra. Hari-hari di sekolah ini tiada kata tanpa
Diandra. Hari-hari tiada bicara tanpa Diandra. Begitu juga dengan sohib gue, Raya danYus yang
setiap hari nyaris ngomongin cewek bernama Diandra melulu.
“Sungguh luar binasa!” teriak Yus yang mukanya agak tirus, “Sulit untuk membandingkan
kecantikan Diandra dengan bintang sinetron atau foto model sekalipun!”
“Eh, Gibran! Lo jangan sok alim!” senggol Raya yang punya body gede.
Cuplikan II
Somad tipe cowok murahan, itu kata temannya tanpa tedeng aling‑aling. Habis, cowok itu
kerjanya nggak lain nggak bukan, cuka promosiin diri di depan gadis-gadis sekitarnya. Promosi
diri sendiri terus… ke mana-mana. Nggak cuma sama teman-teman sekolahnya, tapi juga sama
anak-anak cewek sekitar rumah, masjid, warteg… nggak pilih tempat, nggak pandang bulu.
“Gue orangnya nggak som‑som, lho….”
“?”
“Maksudnya nggak doyan somay kalo dikit! Hehe.”
15. Persamaan kedua cuplikan cerita di atas adalah ....
A. tokoh berwatak humoris
B. berlatar sekolah
C. bertema percintaan
D. sudut pandang orang pertama
E. berbahasa Indonesia yang baik dan benar
16. Perbedaan yang tampak pada cuplikan di atas ....
A. cuplikan I menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama, cuplikan II menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan
B. cuplikan I menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, cuplikan II menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu
C. cuplikan I menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, cuplikan II menggunakan sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat
D. cuplikan I menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu, cuplikan II menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama
E. cuplikan I mengunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, cuplikan II menggunakan sudut pandang orang petama pelakau utama
17. Melihat Kardi kepayahan, lelaki di geladak itu, Salim, dengan tangkas meloncat ke arah Kardi dan mengambil alih keranjang-keranjang yang dibawanya. Setumpuk keranjang yang kokoh itu memang terasa berat karena basah. Sampai di dinding perahu tubuh Kardi sudah hampir lunglai. Salim melemparkan tumpukan keranjang itu ke geladak lalu dengan kedua tangannya yang kekar dia mengangkat tubuhnya dan meloncat ke geladak. Kardi sudah tidak kuat mengangkat tubuhnya sendiri. Salim kembali membantunya, menarik tangan Kardi sampai berhasil naik ke geladak.
Pengalaman sehari-hari yang berkaitan dengan cuplikan cerita di atas adalah ….
A. ketika melaut bersama sahabat
B. kehidupan di laut lepas
C. Fungsi keranjang bagi seorang nelayan
D. Suka duka menjadi seorang nelayan
E. Pershabatan dua anak manusia
18. Gadis (1) itu semakin beringas. Kepala yang dijambaknya (2) sampai tertunduk-tunduk. Seisi kelas riuh. Susah payah aku melerai (3) mereka. Suasana semakin gaduh saat Rina mulai menangis. Cepat kutarik (4) tubuh si gadis menjauh. Tapi (5) itu hanya membuat si pemilik rambut yang dijambaknya semakin mengaduh kesakitan.
Bentukan kata yang tidak baku ditandai dengan nomor ….
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (5)
C. (3)
19. Menyadari hal itu semua membuat Heri jadi orang linglung. (1) Kalau pada mulanya Heri tertarik pada Ichen karena kesederhanaan dan pesona gadis itu, kini, selain daya tarik itu, adalah karena kepandaian gadis itu berperan. (2) Bagaimana mungkin dalam waktu yang begitu singkat ia bisa berubah penampilan. (3) Siapakah Ichen sebenarnya dan apa maunya gadis itu? (4)
Ada kalimat yang terlalu kompleks di dalam cuplikan di atas sehingga sulit bagi pembaca
untuk memahaminya. Kalimat yang dimaksud ditandai dengan nomor ….
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (2, 4)
C. (3)
20. Lalu ia sudah sampai di sana ketika tembakan berhenti. Ia nekad berjongkok dan melihat darah meleleh-leleh pada lengan baju kiri Amir. Di kawasan pundak. Amir menyeringai dan wajahnya tampak seperti kain kafan. Ia sedang bergelut dengan rasa menggigit-gigit di bahu kiri dan kegembiraan karena sahabat karibnya telah datang. Betapa besar arti seorang sababat ketika ia sedang dibutuhkan! Di depannya Amir tidak mau merintik.
Cuplikan di atas dapat diceritakan kembali ke dalam sebuah kalimat, yakni ....
A. Amir kepayahan
B. Sahabat sangat penting pada saat menderita
C. Peperangan selalu memakan korban
D. Perlu saling menolong dalam kondisi kesusahan
E. Seorang korban menanti pertolongan sahabatnya
Entah bagaimana caranya tikus itu memasuki rumah kami tetap sebuah misteri. Tikus berpikir secara tikus dan manusia berpikir secara manusia, hanya manusia-tikus yang mampu membongkar misteri ini. Semua lubang di seluruh rumah kami tutup rapat (sepanjang yang kami temukan), namun tikus itu tetap masuk rumah. Rumah kami dikelilingi kebun kosong yang luas milik tetangga. Kami menduga tikus itu adalah tikus kebun.Tubuhnya cukup besar dan bulunya hitam legam.
1. Cuplikan tersebut termasuk ke dalam ....
A. abstrak D. evaluasi
B. orientasi E. resolusi
C. komplikasi
2. Contoh kata yang menunjukkan penggambaran sifat ....
A. berpikir D. tikus kebun
B. kosong E. hitam legam
C. masuk rumah
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 3‑4)
Sejak itu istri saya amat ketat menjaga kebersihan. Semua piring di rak dibungkus kain, juga tempat sendok.Tudung saji diberati dengan ulekan agar tikus tidak bisa menerobos masuk untuk menggasak makanan sisa. Gelas bekas saya minum nescafe‑cream malam hari harus ditutup rapat. Tempat sampah ditutupi pengki penadah sampah sambil diberati batu. Strategi kami adalah semua tempat makanan ditutup rapat-rapat sehingga tikus tak akan bisa menerobos.
3. Cuplikan tersebut merupakan suatu komplikasi karena ....
A. memperkenalkan karakter tokoh
B. menceritakan tentang siapa dan kapan akan terjadinya masalah
C. sedang menggambarkan adanya masalah yang dialami tokoh
D. mengandung komentar atas masalah yang dialami tokoh utama
E. mulai adanya peleraian atas masalah oleh tokoh utama
4. Cuplikan tersebut disusun dengan urutan waktu yang ditandai oleh penggunaan konjungsi ....
A. sejak itu D. malam hari
B. sehingga E. tak akan
C. tak akan
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 5‑6)
“Harus kita temukan sarangnya! Bayi-bayi tikus itu kelaparan ditinggal kedua orangtuanya. Kalau mati bagaimana? Kalau mereka hidup, rumah kita menjadi rumah tikus!” kata istri. Lalu kami melakukan pencarian besar-besaran. Bagian-bagian tersembunyi di rumah kami obrak-abrik, namun bayi-bayi tikus tidak ketemu. Bayi-bayi itu juga tidak kedengaran tangisnya lagi. “Mungkin ada di para-para. Tapi bagaimana naiknya?” kata saya.
5. Cuplikan tersebut lebih tepat disebut ....
A. pengenalan cerita D. puncak konflik
B. pengungkapan peristiwa E. penyelesaian
C. menuju konflik
6. Contoh kunjungsi dalam cuplikan tersebut ....
A. kalau D. namun
B. harus E. tapi
C. lalu
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 7‑8)
Alangkah tercengangnya Haji Saleh, karena di neraka itu banyak temannya di dunia terpanggang panas, merintih kesakitan. Dan ia tambah tak mengerti lagi dengan keadaan dirinya, karena semua orang yang dilihatnya di neraka tak kurang ibadahnya dari dia sendiri. Bahkan ada salah seorang yang telah sampai empat belas kali ke Mekah dan bergelar Syeh pula. Lalu Haji Saleh mendekati mereka, lalu bertanya kenapa mereka di neraka semuanya.Tetapi sebagaimana Haji Saleh, orang-orang itu pun tak mengerti juga.
7. Cuplikan tersebut merupakan bagian dari tahapan alur ....
A. penyelesaian D. puncak konflik
B. pengenalan cerita E. pengungkapan peristiwa
C. menuju konflik
8. Cuplikan cerita di atas disusun dengan pola ....
A. kausalitas D. komparasi
B. kronologis E. spesialisasi
C. spasial
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 9‑10)
“Oo, kau marah, Pak Tua?Ah, sudah tua suka marah-marah!”
“Huss! Apakah kau anggap aku ini pak tuamu?”
“Aku bukan kangmasmu!” bentak kakek-kakek itu lagi.
“Oo, iya! Tentunya aku harus memanggilmu mbah, ya! Aku lupa, sungguh. Tapi sebetulnya awal tadi telah aku ingatkan jika aku bersalah.Siapa bersalah wajib diingatkan. Jika tidak demikian? Coba gambarkan, betapa banyak kesalahan yang akan kuperbuat selanjutnya.”
Kakek itu tertunduk. Wajahnya berubah terang. Lalu bicara dengan suara yang tak berdaya.
“Betulkah bicaramu? Aku sudah tampak sangat tua?”
“Mengapa?”
“Pantas kau panggil mbah?”
“Hi-hi-hi! Pertanyaanmu itu! Kau sekarang kentara sekali merasa sedih! Mengapa? Apakah karena umurmu yang lanjut, apa karena tidak tahu bahwa kau sudah tua?”
“Jangan bersenda gurau, Kenes, aku betul-betul bertanya!”
Tikungan di Dekat Bendungan
oleh St. Ismariasita
9. Konflik yang tergambar dalam kutipan cerpen tersebut adalah tentang ....
A. kecemasan tokoh kakek akan ketuaan usianya
B. ketidakcocokan penggunaan kata sapaan dengan realitas
C. panggilan yang disampaikan kepada kakek dengan kata mbah dan mas
D. kakek dan Kenes memperebutkan sapaan mbah dan mas
E. tokoh Kenes menentukan usia seseorang, sudah tua ataukah masih muda
10. Koda yang sesuai dengan cuplikan cerita itu adalah ....
A. Pak Tua akhirnya menyadari akan kekeliruannya
B. Akhirnya mereka berjabat tangan sambil tersenyum
C. Perselisihan kembali terjadi setelah itu
D. Mereka tetap berselisih sambil mempertahanakan pendapat masing-masing
E. Percekcokan itu tidak akan terjadi apabila mereka saling menghargai
(Cuplikan cerpen di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 11‑12)
“Ya, mau bayar berapa saja, Mas,” ucapnya di tikungan terakhir menuju kampungku. “Lebih enak
jalan kaki,” jawabku terengah-engah. Aku merasa menang.
Aneh dia seperti tak hendak menghentikan becaknya. Mungkin dia sedang menguji mentalku, atau malah menyesali perbuatannya? Peduli amat, apakah dia terus membuntuti aku atau tidak, sejauh ia masih mengayuh becak di jalan yang layak dilewatinya.
Begitu memasuki gapura kampung, tangan kiriku kutarik dari saku celana. Dua keping logam ratusan rupiah terloncat dan menggelinding masuk selokan. Ah, biarin.
Aku menoleh ke tukang becak yang berhenti tepat di depan gapura kampung. Ia turun dan berdiri di sana sambil tetap memegangi kemudi becak. Sambil berjalan aku menoleh kembali, dia tetap diam bagaikan sebuah monumen. Sesampai di rumah aku ceritakan pengalamanku pada ibu.
Lama ibuku terdiam dan menatapku dan baru kemudian berkata, “Rasanya kamu perlu mencoba
jadi tukang becak.”
11. Amanat yang tersirat dalam penggalan cerpen di atas adalah ....
A. kita harus memilih-milih tukang becak
B. kita harus memahami keadaan tukang becak
C. kita harus pandai menawar ongkos becak
D. jangan memberi hati kepada tukang becak
E. sebaiknya tukang becak harus tahu diri
12. Tokoh aku berwatak ….
A. individualis D. mandiri
B. angkuh E. percaya diri
C. egois
(Cuplikan di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 13‑14)
Aku masuk ke dalam kantor dan bersalaman dengan seorang laki-laki yang tersenyum-senyum yang bernama Pak Bleoncher. Pakaiannya lebih rapi ketimbang pakaianku. Selanjutnya, ia membuka-buka tumpukan kertas, seperti menata kere serambi.
Aku yakin Anda akan puas dengannya, katanya, “Dia telah kami pilih sesuai dengan persyaratan komputer. Tidak ada yang melebihi dari seratus sepuluh wanita yang memenuhi syarat di Amerika. Kami memilah tidak berdasarkan suku, agama, etnik, ataupun latar belakang regional....”
13. Latar belakang budaya yang terkandung pada penggalan cerita terjemahan di atas adalah ....
A. ketaatan D. ketekunan
B. keramahtamahan E. kesetiaan
C. kedisiplinan
14. Cuplikan di atas disusun secara kronologis yang ditandai oleh konjungsi ....
A. ataupun D. selanjutnya
B. yang E. dengan
C. ke dalam
(Kedua cuplikan cerita berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 15‑16)
Cuplikan I
Sekarang ini yang jadi buah bibir adalah Diandra. Hari-hari di sekolah ini tiada kata tanpa
Diandra. Hari-hari tiada bicara tanpa Diandra. Begitu juga dengan sohib gue, Raya danYus yang
setiap hari nyaris ngomongin cewek bernama Diandra melulu.
“Sungguh luar binasa!” teriak Yus yang mukanya agak tirus, “Sulit untuk membandingkan
kecantikan Diandra dengan bintang sinetron atau foto model sekalipun!”
“Eh, Gibran! Lo jangan sok alim!” senggol Raya yang punya body gede.
Cuplikan II
Somad tipe cowok murahan, itu kata temannya tanpa tedeng aling‑aling. Habis, cowok itu
kerjanya nggak lain nggak bukan, cuka promosiin diri di depan gadis-gadis sekitarnya. Promosi
diri sendiri terus… ke mana-mana. Nggak cuma sama teman-teman sekolahnya, tapi juga sama
anak-anak cewek sekitar rumah, masjid, warteg… nggak pilih tempat, nggak pandang bulu.
“Gue orangnya nggak som‑som, lho….”
“?”
“Maksudnya nggak doyan somay kalo dikit! Hehe.”
15. Persamaan kedua cuplikan cerita di atas adalah ....
A. tokoh berwatak humoris
B. berlatar sekolah
C. bertema percintaan
D. sudut pandang orang pertama
E. berbahasa Indonesia yang baik dan benar
16. Perbedaan yang tampak pada cuplikan di atas ....
A. cuplikan I menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama, cuplikan II menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan
B. cuplikan I menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, cuplikan II menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu
C. cuplikan I menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, cuplikan II menggunakan sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat
D. cuplikan I menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu, cuplikan II menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama
E. cuplikan I mengunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, cuplikan II menggunakan sudut pandang orang petama pelakau utama
17. Melihat Kardi kepayahan, lelaki di geladak itu, Salim, dengan tangkas meloncat ke arah Kardi dan mengambil alih keranjang-keranjang yang dibawanya. Setumpuk keranjang yang kokoh itu memang terasa berat karena basah. Sampai di dinding perahu tubuh Kardi sudah hampir lunglai. Salim melemparkan tumpukan keranjang itu ke geladak lalu dengan kedua tangannya yang kekar dia mengangkat tubuhnya dan meloncat ke geladak. Kardi sudah tidak kuat mengangkat tubuhnya sendiri. Salim kembali membantunya, menarik tangan Kardi sampai berhasil naik ke geladak.
Pengalaman sehari-hari yang berkaitan dengan cuplikan cerita di atas adalah ….
A. ketika melaut bersama sahabat
B. kehidupan di laut lepas
C. Fungsi keranjang bagi seorang nelayan
D. Suka duka menjadi seorang nelayan
E. Pershabatan dua anak manusia
18. Gadis (1) itu semakin beringas. Kepala yang dijambaknya (2) sampai tertunduk-tunduk. Seisi kelas riuh. Susah payah aku melerai (3) mereka. Suasana semakin gaduh saat Rina mulai menangis. Cepat kutarik (4) tubuh si gadis menjauh. Tapi (5) itu hanya membuat si pemilik rambut yang dijambaknya semakin mengaduh kesakitan.
Bentukan kata yang tidak baku ditandai dengan nomor ….
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (5)
C. (3)
19. Menyadari hal itu semua membuat Heri jadi orang linglung. (1) Kalau pada mulanya Heri tertarik pada Ichen karena kesederhanaan dan pesona gadis itu, kini, selain daya tarik itu, adalah karena kepandaian gadis itu berperan. (2) Bagaimana mungkin dalam waktu yang begitu singkat ia bisa berubah penampilan. (3) Siapakah Ichen sebenarnya dan apa maunya gadis itu? (4)
Ada kalimat yang terlalu kompleks di dalam cuplikan di atas sehingga sulit bagi pembaca
untuk memahaminya. Kalimat yang dimaksud ditandai dengan nomor ….
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (2, 4)
C. (3)
20. Lalu ia sudah sampai di sana ketika tembakan berhenti. Ia nekad berjongkok dan melihat darah meleleh-leleh pada lengan baju kiri Amir. Di kawasan pundak. Amir menyeringai dan wajahnya tampak seperti kain kafan. Ia sedang bergelut dengan rasa menggigit-gigit di bahu kiri dan kegembiraan karena sahabat karibnya telah datang. Betapa besar arti seorang sababat ketika ia sedang dibutuhkan! Di depannya Amir tidak mau merintik.
Cuplikan di atas dapat diceritakan kembali ke dalam sebuah kalimat, yakni ....
A. Amir kepayahan
B. Sahabat sangat penting pada saat menderita
C. Peperangan selalu memakan korban
D. Perlu saling menolong dalam kondisi kesusahan
E. Seorang korban menanti pertolongan sahabatnya
(Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya)
soal teks ceramah
Hadirin yang saya hormati, dalam kesempatan ini saya akan membahas "Perlunya Keseimbangan antara Kebutuhan Jasmani dan Rohani." (1) Manusia terdiri atas jasmani dan rohani. (2) Jika keduanya berpisah, seseorang tidak dikatakan manusia hidup lagi. (3) Baik jasmani maupun rohani keduanya membutuhkan makanan dan keduanya akan merasakan sakit dan sehat. (4) Makanan jasmani hendaknya sesuai dengan sifat jasmani itu sendiri yaitu bersifat fisik atau materi, sedangkan makanan rohani yaitu spiritual atau mental. (5) Oleh karena itu, perlu adanya keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani.
1. Isu di dalam cuplikan tersebut dinyatakan dalam kalimat nomor ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
Jawaban : D. 4
2. Kata-kata persuasif terdapat dalam kalimat nomor ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
Jawaban : e. 5
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun sekolah, OSIS di sekolah menggalakkan kegiatan GDN. Kegiatan ini dapat dilaksanakan melalui Paskibra, PKS, dan PMR. Sekolah mengawali kegiatan tersebut dengan ceramah.
3. Kalimat pembuka ceramah yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
a. Dalam rangka menggalakan Gerakan Disiplin Nasional, maka OSIS diharapkan dapat melaksanakan melalui kegiatan Paskibra, PMR, atau PKS.
b. Untuk mengawali kegiatan ulang tahun sekolah, maka OSIS dapat memulai kegiatannya dan memasyarakatkan Gerakan Disiplin Nasional melalui Palang Merah Remaja.
c. Gerakan Disiplin Nasional bukan hanya milik rakyat awam saja, melainkan juga utnuk pelajar.
d. Dalam seramah ini, topik yang akan kita bahas, yaitu masalah GDN yang dapat dilaksanakan oleh OSIS melalui Paskibra, PKS, dan PMR.
e. Kegiatan ceramah kali ini kita isi dengan menggalakkan GDN atau OSIS.
Jawaban : a. Dalam rangka menggalakan Gerakan Disiplin Nasional, maka OSIS diharapkan dapat melaksanakan melalui kegiatan Paskibra, PMR, atau PKS.
Pukul 08.00 pagi, kami menghadiri suatu pertemuan. Dalam pertemuan itu, A memberikan ceramah selama dua jam. Para pendengar tertib dan sekali-sekali tertawa. Pada pukul 10.30, B memberikan cermah. Pendengarnya banyak yang mengantuk dan ada beberapa orang yang meninggalkan ruangan.
4.Kegiatan ceramah kali ini kita isi dengan menggalakkan GDN atau OSIS.
Situasi seperti dalam ilustrasi tersebut terjadi karena ……
a. Waktu A berceramah, hari masih pagi
b. Waktu B berceramah, hari sudah siang
c. Ceramah A diselingi lelucon
d. Dalam ceramahnya, B tidak dapat melucu
e. Cara A berceramah lebih menarik daripada cara B
Jawaban : e. Cara A berceramah lebih menarik daripada cara B
5. Kalimat pembuka ceramah yang sesuai sebagai ketua karang taruna adalah...
a. Yang terhormat ibu, bapak, dan adik-adik, semoga kita senantiasa dalam lindungan Yang Maha Pengasih.
b. Saudara-Saudara, pada kesempatan ini, izinkanlah saya mengemukakan beberapa hal mengenai isu terkini.
c. Teman-teman, silakan melaksanakan tugas masing-masing sesuai dengan pembagian tadi.
d. Baiklah, akan segera kita bahas permasalahan yang ada hubungannya denganmisu terkini.
e. Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan hadirin yang terhormat, nantikan acara yang akan segera dilaksanakan.
Jawaban : b. Saudara-Saudara, pada kesempatan ini, izinkanlah saya mengemukakan beberapa hal mengenai isu terkini.
6. Pukul 08.00 pagi, kami menghadiri suatu pertemuan. Dalam pertemuan itu, A memberikan ceramah selama dua jam. Para pendengar tertib dan sekali-sekali tertawa. Pada pukul 10.30, B memberikan ceramah. Pendengarnya banyak yang mengantuk dan ada beberapa orang yang meninggalkan ruangan.Kutipan tersebut adalah penutup ceramah tentang kerja bakti. Kalimat yang cocok sebagai pembuka isi
ceramah tersebut adalah...
a. Lingkungan bersih, warganya masyhur
b. Lingkungan yang teratur, tanda warganya rajin.
c. Lingkungan bersih, mengajak warganya sadar.
d. Lingkungan ditata baik, menjadi tugas pemerintah.
e. Lingkungan bersih, teratur, melukiskan kepribadian warganya.
Jawaban : b. Lingkungan yang teratur, tanda warganya rajin.
1. Isu di dalam cuplikan tersebut dinyatakan dalam kalimat nomor ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
Jawaban : D. 4
2. Kata-kata persuasif terdapat dalam kalimat nomor ....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
Jawaban : e. 5
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun sekolah, OSIS di sekolah menggalakkan kegiatan GDN. Kegiatan ini dapat dilaksanakan melalui Paskibra, PKS, dan PMR. Sekolah mengawali kegiatan tersebut dengan ceramah.
3. Kalimat pembuka ceramah yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
a. Dalam rangka menggalakan Gerakan Disiplin Nasional, maka OSIS diharapkan dapat melaksanakan melalui kegiatan Paskibra, PMR, atau PKS.
b. Untuk mengawali kegiatan ulang tahun sekolah, maka OSIS dapat memulai kegiatannya dan memasyarakatkan Gerakan Disiplin Nasional melalui Palang Merah Remaja.
c. Gerakan Disiplin Nasional bukan hanya milik rakyat awam saja, melainkan juga utnuk pelajar.
d. Dalam seramah ini, topik yang akan kita bahas, yaitu masalah GDN yang dapat dilaksanakan oleh OSIS melalui Paskibra, PKS, dan PMR.
e. Kegiatan ceramah kali ini kita isi dengan menggalakkan GDN atau OSIS.
Jawaban : a. Dalam rangka menggalakan Gerakan Disiplin Nasional, maka OSIS diharapkan dapat melaksanakan melalui kegiatan Paskibra, PMR, atau PKS.
Pukul 08.00 pagi, kami menghadiri suatu pertemuan. Dalam pertemuan itu, A memberikan ceramah selama dua jam. Para pendengar tertib dan sekali-sekali tertawa. Pada pukul 10.30, B memberikan cermah. Pendengarnya banyak yang mengantuk dan ada beberapa orang yang meninggalkan ruangan.
4.Kegiatan ceramah kali ini kita isi dengan menggalakkan GDN atau OSIS.
Situasi seperti dalam ilustrasi tersebut terjadi karena ……
a. Waktu A berceramah, hari masih pagi
b. Waktu B berceramah, hari sudah siang
c. Ceramah A diselingi lelucon
d. Dalam ceramahnya, B tidak dapat melucu
e. Cara A berceramah lebih menarik daripada cara B
Jawaban : e. Cara A berceramah lebih menarik daripada cara B
5. Kalimat pembuka ceramah yang sesuai sebagai ketua karang taruna adalah...
a. Yang terhormat ibu, bapak, dan adik-adik, semoga kita senantiasa dalam lindungan Yang Maha Pengasih.
b. Saudara-Saudara, pada kesempatan ini, izinkanlah saya mengemukakan beberapa hal mengenai isu terkini.
c. Teman-teman, silakan melaksanakan tugas masing-masing sesuai dengan pembagian tadi.
d. Baiklah, akan segera kita bahas permasalahan yang ada hubungannya denganmisu terkini.
e. Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan hadirin yang terhormat, nantikan acara yang akan segera dilaksanakan.
Jawaban : b. Saudara-Saudara, pada kesempatan ini, izinkanlah saya mengemukakan beberapa hal mengenai isu terkini.
6. Pukul 08.00 pagi, kami menghadiri suatu pertemuan. Dalam pertemuan itu, A memberikan ceramah selama dua jam. Para pendengar tertib dan sekali-sekali tertawa. Pada pukul 10.30, B memberikan ceramah. Pendengarnya banyak yang mengantuk dan ada beberapa orang yang meninggalkan ruangan.Kutipan tersebut adalah penutup ceramah tentang kerja bakti. Kalimat yang cocok sebagai pembuka isi
ceramah tersebut adalah...
a. Lingkungan bersih, warganya masyhur
b. Lingkungan yang teratur, tanda warganya rajin.
c. Lingkungan bersih, mengajak warganya sadar.
d. Lingkungan ditata baik, menjadi tugas pemerintah.
e. Lingkungan bersih, teratur, melukiskan kepribadian warganya.
Jawaban : b. Lingkungan yang teratur, tanda warganya rajin.
Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan 7 dan 8.
Hadiri yang saya hormati.
Assalamualaikum Wr. Wb,
Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingatkan hari Sumpah Pemuda. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada 28 Oktober 1928 adalah bertanah air satu, tanah air indonesia; berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda.
7. Topik pidato tersebut adalah ...
a. peringatan Sumpah Pemuda
b. mengenang ikrar para pemuda tahun masa lampau
c. merenungkan ikrar Sumpah Pemuda
d. pernyataan ikrar pemuda terjadi pada tahun 1928
e. bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu
Jawaban : a. peringatan Sumpah Pemuda
8. Kalimat yang bersifat persuasif dalam cuplikan tersebut adalah ..
a. Hadirin yang saya hormati
b. Mari kita renungkan kembali makna Sumpah Pemuda
c. Puji dan syukur kita panjatkan
d. Pernyataan ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda
e. Hari ini kita berkumpul untuk memperingati hari bersejarah
Jawaban : b. Mari kita renungkan kembali makna Sumpah Pemuda
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10
(1)Hadirin yang bahagia. (2)Seperti yang kita ketahui,pantai senggigi sebagai aset daerah memiliki ciri khas sendiri, yaitu teluknya yang indah. (3)Pantai ini juga airnya bening dan pasirnya putih serta di kelilingi pengunungan dengan bukit yang menghijau. (4)Keaneragaman terumbu karang di wilayah perairan ini termasuk jenis yang langka di dunia, khususnya terumbu karang biru (blue coral). (5)Oleh sebab itu aset yang tidak ternilai harganya ini hendaknya kita jaga dan lestarikan agar dapat diwaris-kan kepada generasi mendatang.
9. Cuplikan ceramah tersebut menjelaskan...
a. Pelestarian dan mengembangkan pantai Senggigi.
b. Pantai Senggigi merupakan aset wisata di Pulau Lombok.
c. Keaneragaman terumbu karang di wilayah perairan pantai Senggigi.
d. Prospek pengembangan objek wisata pantai Senggigi di Pulau Lombok.
e. Pantai Senggigi, objek wisata pantai di Pulau Lombok.
Jawaban : b. Pantai Senggigi merupakan aset wisata di Pulau Lombok.
10. Kalimat yang menyatakan penyebab ditunjukan nomor...
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban : d. (4)
Sumber: http://zefanyapeter.blogspot.com/2017/08/soal-ceramah-kelas-11-semester-1.html
Hadiri yang saya hormati.
Assalamualaikum Wr. Wb,
Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingatkan hari Sumpah Pemuda. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada 28 Oktober 1928 adalah bertanah air satu, tanah air indonesia; berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda.
7. Topik pidato tersebut adalah ...
a. peringatan Sumpah Pemuda
b. mengenang ikrar para pemuda tahun masa lampau
c. merenungkan ikrar Sumpah Pemuda
d. pernyataan ikrar pemuda terjadi pada tahun 1928
e. bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu
Jawaban : a. peringatan Sumpah Pemuda
8. Kalimat yang bersifat persuasif dalam cuplikan tersebut adalah ..
a. Hadirin yang saya hormati
b. Mari kita renungkan kembali makna Sumpah Pemuda
c. Puji dan syukur kita panjatkan
d. Pernyataan ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda
e. Hari ini kita berkumpul untuk memperingati hari bersejarah
Jawaban : b. Mari kita renungkan kembali makna Sumpah Pemuda
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10
(1)Hadirin yang bahagia. (2)Seperti yang kita ketahui,pantai senggigi sebagai aset daerah memiliki ciri khas sendiri, yaitu teluknya yang indah. (3)Pantai ini juga airnya bening dan pasirnya putih serta di kelilingi pengunungan dengan bukit yang menghijau. (4)Keaneragaman terumbu karang di wilayah perairan ini termasuk jenis yang langka di dunia, khususnya terumbu karang biru (blue coral). (5)Oleh sebab itu aset yang tidak ternilai harganya ini hendaknya kita jaga dan lestarikan agar dapat diwaris-kan kepada generasi mendatang.
9. Cuplikan ceramah tersebut menjelaskan...
a. Pelestarian dan mengembangkan pantai Senggigi.
b. Pantai Senggigi merupakan aset wisata di Pulau Lombok.
c. Keaneragaman terumbu karang di wilayah perairan pantai Senggigi.
d. Prospek pengembangan objek wisata pantai Senggigi di Pulau Lombok.
e. Pantai Senggigi, objek wisata pantai di Pulau Lombok.
Jawaban : b. Pantai Senggigi merupakan aset wisata di Pulau Lombok.
10. Kalimat yang menyatakan penyebab ditunjukan nomor...
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)
Jawaban : d. (4)
Sumber: http://zefanyapeter.blogspot.com/2017/08/soal-ceramah-kelas-11-semester-1.html
Berikut, contoh soal dan jawaban bahasa Indonesia kelas 11 semester 1 beserta jawabannya.
1. Seorang ketua OSIS ditugaskan untuk memberi sambutan dalam acara perpisahan kelas XII. Kalimat pembuka yang tepat adalah ….
a. Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Saat ini, saya berdiri di sini untuk menyampaikan sepatah dua patah kata.
b. Salam jumpa saya ucapkan kepada hadirin sekalian. Kita berjumpa lagi dalam acara yang sama.
c. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul untuk melaksanakan acara perpisahan ini.
d. Inilah acara yang rutim kita lakukan dari tahun ke tahun. Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan beberapa kesan dan pesan untuk kakak-kakak kita.
e. Terima kasih atas waktu dan tempat yang telah disedikan untuk saya menyampaikan sambutan dalam acara perpisahan ini.
Jawaban: c
2. Berikut ini cotoh pembuka sambutan dalam sebuah acara, kecuali ….
a. Pertama-tama marilah kita oanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.
b. Bapak Kepala SMA 2,Bapak dan Ibu Guru wali siswa, rekan-rekan siswa SMA 2 yang berbahagia.
c. Selamat pagi teman-teman yang berbahagia. Pada hari in kita akan mengadakan lomba lari.
d. Atas dasar itu, maka kita hendaknya selalu waspada akan bahaya Narkoba.
e. Selamat sianag, Saudara sekalian. Senang sekali saya bisa berdiri di sini untuk memberikan sambutan.
Jawaban: d
3. Bacalah teks pidato berikut dengan saksama!
Hadirin yang berbahagia,
Saat ini, intensitas curah hujan sangat tinggi. Sebagimana kita ketahuim sejak beberapa hari terakhir, hujan deras mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tak pelak lagi, banjir pun datang tanpa permisi. Menurut data Badan Meteorologi dan Geofisika, curah hujan yang tinggi masih akan berlagsung selama sepekan ke depan.
Seiring datangnya bencana banjir, wabah penyakit pun biasanya akan muncul. Wabah penyakit yang dimaksud adalah leptospirosis dan diare. Leptospirosis merupakan penyakit hewan yang dapat menjangkiti manusia. Penyebabnya adalah bakteri berbentuk spiral bernama leptospira. Sementara itu, diare akan muncul karena wilayah yang tergenang banjir menjadi kotor.
Jiak terjangkit penyakit leptospirosis, penderita akan mengalami demam tinggi, mual, muntah, sekujur tubuh badan akan terasa sakit, air kencing berwarna merah tua, dan timbul bercak kemerahan di bola mata karena pecahnya pembuluh darah.
Isi pokok naskah pidato tersebut adalah ….
a. Intensitas curah hujan saat ini sangat tinggi.
b. Mewaspadai turunnya curah hujan yang sangat tinggi.
c. Bahaya yang timbul akibat curah hujan tinggi.
d. Perlunya kewaspadaan terhadap berbagai penyakit pada saat banjir.
e. Perlunya meningkatkan kewaspadaan penyakit leptospirosis dan diare tatkala banjir datang.
Jawaban: e
4. Kalimat pesan yang terdapat dalam naskah pidato tersebut adalah ….
a. Berhati-hatilah terhadap curah hujan yang tinggi.
b. Perlunya kewaspadaan masyarakat terhadap berbagai penyakit.
c. Perlunya memakai sepatu boot dan sarung tangan karet.
d. Jaga kebersihan lingkungan dengan menggalakan bersih-bersih lingkungan .
e. Meghindari bersih-bersih lingkungan jika terdapat bagian tubuh yang terluka.
Jawaban: d
1. Seorang ketua OSIS ditugaskan untuk memberi sambutan dalam acara perpisahan kelas XII. Kalimat pembuka yang tepat adalah ….
a. Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Saat ini, saya berdiri di sini untuk menyampaikan sepatah dua patah kata.
b. Salam jumpa saya ucapkan kepada hadirin sekalian. Kita berjumpa lagi dalam acara yang sama.
c. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul untuk melaksanakan acara perpisahan ini.
d. Inilah acara yang rutim kita lakukan dari tahun ke tahun. Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan beberapa kesan dan pesan untuk kakak-kakak kita.
e. Terima kasih atas waktu dan tempat yang telah disedikan untuk saya menyampaikan sambutan dalam acara perpisahan ini.
Jawaban: c
2. Berikut ini cotoh pembuka sambutan dalam sebuah acara, kecuali ….
a. Pertama-tama marilah kita oanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.
b. Bapak Kepala SMA 2,Bapak dan Ibu Guru wali siswa, rekan-rekan siswa SMA 2 yang berbahagia.
c. Selamat pagi teman-teman yang berbahagia. Pada hari in kita akan mengadakan lomba lari.
d. Atas dasar itu, maka kita hendaknya selalu waspada akan bahaya Narkoba.
e. Selamat sianag, Saudara sekalian. Senang sekali saya bisa berdiri di sini untuk memberikan sambutan.
Jawaban: d
3. Bacalah teks pidato berikut dengan saksama!
Hadirin yang berbahagia,
Saat ini, intensitas curah hujan sangat tinggi. Sebagimana kita ketahuim sejak beberapa hari terakhir, hujan deras mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya. Tak pelak lagi, banjir pun datang tanpa permisi. Menurut data Badan Meteorologi dan Geofisika, curah hujan yang tinggi masih akan berlagsung selama sepekan ke depan.
Seiring datangnya bencana banjir, wabah penyakit pun biasanya akan muncul. Wabah penyakit yang dimaksud adalah leptospirosis dan diare. Leptospirosis merupakan penyakit hewan yang dapat menjangkiti manusia. Penyebabnya adalah bakteri berbentuk spiral bernama leptospira. Sementara itu, diare akan muncul karena wilayah yang tergenang banjir menjadi kotor.
Jiak terjangkit penyakit leptospirosis, penderita akan mengalami demam tinggi, mual, muntah, sekujur tubuh badan akan terasa sakit, air kencing berwarna merah tua, dan timbul bercak kemerahan di bola mata karena pecahnya pembuluh darah.
Isi pokok naskah pidato tersebut adalah ….
a. Intensitas curah hujan saat ini sangat tinggi.
b. Mewaspadai turunnya curah hujan yang sangat tinggi.
c. Bahaya yang timbul akibat curah hujan tinggi.
d. Perlunya kewaspadaan terhadap berbagai penyakit pada saat banjir.
e. Perlunya meningkatkan kewaspadaan penyakit leptospirosis dan diare tatkala banjir datang.
Jawaban: e
4. Kalimat pesan yang terdapat dalam naskah pidato tersebut adalah ….
a. Berhati-hatilah terhadap curah hujan yang tinggi.
b. Perlunya kewaspadaan masyarakat terhadap berbagai penyakit.
c. Perlunya memakai sepatu boot dan sarung tangan karet.
d. Jaga kebersihan lingkungan dengan menggalakan bersih-bersih lingkungan .
e. Meghindari bersih-bersih lingkungan jika terdapat bagian tubuh yang terluka.
Jawaban: d
5. Hadirin yang terhormat, dalam kesempatan ini saya akan mencoba membahas bahaya merokok (1). Perokok atau bukan perokok pada dasarnya sama-sama mengakui bahwa merokok adalah kebiasaan berbahaya (2). Namun, kalangan industri rokok dan pecandu rokok selalu mengajukan alasan klise, bahwa merokok adalah pilihan pribadi dan risikonya ditanggung sendiri (3).
Alasan tersebut dibatah oleh kelompok anti merokok, bahwa alasan itu tidak ilmiah (4). Untuk mengatasi pertentangan pendapat tersebut hendaknya perokok menyadari tentang apa keuntungan merokok itu (5).
Kalimat yang menyatakan imbuhan dalam penggalan naskah pidato di atas terdapat pada nomor .
a. satu
b. dua
c. tiga
d. empat
e. lima
Jawaban: e
6. Seiring dengan semakin meningkatnya minat anak lulusan SMA melanjutkan ke perguruan tiggi tanpa disertai tempat penampungan lulusan perguruan tinggi yang memadai, maka jauh-jauh hari para orang tua serta para pendidik barusaha memberi bekal atau pengarahan kepada para pelajar SMA.
Kalimat pembuka pidato pengarahan yang paling tepat untuk ilustrasi di atas adalah ….
a. Untuk manjaga supaya begitu lulus dari perguruan tinggi para siswa tidak hanya menjadi sarjana pengangguran, maka pada kesempatan ini saya selaku kepala sekolah akan memberi pengarahan.
b. Selamat datang kami ucapkan atas kedatangan anak-anak pada kesempatan ini.
c. Anak-anak seklian, pada kesempatan ini Bapak akan memberi pengarahan tentang perlunya pertimbangan antara pemilihan jurusan di perguruan tinggi dengan lapangan kerja yang memungkinkan.
d. Acara ini kami awali dengan pembacaan doa.
e. Pada kesempatan ini para siswa disuruh berkumpul di sini bersama-sama untuk menerima penjelasan tentang pemilihan jurusan di perguruan tinggi.
Jawaban: c
Alasan tersebut dibatah oleh kelompok anti merokok, bahwa alasan itu tidak ilmiah (4). Untuk mengatasi pertentangan pendapat tersebut hendaknya perokok menyadari tentang apa keuntungan merokok itu (5).
Kalimat yang menyatakan imbuhan dalam penggalan naskah pidato di atas terdapat pada nomor .
a. satu
b. dua
c. tiga
d. empat
e. lima
Jawaban: e
6. Seiring dengan semakin meningkatnya minat anak lulusan SMA melanjutkan ke perguruan tiggi tanpa disertai tempat penampungan lulusan perguruan tinggi yang memadai, maka jauh-jauh hari para orang tua serta para pendidik barusaha memberi bekal atau pengarahan kepada para pelajar SMA.
Kalimat pembuka pidato pengarahan yang paling tepat untuk ilustrasi di atas adalah ….
a. Untuk manjaga supaya begitu lulus dari perguruan tinggi para siswa tidak hanya menjadi sarjana pengangguran, maka pada kesempatan ini saya selaku kepala sekolah akan memberi pengarahan.
b. Selamat datang kami ucapkan atas kedatangan anak-anak pada kesempatan ini.
c. Anak-anak seklian, pada kesempatan ini Bapak akan memberi pengarahan tentang perlunya pertimbangan antara pemilihan jurusan di perguruan tinggi dengan lapangan kerja yang memungkinkan.
d. Acara ini kami awali dengan pembacaan doa.
e. Pada kesempatan ini para siswa disuruh berkumpul di sini bersama-sama untuk menerima penjelasan tentang pemilihan jurusan di perguruan tinggi.
Jawaban: c
Cermatilah penggalan teks pidato berikut!
Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati,
Program lain yang cukup penting dilakukan oleh pihak sekolah adalah program waspada narkoba. Program waspada narkotika dapat dilakukan dengan nmengenali cirri-ciri siswa yang menggunakan narkoba. Pihak sekolah harus melakukan razia dadakan secara rutin. . . .
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan teks pidato tersebut adalah . . .
A. Dengan demikian, pemberantasan penggunaan narkoba di sekolah dapat berjalan dengan lancar.
B. Marilah kita berperan aktif dalam memberantas penggunaan narkoba di sekolah.
C. Oleh sebab itu, penyelenggaraan razia secara dadakan harus sering dilakukan.
D. Marilah kita membangun bangsa dan Negara secara bersama-sama.
E. Jika kita jarang mengontrol siswa akan terjadi hal di luar dugaan guru dan orang tua.
Cermati kutipan pidato berikut ini!
Hadirin yang berbahagia. Upaya penanganan persebaran kasus HIV/AIDS di Indonesia mendesak untuk dibenahi. Pasalnya, Indonesia menorehkan prestasi buruk dalam menekan penularan penyakit yang disebabkan oleh virus perusak sistem kekebalan tubuh manusia itu. Indonesia mencatatkan diri sebagai negara penularan HIV tercepat di Asia Tenggara. Kondisi ini sudah mengkhawatirkan. Untuk itu, ... .
Kalimat persuasif untuk melengkapi kutipan pidato di atas adalah ... .
A. Indonesia akan kian terpuruk dengan keadaan semacam ini.
B. Indonesia harusnya terhindar dari penyakit yang belum ada obatnya tersebut.
C. Marilah kita bekerja keras memberantas penyakit AIDS yang meresahkan rakyat Indonesia.
D. Marilah kita hindari segala bentuk kemaksiatan yang bisa menularkan virus HIV.
E. Marilah kita hindari para pengidap penyakit AIDS sehingga tidak terjadi penularan.
(Catatan: Kunci jawaban LENGKAP dalam proses) tunggu ya……MAAF
(Catatan: Kunci jawaban LENGKAP dalam proses) tunggu ya……MAAF
BAHAN LENGKAP PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, XII: KISI-KISI, SOAL, PEMBAHASAN, RINGKASAN MATERI
1. Kisi-Kisi Soal Kelas X Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester.html
2. Kisi-Kisi Soal Kelas XI Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/kisi-kisi-penilaian-akhir-semester-1.html
3. Kisi-Kisi Soal Kelas XII Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester_6.html
4. Soal Kelas X Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/soal-persiapan-penilaian-akhir-semester.html
5. Soal Kelas XI Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/soal-soal-persiapan-penilaian-akhir.html
6. Soal Kelas XII Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/soal-persiapan-penilaian-akhir-semester_21.html
7. Pembahasan/Ringkasan Materi Kelas X Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/ringkasan-materi-pembelajaran-bahasa.html
8. Pembahasan/Ringkasan Materi Kelas XI Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/ringkasan-materi-persiapan-penilaian.html
9. Pembahasan/Ringkasan Materi Kelas XII Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/ringkasan-materi-pembelajaran-bahasa_14.html
SOAL-SOAL PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 KELAS XI BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013
Reviewed by MCH
on
November 20, 2018
Rating:
No comments: