banner image
Sedang Dalam Perbaikan

BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN




BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN
V. Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca


A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

1.    mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)

a.       penulisan judul

Indikator soal: Disajikan ilustrasi berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tersebut salah (dengan huruf kecil semua), peserta didik dapat menentukan perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku       



b.      penulisan nama geografi

Indikator soal: Disajikan paragraf yang salag satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa dapat mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi.


2.    mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca 

B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1.    menggunakan ejaan

2.    menggunakan tanda baca


C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.    memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan

a.    memperbaiki penulisan kata/istilah

Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; peserta didik dapat menentukan kata baku untuk memperbaikinya



b.    memperbaiki kesalahan penggunaan kata serapan

Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata serapan yang salah penulisannya; peserta didik dapat menentukan kata serapan yang baku untuk memperbaikinya



2.    memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca

Disajikan kalimat beberapa kalimat yang  dua di antaranya terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, peserta didik dapat menentukan kalimat yang salah penggunaan tanda bacanya


3.    menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca

Disajikan kalimat yang menggunakan tanda bacanya salah, peserta didik dapat menentukan kesalahan penggunaan tanda baca  disertai alasan yang tepat pada kalimat tersebut.   
    
          Soal UN 2016/2017 Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/kapan-tanda-koma- dipakai-dan-kapan.html



















BACA BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA
4. Ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik   https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_67.html
5. Ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/11/bedah-kisi-kisi-un-smama-bahasa_81.html



BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN Reviewed by MCH on November 19, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.