SOAL HOTS PADA UJIAN NASIONAL (UN) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
HOTSatau higher order thinking skill adalah proses berpikir tingkat tinggi. Dalam taksonomi Bloom yang direvisi Anderson, HOTS menduduki level C4, C5 dan C6, analisis, evaluasi. dan kreasi. HOTS adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi
Dalam soal ujian nasional (UN) tahun pelajaran 2017/2018 mata pelajaran Bahasa Indonesia soal HOTS dikategorikan ke level kognitif penalaran (L3) meliputi kompetensi sebagai berikut.
1. Membandingkan
2. Menunjukkan bukti
3. Menganalisis
4. Menanggapi/Mengomentari
5. Merefleksi
6. Mengevaluasi
7. Memvariasikan
A. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
Indikator soal
Peserta didik dapat membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks
Cermati teks berikut!
Teks 1 Seorang kakek hidup serumah bersama anak, menantu, dan cucu berusia 6 tahun. Keluarga itu biasa makan malam bersama. Si kakek yang sudah pikun sering mengacaukan segalanya. Tangan bergetar dan mata rabunnya membuat kakek susah menyantap makanan. Sendok dan garpu kerap jatuh. Saat si kakek meraih gelas, sering susu tumpah membasahi taplak. Anak dan menantunya menjadi gusar. Suami-istri itu lalu menempatkan sebuah meja kecil di sudut ruangan, tempat sang kakek makan sendirian. Mereka memberikan mangkuk melamin yang tidak gampang pecah. Saat keluarga sibuk dengan piring masing-masing, sering terdengar ratap kesedihan dari sudut ruangan. Namun, suami-istri itu jusrtu mengomel agar si kakek tak menghamburkan makanan lagi.
Sang cucu yang berusia 6 tahun mengamati semua kejadian di dalam diam. Suatu hari si ayah memerhatikan anaknya sedang membuat replika mainan kayu. “Sedang apa, Sayang?” tanya ayah pada anaknya. “Aku sedang membuat meja buat ayah dan ibu. Persiapan buat ayah dan ibu jika aku besar nanti.” Ayah anak kecil itu langsung terdiam. Ia berjanji dalam hati, mulai hari itu, kakek akan kembali diajak makan di meja yang sama. Tak kan ada lagi omelan saat piring jatuh, makan tumpah, atau taplak ternoda kuah.
Teks 2
Di kantin sebuah universitas, Udin dan Tono, dua orang mahasiswa sedang berbincang-bincang.“Saya heran pada dosen ilmu politik, kalau ngajar selalu duduk, tidak pernah mau berdiri,” kata Tono kepada Udin. Udin ogah-ogahan menjawab pertanyaan Tono. Udin beranggapan bahwa masalah yang dibicarakan Tono itu tidak penting.
Namun, Tono tetap meminta agar Udin mau menerka teka-tekinya.
“Barangkali saja, beliau capek atau kakinya tidak kuat berdiri,” jawab Udin merasa jengah. Ternyata jawaban Udin masih juga salah. Menurut Tono, dosen yang juga pejabat itu tidak bersedia berdiri sebab takut kursinya diambil oranglain.”
Mendengar pernyataan Tono, Udin menanyakan apa hubungan antara menjadi dosen dan pejabat. “Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya diduduki orang lain.” ungkap Tono.
Persamaan kedua teks cerita tersebut adalah . . .
A. menggunakan sudut pandang orang ketiga
B. menguraikan watak tokoh kakek dan dosen yang lugu
C. konflik tentang masa depan tokoh kakek dan dosen
D. latar cerita di rumah tokoh utama
E. tema cerita tentang kesabaran tokoh
Kunci Jawaban: A
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
Indikator soal
1. Peserta didik dapat membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)
Cermati kutipan berikut!
Bagi nenek, wibawa harus terus dijaga agar orang di luar griyamau menghargainya. Kenyataannya? Memang nenek bisa mengatur keluarga. Bahkan Ida Bagus Tugur, suaminya, takkan berkutik hanya dengan batuk kecil. Anehnya, nenek hanya pandai membaca kesalahan-kesalahan yang dibuat suaminya. Tapi dia tidak lihai membaca kesalahan anak kesayangannya, anak lelaki satu-satunya yang teramat dia kagumi dan terlalu sering membuat masalah itu. Pembuktian latar suasana tidak nyaman dalam kutipan tersebut adalah . . .
A. Nenek selalu mempermasalahkan suaminya.
B. Nenek selalu menjaga wibawanya.
C. Nenek tidak bisa mengatur keluarga.
D. Cucu nenek sering membuat masalah.
E. Suami nenek tidak berkutik dengan batuk kecil.
Kunci Jawaban: E
2. Peserta didik mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
Cermati kutipan cepen berikut!
Satu jam berlalu, kami terdiam dan terhanyut dalam angan masing-masing. Persoalan yang kami hadapi saat ini benar-benar di luar batas kemampuan. Tapi aku yakin bahwa Tuhan tidak memberi cobaan melebihi kemampuan hamba-Nya. Namun, Ranti Istriku, tetap ngotot dan terus-menerus mendesakku. Kami masih tetap terdiam, aku berdiri dan berjalan ke sana-ke mari. “Jangan mondar-mandir, Mas, cepat cari jalan keluar, kepalaku rasanya mau copot, lagi pula persoalan ini tidak bisa menunggu, harus segera cari pinjaman karena kalau hujan turun dengan lebat takutmya rumah ini akan rubuh.”
Keterkaitan isi cerpen dengan kehidupan sehari-hari adalah . . .
A. Suami biasanya tidak peduli dengan masalah rumah tangga.
B. Seorang istri menuntut suami untuk mencari penghasilan tambahan.
C. Istri lebih emosional dalam mengatasi permasalahan daripada suami.
D. Perlu pinjaman dana yang besar untuk memperbaiki rumah.
E. Selalu ada jalan bila kita berusaha untuk memperbaiki rumah yang rubuh.
Kunci jawaban: C
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
Indikator soal peserta didik dapat memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
Cermati kalimat berikut!
Jika kecelakaan menimpa Anda saat sendirian di rumah dan mengalami pendarahan, terutama saat masih sadar, segera hentikan pendarahan tersebut. Gunakan handuk atau sejenisnya untuk menghentikan pendarahan.
Kalimat tanya yang mempunyai tujuan sama dengan kalimat bercetak miring tersebut adalah...
A. Sudahkan Anda menggunakan handuk atau sejenisnya untuk menghentikan pendarahan?
B. Apakah Anda sudah menghentikan pendarahan dengan cepat dan tepat?
C. Apakah handuk atau sejenisnya dapat menghentikan pendarahan?
D. Mengapa handuk ataus sejenisnya digunakan untuk menghentikan pendarahan?
E. Siapakah yang dapat menghentikan pendarahan pada saat kritis?
2. Peserta didik dapat menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
Kunci Jawaban: A
Cermati paragraf berikut!
Diperlukan proses yang panjang untuk menghasilkan kopi luwak yang nikmat. Biji kopi yang benar-benar segar dan berwarna merah yang akan digunakan. …, biji kopi dipilih dengan memisahkan biji kopi yang segar dan busuk dengan cara direndam. Biji kopi yang baik akan tenggelam, … yang busuk akan mengapung, … biji kopi teresbut diberikan kepada musang atau luwak jenis binturong dan bulan (luwak pemakan kopi). Dalam proses ini, luwak mempunyai peran yang sangat penting karena indera penciumannya hanya akan memilih biji kopi sempurna.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . .
A. kemudian, karena, sementara
B. sementara , bahkan, kemudian
C. selanjutnya, sedangkan, kemudian
D. kemudian, bahkan, selanjutnya
E. jika, sementara, kemudian
Kunci Jawaban: C
D. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
1. Peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat
Cermati paragraf berikut!
Plaza Amabarroso akan menggelar Jogja Fashion Festival (JFF) pada bulan Maret 2017. JFF ke-10 ini akan menghadirkan sesuatu yang baru yang mana berupa “Fashion Show” busana pria dengan memiliki tema Mystique Man. Peragaan busana ini akan menjadi salah satu daya tarik pada kegiatan yang digelar untuk meramaikan ulang tahun Plaza Ambarroso. Kegiatan kali ini menampilkan peragaan busana pria. Lelaki pun memiliki gaya busana yang tidak kalah menariknya dengan gaya busana wanita.
Perbaikan kalimat yang dicetak miring pada paragraf tersebut adalah . . .
A. JFF ke-10 ini dihadirkan dengan sesuatu yang baru yang berupa fashion show busana pria dengan tema Mystique Man.
B. JFF ke 10 ini menghadirkan sesuatu yang baru berupa fashion show busana pria dengan memiliki tema Mystique Man.
C. JFF ke sepuluh ini akan hadirkan sesuatu yang baru berupa fashion show busana pria dengan tema Mystique Man.
D. JFF kesepuluh ini akan menghadirkan fashion show yang baru berupa busana pria dengan tema Mystique Man.
E. JFF kesepuluh ini akan menghadirkan sesuatu yang baru berupa fashion show dengan bertema Mystique Man.
Kunci Jawaban: D
2. Peserta didik dapat menentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf
Cermati paragraf berikut!
(1) Berdasarkan hasil penelitian, tahun ini luas hutan bakau di Indonesia sangat berkurang sekali dibandingkan tahun lalu. (2) Sebagian besar lahan hutan bakau berubah fungsi menjadi tambak udang maupun ikan. (3) Ada pula yang berubah fungsi menjadi wilayah indusrti maupun permukiman. (4) selain itu, terjadi penebangan hutan bakau yang sebagain besar digunakan untuk kayu bakar. (5) Hal ini juga menambah parahnya hutan bakau.
Perbaikan kalimat yang salah dan alasannya yang tepat adalah . . .
No | Perbaikan Kalimat | Alasan |
A | Berdasarkan penelitian, tahun ini luas hutan bakau di Indonesia sangat berkurang sekali di banding tahun lalu | Kata penelitian sudah menyatan hasil. |
B | Berdasarkan hasil penelitian, tahun ini luas hutan bakau di Indonesia sangat berkurang dibandingkan tahun lalu. | Kata sangat sudah bermakna intensitas, tidak perlu kata sekali. |
C | Sebagian besar lahan hutan bakau berubah fungsi menjadi tambak udang dan ikan. | Konjungsi maupun seharusnya berkait dengan konjungsi baik yang menyatakan pilihan. |
D | Namun, terjadi penebangan hutan bakau yang sebagian besar digunakan untuk kayu bakar. | Konjungsi selain itu menyatakan penambahan hal lain, seharusnya pertentangan. |
E | Selain itu, terjadi penebangan hutan bakau dan sebagian besar digunakan untuk kayu bakar. | Konjungsi yang tidak menyatakan penguhung antarklausa. |
E. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
1. Peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Cermati paragraf berikut!
Aku menjauhi trotoar, berjalan beberapa langkah dengan wajah tengadah. Lalu dari tengah jalan seraya mengatupkan kedua tangan agar membentuk corong di sekitar mulut, aku berteriak sekeras-keras: “ Lihat saja, aku bisa lebih dari kalian. Aku bisa, aku pasti bisa!!” Semua orang melihatku, tapi aku tidak peduli. Aku lebih memilih melanjutkan berjalan menuju rumah dengan mata berkaca-kaca, sambil dalam hati memohon, “Ibu, tolong bantu aku.” Dengan perlahan-lahan, aku berbisik pada diriku sendiri.
Perbaikan kata ulang dicetak miring pada paragraf tersebut adalah . . . .
A. keras-keras
B. sekeras-kerasnya
C. sekeras-keras
D. keras-kerasan
E. mengeras-keras
Kunci Jawaban: B
Cermati paragraf berikut!
Pembelajaran Bahasa Indonesia saat ini mulai dikembangkan dengan pendekatan komunikasi. Penerapan metode ini akan memberikan tambahan wawasan, baik kepada siswa maupun guru. Peran guru di dalam kelas hanya sebagai fasilitas dan motivitas, bukan lagi menjadi sumber informasi satu-satunya.
Perbaikan kata serapan yang tepat untuk kata bercetak miring tersebut adalah . . .
A. komunikasi, fasilitas, motivatior
B. komunikan, fasilitas, motivasi
C. komunikatif, fasilitator, motivasi
D. komunikatif, fasilitator, motivator
E. komunikan, fasilitas, motivator
Kunci Jawaban: D
2. Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Cermati kalimat berikut!
Gedung itu dibangun di atas lahan seluas 1,732 meter persegi biaya sebesar Rp2,95 triliun.
Keselahan tanda baca koma (,) pada kalimat tersebut beserta alasannya adalah . . .
A. Penulisan Rp 2,95 triliun karena menyatakan jumlah uang menggunakan tanda koma dan angka 00 di belakang jumlah.
B. Penuliisan 1,732 meter karena untuk menunjukkan jumlah digunakan tanda titik setiap tiga angka dari belakang.
C. Penulisan Rp 2,95 triliun karena hanya terdiri atas tiga angka sehingga tidak memerlukan tanda baca.
D. Penulisan 1,732 meter karena untuk menunjukan jumlah tidak diperlukan tanda baca apapun.
E. Penulisan Rp 2,95 triliun karena kata rupiah merupakan singkatan harus diikuti tanda titik.
Kunci Jawaban: B
BACA JUGA
1. LANGKAH-LANGKAH MENYUSUN SOAL HOTS KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/langkah-langkah-menyusun-soal-hots.html
2. MENYUSUN DESAIN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/langkah-langkah-menyusun-desain.html
3. RPP BERORIENTASI HOTS KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/contoh-rpp-berorientasi-hots-mata.html
4. SOAL HOTS PADA UJIAN NASIONAL KLIK https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/oal-hots-pada-ujian-nasional-un-mata.html
5. MENGAPA HOTS?
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA
1. Kalimat Resensi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa.html
2. Pendeskripsian Watak Tokoh Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018.html
3. Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
3. Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
6. Persamaan Dua Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-smama-tahun-pelajaran-20172018.html
7. Ringkasan Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kunci-jawaban-soal-un-tahun-pelajaran.html
8. Kalimat Bermajas Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran.html
9. Nilai dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
10.: Penilaian terhadap Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran_19.html
11. Opini Penulis dalam Tajuk Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
13. Keteladanan Tokoh dalam Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_33.html
14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html
15. Kalimat Fakta Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_70.html
16. Tujuan Penulis Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_28.html
17. Kata Tidak Baku Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99.html
18. Kalimat Tidak Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_56.html
19. Kata Rujukan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_68.html
20. Kalimat Simpulan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_34.html
21. Menentukan ide pokok paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_29.html
22. Makna Kata/Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38.html
23. Jawaban dari Pertanyaan Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_25.html
24. Makna Kata Lambang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
25. Makna Ungkapan dalam Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_2.html
27. Memperbaiki Kata Tidak Baku Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_3.html
28. Alasan Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_4.html
29. Penulisan Nama Geografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_5.html
30. Pengembangan Topik Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-smama.html
31. Kata Ulang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
32. Penulisan Judul Karangan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-smama-bahasa.html
33. Menyusun Esai Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_12.html
34. Kalimat Berimbuhan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
35. Melengkapi Teks Drama Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/melengkapi-teks-drama.html
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-25
1. Menentukan kalimat utama
2. Menentukan makna istilah
3. Menentukan kalimat tidak padu dalam paragraf
4. Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
5. Menentukan kalimat fakta dalam paragraf
6. Menentukan ide pokok paragraf
7. Menentukan tujuan penulis sesuai isi teks
8. Menentukan kalimat yang menggunakan kata tidak baku
9. Menentukan keteladanan tokoh dalam biografi
10. Menjawab pertanyaan sesuai isi biografi
11. Menentukan opini redaksi pada tajuk rencana
12. Menentukan pihak yang dituju pada redaksi
13. Menentukan kata rujukan
14. Menentukan perbedaan isi dua teks (laporan hasil observasi)
15. Menentukan inti kalimat
16. Menentukan makna lambang
17. Menentukan kalimat bermajas
18. Menentukan cara pendeskripsian watak tokoh
19. Menentukan kalimat yang menyatakan latar tempat
20. Menentukan konflik cerita
21. Menentukan kalimat yang menunjukkan watak tokoh
22. Menentukan nilai budaya dalam cerpen
23. Menentukan amanat cerpen
24. Menentukan kesamaan unsur intrinsik dua kutipan cerpen
25. Menentukan kaitan isi cerpen dengan kehidupan saat ini
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 26-50
26. Menentukan maksud isi gurindam
27. Menilai keunggulan dan kelemahan buku
28. Menyusun ringkasan teks
29. Mengurutkan kalimat acak
30. Menentukan kalimat argumen
31. Menyusun kalimat simpulan paragraf
32. Menentukan peribahasa yang tepat sesuai ilustrasi
33. Menentukan ungkapan yang tepat sesuai ilustrasi
34. Melengkapi teks deskripsi
35. Melengkapi teks argumentasi
36. Melengkapi larik pantun
37. Melengkapi teks prosedur
38. Menyusun teks esai
39. Menggunakan konjungsi temporal
40. Menggunakan kata berimbuhan
41. Menggunakan kata ulang
42. Melengkapi paragraf dengan kalimat simpulan
43. Menggunakan frasa adjektiva
44. Memperbaiki kalimat tidak efektif
45. Menentukan alasan penyebab ketidakbakuan kata
46. Memperbaiki kata tidak baku menjadi kata baku
47. Memperbaiki penulisan kata serapan yang tidak tepat
48. Mengidentifikasi penulisan judul yang benar
49. Menggunakan tanda baca dengan tepat
50. Menentukan alasan kesalahan pemakaian tanda baca
SOAL HOTS PADA UJIAN NASIONAL (UN) MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Reviewed by MCH
on
September 24, 2018
Rating:
No comments: