PERSIAPAN UN 2019 SMA/MA: KISI-KISI, SOAL, PEMBAHASAN, DAN RINGKASAN MATERI UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA PROGRAM IPA/IPS
Berikut disajikan kisi-kisi, soal, dan pembahasan untuk persiapan UN tahun pelajaran 2018/2019
mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA yang terdiri atas lima ruang lingkup materi, yaitu
membaca nonsastra, membaca sastra, menulis terbatas, menyunting kata, kalimat, dan paragraf, dan
menyunting ejaan dan tanda baca.
menyunting ejaan dan tanda baca.
KISI-KISI UN, SOAL, DAN PEMBAHASAN BAHASA INDONESIA SMA/MA
A. RUANG LINGKUP MATERI: MEMBACA NONSATRA
1. Memaknai istilah/kata klik Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal.html
2. Mengidentifikasi informasi tersurat
a. Kalimat fakta dan opini Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/pembahasan-soal-un-20162017-bahasa_2.html
b. Informasi tersurat pada bacaan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/pembahasan-soal-un-20162017-bahasa_6.html
c. Keistimewaan dan keteladanan tokoh dalam teks biografi Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/menentukan-hal-yang-dapat-diteladani.html
d. Mengidentifikasi Informasi Tersurat dalam Teks Biografi Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/mengidentifikasi-informasi-tersurat.html
3. Menemukan ide pokok Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/pembahasan-soal-un-20162017-bahasa_7.html
5. Menentukan makna rujukan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/menentukan-kata-rujukan.html
6. Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
a. Tujuan penulis Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/menentukan-tujuan-penulis-teks.html
b. Opini redaksi dalam tajuk rencana Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/opini-redaksi-dalam-tajuk-rencana.html
c. Pihak yang dituju dalam tajuk rencana Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/menentukan-pihak-yang-dituju-dalam.html
7. Menentukan kalimat utama Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/pembahasan-soal-un-tahun-20162017.html
8. Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/membandingkan-berbagai-teks-isi-pola.html
9. Mengomentari isi teks Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/kalimat-argumen.html
B. RUANG LINGKUP MATERI: MEMBACA SASTRA
1. Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
a. Kata simbolik Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/makna-kata-berlambang-simbolik.html
2. Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
a. Maksud gurindam Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/menentukan-maksud-isi-gurindam.html
b. Cara penggambaran watak tokoh Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/cara-pendeskripsian-watak-tokoh-cerita.html
3. Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai -nilai)
a. Konflik cerita Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/menentukan-konflik-cerita.html
c. Nilai cerita Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/menentukan-nilai-dalam-karya-sastra.html
4. Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/unsur-inrinsik-karya-sastra-cerpen.html
5. Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
a. Bukti watak tokoh Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/menentukan-kalimat-yang-menunjukkan.html
b. Bukti latar/settting Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/menentukan-latar-cerita.html
c. Kaitan isi novel dengan kehidupan masa kini Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/kaitan-isi-karya-sastra-dengan.html
6. Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
a. Kalimat keunggulan/ kelemahan cerita Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/menilai-keunggulan-dan-kelemahan-karya.html
b. Kalimat tanggapan/esai Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/contoh-soal-esai-dan-pembahasan-soal-un.html
7. Meringkas isi karya sastra Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/meringkas-isi-karya-sastra.html
C. RUANG LINGKUP MATERI: MENULIS TERBATAS
1. Melengkapi unsur teks eksposisi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/cara-membuat-kalimat-simpulan-paragraf.html
2. Melengkapi unsur teks deskripsi Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/melengkapi-teks-deskripsi.html
3. Melengkapi unsur teks argumentasi Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/melengkapi-teks-argumentasi.html
4. Melengkapi unsur teks ulasan
5. Melengkapi teks prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/melengkapi-teks-prosedur.html
6. Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama) Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/melengkapi-larik-pantun.html
7. Menggabungkan kalimat (mengurutkan kalimat acak) Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/mengurutkan-kalimat-acak-menjadi.html
8. Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
a. Peribahasa Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/peribahasa-yang-tepat-sesuai-dengan.html
b. Ungkapan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/ungkapan-yang-sesuai-dengan-ilustrasi.html
D. RUANG LINGKUP MATERI: MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
1. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/kata-baku-dan-tidak-baku.html
2. Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf Klik http://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/09/pembahasan-soal-un-20162017-bahasa.html
3. Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
a. Kata berimbuhan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/melengkapi-paragraf-dengan-kata.html
b. Kata ulang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/menggunakan-kata-bentukan-kata-ulang.html
4. Mengisi dengan konjungsi yang sesuai Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/10/mengisi-paragraf-dengan-konjungsi-yang.html
5. Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/memperbaiki-kalimat-tidak-efektif.html
6. Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/alasan-kesalahan-kata-pembahasan-soal.html
E. RUANG LINGKUP MATERI: MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
1. Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas) Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/penulisan-judul-yang-benar.html
2. Menggunakan tanda baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/mengidentifikasi-kesalahan-penggunaan_2.html
3. Menggunakan ejaan
4. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/memperbaiki-kalimat-tidak-efektif.html
5. Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/11/kapan-tanda-koma-dipakai-dan-kapan.html
SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DAN PEMBAHASAN
BAHASA INDONESIA SMA/MA IPA/IPS
SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DAN PEMBAHASAN
BAHASA INDONESIA SMA/MA IPA/IPS
1. Cermatilah kutipan novel berikut ini!
“Belajar apaan?” Sam memandang Ali dengan pertanyaan.
“Belajar berbakti. Belajar berbakti kepada orang yang telah membesarkanku.”
“God wil angry if you not it, is’t it?”
Ali berdehem seraya tersenyum lebar, tetapi tampak seperti menahan galak tawa.” Ini mah kewajiban yang dapat dilakukan nanti.”
“And God will give you a heaven if you do it?”
“berbakti kepada orangtua mutlak harus dilakukan, Sam. Jasa orangtua tak terbalaskan sampai kapan pun.”
Kalimat resensi berupa kelemahan sesuai dengan kutipan novel tersebut adalah . . .
A. Novel ini sebagian menggunakan bahasa asing sehingga sulit memahami isi cerita .
B. Novel ini tidak disukai oleh pembaca karena banyak menggunakan bahasa asing.
C. Pengarang kurang jelas mendeskripsikan watak tokoh sehingga sulit dipahami.
D. Pembaca novel tidak tertarik membaca novel berbahasa canmpuran.
E. Novel ini tidak menggambarkan persahabatan dua remaja.
Cermati kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!
Bagi nenek, wibawa harus terus dijaga agar orang di luar griya mau menghargainya. Kenyataannya? Memang nenek bisa mengatur keluarga. Bahkan Ida Bagus Tugur, suaminya, takkan berkutik hanya dengan batuk kecil. Anehnya, nenek hanya pandai membaca kesalahan-kesalahan yang dibuat suaminya. Tapi dia tidak lihai membaca kesalahan anak kesayangannya, anak lelaki satu-satunya yang teramat dia kagumi dan terlalu sering membuat masalah itu.
2. Pendeskripsian watak tokoh nenek yang keras kepala dalam kutipan tersebut diungkapkan melalui . . .
A. situasi sekitar tokoh
B. gambaran fisik tokoh
C. tingkah laku tokoh
D. ungkapan tokoh lain
E. uraian pengarang
3. Pembuktian latar suasana tidak nyaman dalam kutipan tersebut adalah . . .
A. Nenek selalu mempermasalahkan suaminya.
B. Nenek selalu menjaga wibawanya.
C. Nenek tidak bisa mengatur keluarga.
D. Cucu nenek sering membuat masalah.
E. Suami nenek tidak berkutik dengan batuk kecil.
Cermati kutipan cepen berikut untuk menjawab soal nomor 4 dan 5! Satu jam berlalu, kami terdiam dan terhanyut dalam angan masing-masing. Persoalan yang kami hadapi saat ini benar-benar di luar batas kemampuan. Tapi aku yakin bahwa Tuhan tidak memberi cobaan melebihi kemampuan hamba-Nya. Namun, Ranti Istriku, tetap ngotot dan terus-menerus mendesakku. Kami masih tetap terdiam, aku berdiri dan berjalan ke sana-ke mari. “Jangan mondar-mandir, Mas, cepat cari jalan keluar, kepalaku rasanya mau copot, lagi pula persoalan ini tidak bisa menunggu, harus segera cari pinjaman karena kalau hujan turun dengan lebat takutmya rumah ini akan rubuh.”
4. Konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . .
A. saling ngotot tidak mau mengalah
B. istri tidak sabar
C. sulit mencari jalan keluar
D. butuh pinjaman uang
E. suami menyerah kepada keadaan
5. Keterkaitan isi cerpen dengan kehidupan sehari-hari adalah . . .
A. Suami biasanya tidak peduli dengan masalah rumah tangga.
B. Seorang istri menuntut suami untuk mencari penghasilan tambahan.
C. Istri lebih emosional dalam mengatasi permasalahan daripada suami.
D. Perlu pinjaman dana yang besar untuk memperbaiki rumah.
E. Selalu ada jalan bila kita berusaha untuk memperbaiki rumah yang rubuh.
Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7! Teks 1 Seorang kakek hidup serumah bersama anak, menantu, dan cucu berusia 6 tahun. Keluarga itu biasa makan malam bersama. Si kakek yang sudah pikun sering mengacaukan segalanya. Tangan bergetar dan mata rabunnya membuat kakek susah menyantap makanan. Sendok dan garpu kerap jatuh. Saat si kakek meraih gelas, sering susu tumpah membasahi taplak. Anak dan menantunya menjadi gusar. Suami-istri itu lalu menempatkan sebuah meja kecil di sudut ruangan, tempat sang kakek makan sendirian. Mereka memberikan mangkuk melamin yang tidak gampang pecah. Saat keluarga sibuk dengan piring masing-masing, sering terdengar ratap kesedihan dari sudut ruangan. Namun, suami-istri itu jusrtu mengomel agar si kakek tak menghamburkan makanan lagi.
Sang cucu yang berusia 6 tahun mengamati semua kejadian di dalam diam.
Suatu hari si ayah memerhatikan anaknya sedang membuat replika mainan kayu. “Sedang apa, Sayang?” tanya ayah pada anaknya. “Aku sedang membuat meja buat ayah dan ibu. Persiapan buat ayah dan ibu jika aku besar nanti.” Ayah anak kecil itu langsung terdiam. Ia berjanji dalam hati, mulai hari itu, kakek akan kembali diajak makan di meja yang sama. Tak kan ada lagi omelan saat piring jatuh, makan tumpah, atau taplak ternoda kuah.
Teks 2
Di kantin sebuah universitas, Udin dan Tono, dua orang mahasiswa sedang berbincang-bincang.
“Saya heran pada dosen ilmu politik, kalau ngajar selalu duduk, tidak pernah mau berdiri,” kata Tono kepada Udin. Udin ogah-ogahan menjawab pertanyaan Tono. Udin beranggapan bahwa masalah yang dibicarakan Tono itu tidak penting. Namun, Tono tetap meminta agar Udin mau menerka teka-tekinya. “Barangkali saja, beliau capek atau kakinya tidak kuat berdiri,” jawab Udin merasa jengah. Ternyata jawaban Udin masih juga salah. Menurut Tono, dosen yang juga pejabat itu tidak bersedia berdiri sebab takut kursinya diambil orang lain.” Mendengar pernyataan Tono, Udin menanyakan apa hubungan antara menjadi dosen dan pejabat.
“Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya diduduki orang lain.” ungkap Tono.
Sang cucu yang berusia 6 tahun mengamati semua kejadian di dalam diam.
Suatu hari si ayah memerhatikan anaknya sedang membuat replika mainan kayu. “Sedang apa, Sayang?” tanya ayah pada anaknya. “Aku sedang membuat meja buat ayah dan ibu. Persiapan buat ayah dan ibu jika aku besar nanti.” Ayah anak kecil itu langsung terdiam. Ia berjanji dalam hati, mulai hari itu, kakek akan kembali diajak makan di meja yang sama. Tak kan ada lagi omelan saat piring jatuh, makan tumpah, atau taplak ternoda kuah.
Teks 2
Di kantin sebuah universitas, Udin dan Tono, dua orang mahasiswa sedang berbincang-bincang.
“Saya heran pada dosen ilmu politik, kalau ngajar selalu duduk, tidak pernah mau berdiri,” kata Tono kepada Udin. Udin ogah-ogahan menjawab pertanyaan Tono. Udin beranggapan bahwa masalah yang dibicarakan Tono itu tidak penting. Namun, Tono tetap meminta agar Udin mau menerka teka-tekinya. “Barangkali saja, beliau capek atau kakinya tidak kuat berdiri,” jawab Udin merasa jengah. Ternyata jawaban Udin masih juga salah. Menurut Tono, dosen yang juga pejabat itu tidak bersedia berdiri sebab takut kursinya diambil orang lain.” Mendengar pernyataan Tono, Udin menanyakan apa hubungan antara menjadi dosen dan pejabat.
“Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya diduduki orang lain.” ungkap Tono.
6. Persamaan kedua teks cerita tersebut adalah . . .
A. menggunakan sudut pandang orang ketiga
B. menguraikan watak tokoh kakek dan dosen yang lugu
C. konflik tentang masa depan tokoh kakek dan dosen
D. latar cerita di rumah tokoh utama
E. tema cerita tentang kesabaran tokoh
7. Ringkasan isi cerita pada teks 2 adalah . . .
A. Di kantin sebuah universitas, Udin dan Tono dua orang mahasiswa sedang berbincang-berbincang.
B. Mendengar pertanyaan Tono, Udin menanyakan apa hubungan antara menjadi dosen, kalau dia tidak mau berdiri saat mengajar.
C. Teka-teki Tono tentang dosen Udin yang enggan berdiri kalau sedang mengajar di kelas Tono.
D. Udin menerka teka-teki Tono, bahwa dosennya barangkali saja capek atau kakinya tidak kuat berdiri.
E. Tono meminta agar Udin menerka teka-tekinya tentang sebab dosen ilmu politiknya yang kalau mengajar selalu duduk.
Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9! (1) Matahari sedang mencium lembah-lembah gunung ketika aku terbangun di pagi itu. (2) Aku terpaku menikmati pemandangan desa yang sungguh menawan, takkan kutemukan semua ini di hiruk pikuknya kota. (3) penduduk desa yang masih bersahaja, saling senyum dan bertegur sapa. (4) Mereka bersama-sama turun ke sungai. (5) Sungai yang airnya masih jernih, jauh dari tercemar.
9. Nilai sosial dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . .
A. Pemandangan alam desa yang sangat indah di pagi hari.
B. Pegunungan yang masih diselimuti awan.
C. Kehidupan desa yang bersahaja dengan penduduknya yang ramah.
D. Sungai-sungai di desa yang masih jauh dari pencemaran.
E. Hiruk pikuk kota yang tidak ditemukan di desa.
10. Cermati teks berikut!
Manchester kaya akan museum. Salah satunya adalah Imperial War Museum North yang berhasil mengalahkan daya tarik Museum London dengan dukungan teknologi interaktifnya. Sementara itu, Manchester Art Gallery yang baru-baru ini mengalami pemugaran dan perluasan hampir dua kali lipat luas sebelumnya, dikenal dengan karya-karya seni Pra-Raphaclite, seni dekoratif seperti kaca, perkakas logam, porselen, perak, dan perabot lainnya. Hal terbaru yang membuat fenomena museum di Manchester makin kuat adalah dibukanya Museum Sepak bola Nasional. Bangunan kaca segitiga ini menyimpan koleksi seragam sepak bola hingga Piala Dunia yang ditandatangani serta memorabilia lainnya. Tapi keunggulan utamanya adalah dalam menjelaskan sejarah sepak bola dan pentingnya sepak bola di mata penggemarnya.
Penilaian terhadap isi teks tersebut adalah . . .
A. Manchester adalah sebuah kota yang dipenuhi dengan museum yang mempunyai sejarah bertaraf internasional dari berbagai bidang.
B. Manchester memang terkenal dengan aspek sepak bolanya yang dipelopori oleh kesebelasan terkenal Manchester United.
C. Meskipun namanya Museum Sepak Bola Nasional, tetapi isinya adalah sejarah sepak bola dan kesebelasan sepak bola sedunia.
D. Perluasan dan pemugaran museum sebagai sarana pengetahuan mutlak diperlukan bila sebuah negara ingin diakui negara lain.
E. Kecuali museum seni dan museum olahraga, Manchester juga memiliki museum perang yang sangat lengkap melebihi museum di London.
Cermati kutipan tajuk rencana untuk menjawab soal nomor 11 dan 12!
Harga BBM resmi dinaikkan sebesar dua ribu rupiah pada Senin, 17 November 2014. Kenaikan BBM ini memicu reaksi dari banyak pihak. Kenaikan BBM ini otomatis memengaruhi seluruh harga yang ada di masyarakat, mulai dari harga sembako hingga tarif angkutan umum. Bukan hanya para ibu rumah tangga yang merasakan dampak kenaikan BBM tersebut, pedagang hingga para pelajar pun merasakan efek dari kenaikannya. Ibu rumah tangga kini harus pandai-pandai mengatur keuangan keluarga agar tetap cukup hingga akhir bulan dengan kondisi harga yang semakin mencekik. Para pelajar pun, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun yang menggunakan angkutan umum untuk ke sekolah, harus mulai mengirit uang jajan mereka.
Kenaikan BBM memang telah tersebar luas. Hal tersebut membuat masyarakat menjadi resah dan mengambil tindakan dengan cara menaikkan harga sembako. Saat BBM naik, aksi protes dari mahasiswa pun tak dapat ditahan lagi.
11. Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah . . .
A. Kenaikan BBM memicu keresahan banyak pihak.
B. Ibu rumah tangga yang merasakan dampak kenaikan BBM.
C. Harga BBM resmi dinaikkan sebesar dua ribu rupiah.
D. Aksi protes dari mahasiswa pun tak dapat ditahan lagi.
E. Kenaikan BBM mesti disadari demi kesejahterahan rakyat.
12. Keberpihakan penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut kepada . . .
A. ibu rumah tangga
B. pelajar.
C. pemerintah.
D. masyarakat.
E. pedagang.
13. Cermati kutipan biografi!
Januari 1935, Hatta dan kawan-kawannya tiba di Tanah Merah, Boven Digoel (Papua). Desember 1935, Kapten Wiarda, pengganti van Langen, memberitahukan bahwa tempat pengasingan Hatta dan Sjahrir dipindah ke Bandaneira. Januari 1936 keduanya berangkat ke Bandaneira. Mereka bertemu Dr. Tjipto Mangunkusumo dan Mr. Iwa Kusumasumantri. Di Bandaneira, Hatta dan Sjahrir dapat bergaul bebas dengan penduduk setempat dan memberi pelajaran kepada anak-anak setempat dalam bidang sejarah, tata buku, politik, dan lain-lain.
Hal yang dapat diteladani dari tokoh Hatta dalam kutipan tersebut adalah . . .
A. Bersama kawan-kawannya pergi ke Tanah Merah.
B. Pindah dari Boven ke Bandaneira Januari 1936.
C. Bertemu Dr. Tjipto Mangkunkusumo di Bandaneira.
D. Bergaul bebas bersama penduduk di mana pun berada.
E. Memberi pelajaran kepada anak-anak di Bandaneira.
14. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
Kalimat utama: memotret manusia adalah sebuah seni tertinggi dalam fotografi.
Kaliamat penjelas :
(1) Diperlukan kamera khusus yang harganya mahal karena kamera tersebut mempunyai ketajaman fokus yang baik.
(2) Dalam foto jurnalis, memotret manusia memerlukan waktu dan sudut pemotretan yang sesuai.
(3) Ada waktu yang tidak bisa ditawar saat menekan tombol rana untuk merekam ekspresi atau gestur tubuh yang khas.
(4) Ada sudut pemotretan tertentu untuk merekam manusia dengan sebaik-baiknya sesuai rencana pemotretan.
(5) Memotret manusia hendaknya memotret model yang cantik atau tampan dan menyesuaikan dengan situasi.
Kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama terdapat pada nomor . . . A. (1), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 15 s.d. 17! (1) Udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen. (2) kadar tersebut harus tetap terpelihara. (3) Namun setiap tahun, dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk menggerakan roda perindustriannya. (4) kalau dituliskan dalam bilangan nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menit yang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. (5) meskipun bilangan itu cukup besar, keadaan itu belum sampai membuat kita sesak nafas.
15. Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
16. Tujuan penulisan paragraf tersebut adalah . . .
A. Mengimbau agar perindurtrian menjaga keseimbangan penggunaan oksigen.
B. Menggambarkan betapa besar penggunaan oksigen oleh industri.
C. Menginformasikan kebutuhan jumlah oksigen yang oleh perindustrian.
D. Mengingatkan perindustrian agar menghemat oksigen.
E. Menginformsikan bahwa perindustrian telah boros dalam penggunaan oksigen.
17. Kata tidak baku paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
18. Cermati paragraf berikut! (1) Lagi-lagi gaya hidup yang tidak sehat dituduh sebagai salah satu biang keladi menurunnya fungsi otak. (2) kebiasaan makan makanan yang salah dapat disebut sebagai contoh. (3) Apalagi, maraknya makanan yang “enak-enak” berkadar gula, garam, dan lemak tinggi yang dijajakan membuat kita kerap tak kuasa menahan diri. (4) Hal ini dapat kita lakukan dengan pengecekan gula darah, kadar asam urat, dan tensi ke laboratorium. (5) akibatnya, aliaran darah ke otak terhambat oleh pengerasan dan penyempitan pembuluh darah.
Kalimat tidak padu pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Cermati paragraf berikut ini untuk menjawab soal nomor 19 dan 20!
Satuan paling utama dalam sistem metrik adalah meter. Satuan panjang ini adalah satu persepuluh juta jarak antara jarak antara Paris dan Kutub Utara. Pada abad ke-20, meter, sejalan dengan pengukuran-pengukuran lainnya dalam satu sistem metrik, telah diperbaharui sehingga cukup akurat untuk pengukuran ilmiah yang sangat cermat. Sekarang meter didefinisikan dalam ukuran gelombang-geolombang dari jenis sinar laser tertentu.
19. Kata ini yang bercetak miring merujuk pada kata . . .
A. meter
B. metrik
C. satuan
D. utama
E. sistem
20. Kalimat kesimpulan yang sesuai paragraf tersebut adalah...
A. Selain itu, meter digunakan untuk mengukur satu persepuluh jarak tempat tertentu.
B. Dapat dikatakan, sistem metrik sejalan dengan pengukuran lainnya dalam satu sistem metrik.
C. Oleh sebab itu, meter digunakan sebagai satuan paling utama dalam sistem metrik.
D. Jadi, metrik yang telah diperbaharui pada abad ke-20 sudah cukup akurat dan cermat.
E. Akibatnya, meter didefinisikan dalam ukuran gelombang untuk jenis sinar laser tertentu. .
Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 21 s.d 23 Pemerintah kota (Pemkot) Salatiga bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan PT Pertamina MOR IV berkoordinasi terkait penambahan stok hingga dua kali lipat elpiji tiga kilogram pada Juni 2016. Upaya tersebut sebagai langkah antisipasi dini supaya tidak terjadi kelangkaan elpiji di Kota Salatiga. Selama Ramadan hingga menjelang Lebaran diperkirakan kelangkaan elpiji tidak akan terjadi. Bulan sebelumnya, stok elpiji melon di Kota Salatiga hanya 2.240 tabung. Per Juni 2016 stok elpiji tiga kilogram bertambah menjadi 4.480.
21. Ide pokok paragraf tersebut adalah . . .
A. kerjasama pemerintah Salatiga dengan Pemprov Jawa Tengah
B. upaya menggulangi kelangkaan elpiji di Kota Salatiga
C. stok elpiji di Kota Salatiga
D. penambahan stok elpiji per Juni 2016
E. stok elpiji melon di Kota Salatiga
22. Makna kata bercetak miring pada paragraf tersebut adalah perhitungan . . .
A. tentang hal-hal yang belum terjadi.
B. tentang hal-hal yang sudah terjadi.
C. rata-rata yang terjadi.
D. rata-rata setiap bulan.
E. permintaan yang akan datang.
23. Bagaimana Kota Salatiga mengantisipasi kelangkaan elpiji menjelang lebaran . . .
A. Stok elpiji ditambah dua kali lipat di Pemprov Jawa Tengah.
B. Mulai Juni 2016 stok elpiji di Kota Salatiga akan ditambah dua kali lipat.
C. Pemesan elpiji pemerintah Salatiga ditambah dua kali lipat.
D. Pemerintah bekerja sama dengan pemasok.
E. Mengurangi penggunanaan elpiji di lingkungan rumah tangga.
Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 24 dan 25! Ayah mengamatiku dari atas ke bawah. Ia berdiri dari kursi tempat duduknya, lalu berkata, “Kau adalah tangan kananku, Nak! Raihlah bintang di langit sana saat masih muda. Jangan hanya genjrang-genjring di sepanjang hari, heh?”
aku tidak tahu mengapa kau buang waktumu dengan sia-sia. Ayah meraih dan merenggut gitar dari tanganku. Lalu melempar gitarku ke gudang perkakas lainnya.
aku tidak tahu mengapa kau buang waktumu dengan sia-sia. Ayah meraih dan merenggut gitar dari tanganku. Lalu melempar gitarku ke gudang perkakas lainnya.
24. Makna kata bintang pada kutipan tersebut adalah melambangkan . . .
A. bekerja sangat keras
B. cita-cita yang tinggi
C. kesuksesan belajar
D. kemuliaan tujuan
E. keindahan hidup
25. Maksud kelompok kata tangan tangan dalam kutipan tersebut adalah . . .
A. orang kepercayaan
B. tangan sebelah kanan
C. pembawa bahagia
D. seorang penyelamat
E. tangan yang kuat
PEMBAHASAN LENGKAP SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50
Sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun 2019, berikut disajikan pembahasan lengkap soal UN tahun 2017/2018 nomor 1-50 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA. Pembahasan soal tersebut dapat dibaca pada tautan-tautan sebagai berikut. Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-lengkap-soal-un-tahun.html
Kisi-Kisi/Materi, Soal, dan Pembahasan Soal UN Tahun 2018
1. Kalimat Resensi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa.html
2. Pendeskripsian Watak Tokoh Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018.html
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kuncijawaban-e-pembahasan-menurutkbbi.html
4. Konflik dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-smama.html
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-20172018-dan-pembahasan-mapel.html
6. Persamaan Dua Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/soal-un-smama-tahun-pelajaran-20172018.html
7. Ringkasan Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/kunci-jawaban-soal-un-tahun-pelajaran.html
8. Kalimat Bermajas Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran.html
9. Nilai dalam Cerpen Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
10.: Penilaian terhadap Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-tahun-pelajaran_19.html
11. Opini Penulis dalam Tajuk Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk Rencana Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
13. Keteladanan Tokoh dalam Biografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_33.html
14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_27.html
15. Kalimat Fakta Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_70.html
16. Tujuan Penulis Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_28.html
17. Kata Tidak Baku Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_99.html
18. Kalimat Tidak Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_56.html
19. Kata Rujukan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_68.html
20. Kalimat Simpulan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_34.html
21. Menentukan ide pokok paragraf Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_29.html
22. Makna Kata/Istilah Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38.html
23. Jawaban dari Pertanyaan Sesuai Isi Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_25.html
24. Makna Kata Lambang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/08/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
25. Makna Ungkapan dalam Teks Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_2.html
27. Memperbaiki Kata Tidak Baku Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_3.html
28. Alasan Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_4.html
29. Penulisan Nama Geografi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_5.html
30. Pengembangan Topik Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-smama.html
31. Perbaikan Penulisan Kata Ulang Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
32. Penulisan Judul Karangan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-smama-bahasa.html
33. Kalimat Esai Sesuai Kutipan Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_12.html
34. Melengkapi Teks dengan Kata Berimbuhan Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
35. Melengkapi Teks Drama Klik http://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/melengkapi-teks-drama.html
36. Menentukan Amanat Cerita Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_14.html
37. Melengkapi Pantun Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_18.html
38. Kalimat Argumen untuk Mendukung Kalimat Pendapat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_19.html
39. Kalimat Kesepakatan dalam Teks Negosiasi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa_19.html
40. Memperbaiki Kalimat Tidak Efektif Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/09/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa_19.html
41. Maksud Isi Gurindam Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasaan-soal-un.html
42. Kalimat Simpulan Akibat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia.html
43. Memperbaiki Penulian Kata Serapan yang Tidak Tepat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un.html
44. Melengkapi Paragraf dengan Konjungsi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-20172018.html
45. Memvariasikan Kalimat Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/contoh-soal-dan-pembahasan.html
46. Melengkapi Teks Prosedur Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-20172018-bahasa.html
47. Melengkapi Paragraf Deskripsi Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia_23.html
48. Perbaikan Kalimat Tidak Efektif dan Alasan Perbaikan Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/pembahasan-soal-un-tahun-2018-smama.html
49. Mengurutkan Kalimat Acak Menjadi Paragraf Padu Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_31.html
50. Melengkapi Paragraf dengan Peribahasa Klik https://zuhriindonesia.blogspot.com/2018/10/zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_23.html
PERSIAPAN UN 2019 SMA/MA: KISI-KISI, SOAL, PEMBAHASAN, DAN RINGKASAN MATERI UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA PROGRAM IPA/IPS
Reviewed by MCH
on
September 05, 2018
Rating:
No comments: