Materi Kuliah Perilaku dalam Organisasi
Pertemuan 1 Studi Tentang Organisasi
Pengertian organisasi adalah kesungguhan yang memungkinkan masyarakat untuk mencapai prestasi yang tidak dapat dicapai dengan bertindak sendiri secara individual
PPT Preview | Download
Pertemuan 2 Proses Perilaku Individu
Variabel-variabel yang mempengaruhi perilaku individu:
- Sikap
- Persepsi
- Kepribadian
- Pembelajaran
- Penghubungan
- Kemampuan
PPT Preview | Download
Pertemuan 1 Studi Tentang Organisasi
Pengertian organisasi adalah kesungguhan yang memungkinkan masyarakat untuk mencapai prestasi yang tidak dapat dicapai dengan bertindak sendiri secara individual
PPT Preview | Download
Pertemuan 2 Proses Perilaku Individu
Variabel-variabel yang mempengaruhi perilaku individu:
- Sikap
- Persepsi
- Kepribadian
- Pembelajaran
- Penghubungan
- Kemampuan
PPT Preview | Download
Pertemuan 3 Proses Pengambilan Keputusan dan Karir
Karir adalah suatu deretan posisi yang diduduki oleh seseorang selama perjalanan usianya.
Efektifitas karir adalah batas dimana rangkaian dari sikap karir dan perilaku yang memuaskan seorang individu
1. Prestasi Karir
2. Sikap Karir
3. Kemampuan Adaptasi Karir
4. Identitas Karir
PPT Preview | Download
Karir adalah suatu deretan posisi yang diduduki oleh seseorang selama perjalanan usianya.
Efektifitas karir adalah batas dimana rangkaian dari sikap karir dan perilaku yang memuaskan seorang individu
1. Prestasi Karir
2. Sikap Karir
3. Kemampuan Adaptasi Karir
4. Identitas Karir
PPT Preview | Download
Pertemuan 4 Nilai, Sikap dan Kepuasan Kerja
Nilai mencerminkan keyakinan-keyakinan dasar bahwa bentuk khusus perilaku atau bentuk akhir keberadaan secara pribadi atau social lebih dipilih dibandingkan dengan bentuk perilaku atau bentuk akhir keberadaan perlawanan atau sebaliknya. (Rokeah:1973)
Sikap merupakan kumpulan perasaan, keyakinan, dan kecenderungan perilaku yg relatif stabil terhadap objek, orang atau institusi tertentu
Sikap adalah peryataan evaluatif baik yang menguntungkan atau tidak menguntungkan mengenai objek, orang, atau peristiwa Sikap mencerminkan bagaimana seseorang merasakan sesuatu.(Robin, 2007).
Kepuasan kerja adalah suatu efektivitas atau respon emosional terhadap berbagai aspek pekerjaan. Kepuasan bukanlah suatu konsep tunggal, sebaliknya, seseorang dapat relatif puas dengan suatu aspek dari pekerjaannya dan tidak puas dengan salah satu atau lebih aspek lainnya. (Kreitner dan Kinicki 2004)
PPT Preview | Download
Pertemuan 5 Teori Motivasi
Keinginan untuk menggunakan usaha tingkat tinggi dalam mencapai tujuan organisasi, yang dikondisikan oleh usaha untuk memuaskan beberapa kebutuhan individu
PPT Preview | Download
Nilai mencerminkan keyakinan-keyakinan dasar bahwa bentuk khusus perilaku atau bentuk akhir keberadaan secara pribadi atau social lebih dipilih dibandingkan dengan bentuk perilaku atau bentuk akhir keberadaan perlawanan atau sebaliknya. (Rokeah:1973)
Sikap merupakan kumpulan perasaan, keyakinan, dan kecenderungan perilaku yg relatif stabil terhadap objek, orang atau institusi tertentu
Sikap adalah peryataan evaluatif baik yang menguntungkan atau tidak menguntungkan mengenai objek, orang, atau peristiwa Sikap mencerminkan bagaimana seseorang merasakan sesuatu.(Robin, 2007).
Kepuasan kerja adalah suatu efektivitas atau respon emosional terhadap berbagai aspek pekerjaan. Kepuasan bukanlah suatu konsep tunggal, sebaliknya, seseorang dapat relatif puas dengan suatu aspek dari pekerjaannya dan tidak puas dengan salah satu atau lebih aspek lainnya. (Kreitner dan Kinicki 2004)
PPT Preview | Download
Pertemuan 5 Teori Motivasi
Keinginan untuk menggunakan usaha tingkat tinggi dalam mencapai tujuan organisasi, yang dikondisikan oleh usaha untuk memuaskan beberapa kebutuhan individu
PPT Preview | Download
Pertemuan 6 Aplikasi Motivasi
Teori Proses Motivasi adalah teori yang menjelaskan dan menganalisa proses dimana perilaku dikumpulkan, diarahkan, ditahan dan dihentikan.
PPT Preview | Download
Pertemuan 7 Evaluasi dan Imbalan
PPT Preview | Download
Pertemuan 8 Perilaku Kelompok
Kelompok adalah kumpulan yang terdiri dari dua individu atau lebih yang berinteraksi dan saling bergantungan, yang saling bergabung untuk mencapai tujuan tertentu
PPT Preview | Download
Teori Proses Motivasi adalah teori yang menjelaskan dan menganalisa proses dimana perilaku dikumpulkan, diarahkan, ditahan dan dihentikan.
PPT Preview | Download
Pertemuan 7 Evaluasi dan Imbalan
PPT Preview | Download
Pertemuan 8 Perilaku Kelompok
Kelompok adalah kumpulan yang terdiri dari dua individu atau lebih yang berinteraksi dan saling bergantungan, yang saling bergabung untuk mencapai tujuan tertentu
PPT Preview | Download
Pertemuan 9 Komunikasi Organisasi
Komunikasi merupakan proses mengirim dan menerima simbol-simbol yang memiliki arti dalam rangka pertukaran informasi agar terjadi saling pengertian antara dua orang atau lebih.
PPT Preview | Download
Pertemuan 10 Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah kemampuan mempengaruhi orang-orang dan menyediakan tempat kepada mereka untuk mencapai tujuan organisasi
PPT Preview | Download
Pertemuan 11 Kekuasaan Politik
Kemampuan untuk menyuruh seseorang untuk melakukan sesuatu dalam cara yang sesuai dengan apa yang diinginkannya. atau kemampuan untuk mempengaruhi pengaruh merupakan aplikasi dari kekuasaan (power in action)
PPT Preview | Download
Komunikasi merupakan proses mengirim dan menerima simbol-simbol yang memiliki arti dalam rangka pertukaran informasi agar terjadi saling pengertian antara dua orang atau lebih.
PPT Preview | Download
Pertemuan 10 Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah kemampuan mempengaruhi orang-orang dan menyediakan tempat kepada mereka untuk mencapai tujuan organisasi
PPT Preview | Download
Pertemuan 11 Kekuasaan Politik
Kemampuan untuk menyuruh seseorang untuk melakukan sesuatu dalam cara yang sesuai dengan apa yang diinginkannya. atau kemampuan untuk mempengaruhi pengaruh merupakan aplikasi dari kekuasaan (power in action)
PPT Preview | Download
Pertemuan 12 Konflik dan Negoisasi
Konflik adalah situasi di mana dua orang atau lebih menunjukkan ketidaksetujuan terhadap isu yang berkembang dalam organisasi, situasi yang menunjukkan antagonisme di antara satu dengan yang lain.
PPT Preview | Download
Pertemuan 13 Budaya Organisasi
Budaya organisasi adalah suatu wujud anggapan yang dimiliki, diterima secara implisit oleh kelompok dan menentukan bagaimana kelompok tersebut merasakan, memikirkan dan bereaksi terhadap lingkungannya yang beraneka ragam. (Kreitner dan Kinicky, 2001 : 68)
PPT Preview | Download
Pertemuan 14 Perubahan dan Pengembangan Organisasi
Perubahan dapat berupa perubahan yang radikal yaitu perubahan yang dapat merubah komponen sistem dalam organisasi dan perubahan incremental yaitu perubahan yang terjadi terus menerus dan dampaknya kecil karena merupakan perubahan yang biasa dalam sebuah organisasi (Wood J., Wallace J., Zeffane, R.M., Schermerhon, 2001)
Perubahan keorganisasian (organizational change) merupakan tindakan beralihnya sesuatu organisasi dari kondisi yang berlaku kini, ke kondisi masa yang akan datang yang diinginkan guna meningkatkan efektivitasnya (Winardi, 2003)
Menurut Kurt Lewin dalam Coram & Bernard (2001) perubahan organisasi merupakan suatu proses yang sistematis yakni perubahan dari sebuah topik yang hanya menarik untuk beberapa akademisi dan praktisi menjadi sesuatu topik yang menarik untuk para eksekutive perusahaan untuk kelangsungan hidup organisasi.
PPT Preview | Download
Konflik adalah situasi di mana dua orang atau lebih menunjukkan ketidaksetujuan terhadap isu yang berkembang dalam organisasi, situasi yang menunjukkan antagonisme di antara satu dengan yang lain.
PPT Preview | Download
Pertemuan 13 Budaya Organisasi
Budaya organisasi adalah suatu wujud anggapan yang dimiliki, diterima secara implisit oleh kelompok dan menentukan bagaimana kelompok tersebut merasakan, memikirkan dan bereaksi terhadap lingkungannya yang beraneka ragam. (Kreitner dan Kinicky, 2001 : 68)
PPT Preview | Download
Pertemuan 14 Perubahan dan Pengembangan Organisasi
Perubahan dapat berupa perubahan yang radikal yaitu perubahan yang dapat merubah komponen sistem dalam organisasi dan perubahan incremental yaitu perubahan yang terjadi terus menerus dan dampaknya kecil karena merupakan perubahan yang biasa dalam sebuah organisasi (Wood J., Wallace J., Zeffane, R.M., Schermerhon, 2001)
Perubahan keorganisasian (organizational change) merupakan tindakan beralihnya sesuatu organisasi dari kondisi yang berlaku kini, ke kondisi masa yang akan datang yang diinginkan guna meningkatkan efektivitasnya (Winardi, 2003)
Menurut Kurt Lewin dalam Coram & Bernard (2001) perubahan organisasi merupakan suatu proses yang sistematis yakni perubahan dari sebuah topik yang hanya menarik untuk beberapa akademisi dan praktisi menjadi sesuatu topik yang menarik untuk para eksekutive perusahaan untuk kelangsungan hidup organisasi.
PPT Preview | Download
Materi Kuliah Perilaku dalam Organisasi
Reviewed by MCH
on
September 29, 2018
Rating:
No comments: