banner image
Sedang Dalam Perbaikan

KISI-KISI UJI COBA UN 2017/2018 SMK/MAK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


KISI-KISI  SOAL UJI COBA UJIAN NASIONAL 2017/2018 SMK/MAK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Yth. Bapak/Ibu Guru dan Siswa SMK kelas XII yang berbahagia,

Dalam rangka persiapan Ujian Nasional (UN)  tahun pelajaran 2017/2018, berikut disajikan kisi-kisi soal uji coba UN 2018 yang berisi materi dan prediksi pokok-pokok soal UN 2018.

Kisi-kisi berikut dikembangkan secara mandiri berdasarkan kisi-kisi UN 2017/2018 dari BSNP. Kisi-kisi ini dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan soal latihan atau soal uji coba UN.

Bagi siswa, kisi-kisi ini dapat digunakan sebagai acuan mempelajari materi-materi atau pokok bahasan sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional tahun 2018, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia

KISI-KISI  SOAL UJI COBA UJIAN NASIONAL SMK/MAK

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

TAHUN PELAJARAN 2017/2018

(Disusun berdasarkan kisi-kisi UN 2017/2018 SMK/MAK dari BSNP)

No.
Aspek
Level Kognitif
Indikator Materi
Indikator Soal
No.
1
Membaca  Nonsastra
Pengetahuan dan Pemahaman
-   Mengidentifi-kasi
-   Memaknai
-   Menentukan
Memaknai kata/istilah
Disajikan kalimat, siswa mampu menentukan makna kata/istilah dalam kalimat dengan tepat
1.       

Menentukan informasi tersurat teks
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan tepat.
2.       

Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi kalimat  fakta dalam teks dengan tepat
3.       
Disajikan teks negosiasi,  siswa mampu menentukan isi teks dengan tepat
4.       
Disajikan teks biografi, siswa mampu mengidentifikasi pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan tepat
5.       
Disajikan teks dalam bentuk tabel /matriks, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai isi tabel/matriks dengan tepat
6.       
Menentukan bagian teks
Disajikan teks , siswa mampu menentukan bagian tertentu pada teks dengan tepat
7.       
Aplikasi
-   Menangkap informasi eksplisit
-   Menginterpretasikan
-   Menangkap informasi implisit
-   Menggunakan

Menentukan ide pokok
Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan ide pokok  paragraf dengan tepat.

8.       

Menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra (tujuan, maksud kalimat, pandangan penulis, keberpihakan, sebab –akibat)
Disajikan teks editorial, siswa mampu menentukan pernyataan yang merupakan opini penulis pada teks tersebut dengan tepat
9.       
Disajikan teks editorial, siswa mampu menentukan keberpihakan pada teks editorial dengan tepat.
10.   
Disajikan teks anekdot, siswa mampu menentukan maksud teks dengan tepat
11.   
Disajikan kutipan teks, siswa mampu menyimpulkan kalimat yang menyatakan hubungan sebab-akibat
12.   
Menemukan inti kalimat
Disajikan kalimat majemuk bertingkat, siswa mampu menentukan inti kalimat dengan tepat
13.   

Penalaran
-     Menunjukkan bukti
-     Membandingkan
-     Menanggapi/mengomentari
-     Merefleksi
-     Mengevaluasi

membuat ringkasan teks
Disajikan teks, siswa mampu menentukan ringkasan teks dengan tepat
14.   
Mengomentari pendapat yang terdapat pada teks
Disajikan penggalan teks, siswa mampu menentukan pernyataan yang merupakan tanggapan logis terhadap isi teks dengan tepat
15.   

menunjukkan bukti dari simpulan
Disajikan teks, siswa dapat menentukan bukti dari simpulan pada teks dengan tepat dengan tepat
16.   
menunjukkan hubungan antarbagian teks
Disajikan teks, siswa mampu menunjukkan hubungan antarbagian teks dengan tepat
17.   

2
Membaca Sastra
Pengetahuan dan Pemahaman
-   Mengidentifi-kasi
-   Memaknai
-     Menentukan
menentukan kata yang bermakna/majas/ kias dalam karya sastra
Disajikan kutipan cerpen , siswa mampu menentukan jenis majas yang terdapat dalam kutipan dengan tepat
18.   
Disajikan kutipan teks , siswa mampu menentukan makna ungkapan dalam kutipan denga tepat.
19.   
Disajikan kutipan teks , siswa mampu menentukan makna peribahasa dalam kutipan denga tepat.
20.   
Mengidentifikasi unsur karya sastra
Disajikan kutipan novel, siswa mampu menentukan unsur intrinsik yang dominan  pada kutipan dengan tepat
21.   

Aplikasi
-   Menangkap informasi eksplisit
-   Menginterpretasikan
-   Menangkap informasi implisit
-   Menggunakan

menentukan isi tersurat dalam karya sastra
Disajikan kutipan cerita, siswa mampu menentukan latar dalam cerita  dengan tepat.
22.   
menyimpulkan isi tersirat dalam karya sastra
Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan watak tokoh dalam kutipan tersebut dengan tepat
23.   
Disajikan teks pantun, siswa mampu menentukan tema pantun dengan tepat.
24.   
Disajikan kutipan novel, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat.
25.   
Penalaran
-     Menunjukkan bukti
-     Membandingkan
-     Menanggapi/mengomentari
-     Merefleksi
-     Mengevaluasi
i

Menganalisis hubungan antarunsur
Disajikan teks sastra, siswa mampu menentukan hubungan antarunsur (misalnya latar dan watak tokoh) dalam teks dengan tepat
26.   
menentukan bukti watak, setting
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat yang membuktikan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan tepat.
27.   
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan tepat.
28.   
Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
Disajikan penggalan novel, siswa mampu mengaitkan isi novel dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
29.   
Disajikan penggalan cerpen, siswa mampu mengaitkan isi cerpen dengan kehidupan masa kini dengan tepat.
30.   
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Disajikan teks resensi karya film, siswa menentukan keunggulan film dengan tepat
31.   
Disajikan teks resensi karya film, siswa menentukan kelemahan film dengan tepat
32.   
Membandingkan pola karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (cerpen), siswa mampu membandingkan perbedaan isi (nilai) dua kutipan dengan tepat.
33.   
Disajikan kutipan novel, siswa mampu membandingkan perbedaan penggunaan bahasa dua kutipan dengan tepat
34.   

meringkas isi karya sastra
Disajikan kutipan teks cerpen/novel, siswa mampu meringkasi isi kutipan teks dengan tepat
35.   
3
Menulis Terbatas
Pengetahuan dan Pemahaman
-   Mengidentifi-kasi
-   Memaknai
-     Menentukan
melengkapi dengan kata/istilah yang tepat sesuai konteks
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan kata/istilah dengan tepat.
36.   
Aplikasi
-       -Menangkap informasi eksplisit
-       -Menginterpretasikan
-       -Menangkap informasi implisit
-       -Menggunakan

melengkapi unsur teks (eksposisi, negosiasi, deskripsi, biografi)
Disajikan teks biografi, siswa mampu melengkapi teks dengan kata/kalimat yang tepat
37.   
Disajikan teks negosiasi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi teks tersebut dengan tepat
38.   

Disajikan penggalan teks eksposisi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan tepat.
39.   

Disajikan teks deskripsi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi teks tersebut dengan tepat
40.   
melengkapi unsur karya sastra lama (pantun)
Disajikan teks pantun yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan larik yang tepat
41.   

melengkapi unsur ulasan
Disajikan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi teks dengan unsur yang tepat
42.   

melengkapi unsur teks prosedur (langkah)
Disajikan penggalan paragraf yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
43.   

Penalaran
-     Menunjukkan bukti
-     Membandingkan
-     Menanggapi/mengomentari
-     Merefleksi
-     Mengevaluasi


Mengurutkan peristiwa dalam cerita
Disajikan empat kalimat acak berisi peristiwa dalam cerpen, siswa mampu mengurutkan kalimat acak tersebut dengan tepat
44.   
Mengurutkan langkah-langkah dalam teks prosedur/petunjuk
Disajikan empat kalimat acak teks prosedur, siswa mampu menentukan urutan yang tepat untuk menjadi paragraf yang padu
45.   
Memvariasikan kata (sinonim)
Disajikan sebuah paragraf dengan satu kata bercetak miring, siswa dapat memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat.
46.   
Memvariasikan kalimat
Disajikan sebuah paragraf dengan kalimat bernomor, siswa dapat memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bernomor tertentu dengan tepat.
47.   

Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, siswa dapat menentukan peribahasa yang tepat sesuai dengan ilustrasi kejadian.
48.   

menyusun paragraf dari beberapa data
Disajikan data-data berbentuk tabel, siswa mampu menyusun paragraf sesuai data pada tabel dengan tepat
49.   


Menyusun simpulan dari beberapa data
Disajikan beberapa kalimat suatu teks, siswa mampu menentukan kalimat simpulan yang tepat
50.   
4
Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Pengetahuan dan Pemahaman
-   Mengidentifi-kasi
-   Memaknai
-     Menentukan
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
Disajikan paragraf dengan dua kata  yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
51.   
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan konjungsi
Disajikan paragraf dengan penggunaan kata penghubung yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata penghubung dalam paragraf dengan tepat.
52.   
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan
kalimat
Disajikan teks yang salah satunya kalimatnya tidak efektif,  siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dengan tepat.
53.   

Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu/sumbang, siswa mampu mengidentifikasi kalimat tidak padu/sumbang  dalam paragraf tersebut dengan tepat.
54.   

Aplikasi
-   Menangkap informasi eksplisit
-   Menginterpretasikan
-   Menangkap informasi implisit
-   Menggunakan

menggunakan istilah dalam kalimat
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian rumpang dengan kata/istilah dengan tepat
55.   
menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan) dengan tepat.
56.   
menggunakan kalimat (mengisi kalimat yang sesuai)
Disajikan teks yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat
57.   
Penalaran
-     Menunjukkan bukti
-     Membandingkan
-     Menanggapi/mengomentari
-     Merefleksi
-     Mengevaluasi


memperbaiki kesalahan penggunaan paragraf
Disajikan teks yang salah satu paragraf tidak sesuai dengan struktur teks, siswa mampu menentukan perbaikan paragraf  tepat.
58.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan kalimat (kalimat rancu, ambigu, pemborosan, tidak logis, tidak lengkap)
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, siswa mampu memperbaiki kalimat tersebut dengan tepat
59.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan kata
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, siswa mampu memperbaiki kesalahan dari segi penulisan  kata  dengan tepat.
60.   
5
Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
Pengetahuan dan Pemahaman
-   Mengidentifi-kasi
-   Memaknai
-        Menentukan
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan ejaan (misalnya kata depan), siswa mampu  mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata dengan tepat.
61.   
Mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penulisan tanda baca koma, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan dengan tepat.
62.   
Aplikasi
-   Menangkap informasi eksplisit
-   Menginterpretasikan
-   Menangkap informasi implisit
-   Menggunakan

Menggunakan ejaan
Disajikan paragraf terdapat yang dirumpangkan , siswa mampu mengisi dengan kata serapan yang penulisannya tepat.
63.   
Menggunakan tanda baca
Disajikan kalimat langsung tanpa tanda baca, siswa mampu mengisi dengan tanda baca petik dua dan koma dengan tepat.
64.   
Penalaran
-   Menunjukkan bukti
-   Membandingkan
-   Menanggapi/mengomentari
-   Merefleksi
-   Mengevaluasi

Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan kata/gabungan kata dengan tepat.


65.   
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan penulisan daftar pustaka yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dan koma, siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan tanda titik dan koma dengan tepat.
66.   



BACA RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN SOAL UN SMK/MAK 2016/2017:

1.      Menentukan isi teks anekdot


2.      Menentukan makna kata/istilah


3.      Membandingkan isi teks


4.      Menentukan interpretasi teks anekdot


5.      Menentukan urutan teks eksposisi


6.      Melengkapi teks eksplanasi


7.      Menggunakan kata penghubung


8.      Menggunakan pronomina/kata ganti


9.      Menggunakan kata bentukan


10.  Membaca matriks/tabel


11.  Menggunakan tanda baca


12.  Memvariasikan kata


13.  Mengurutkan teks prosedur


14.  Menentukan inti kalimat


15.  Menentukan isi teks negosiasi


16.  Melengkapi teks negosiasi


17.  Menentukan kalimat santun dalam teks negosiasi


18.  Mengurutkan peristiwa dalam cerpen


19.  Menentukan watak tokoh cerita


20.  Menentukan amanat cerita


21.  Menentukan latar cerita


22.  Menentukan majas dalam cerpen


23.  Menentukan makna ungkapan


24.  Menentukan makna peribahasa


25.  Menentukan kalimat sumbang/tidak padu dalam teks


26.  Menentukan tema pantun


27.  Melengkapi pantun


28.  Menentukan isi teks biografi


29.  Mengidentifikasi kata baku dan tidak baku


30.  Menentukan fungsi teks biografi


31.  Menggunakan konjungsi dengan tepat


32.  Memakai tanda baca dengan tepat


33.  Menentukan kata tidak baku dalam teks


34.  Menyunting kalimat


35.  Menentukan struktur teks ulasan film


36.  Menggunakan kata bentukan dengan tepat


37.  Kalimat simpleks dan kompleks


38.  Unsur intrinsik teks drama


39.  Ide pokok paragraf


40.  Meringkas teks

Klik https://zuhriindonesia.blogspot.co.id/2017/12/cara-cepat-dan-tepat-meringkas-teks.html

41.      Perbaikan penggunaan tanda baca
42.      Kalimat simpulan
43.      Tanggapan logis terhadap isi teks
44.      Ungkapan dalam teks iklan
45.      Teks Ulasan film
46.      Melengkapi teks petunjuk kerja/teks prosedur
47.      Penggunaan ejaan yang tidak tepat
48.      Opini penulis dalam tajuk rencana
49.      Fakta dan opini
50.  Unsur Intrinsik dan ekstrinsik novel
KISI-KISI UJI COBA UN 2017/2018 SMK/MAK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KISI-KISI UJI COBA UN 2017/2018 SMK/MAK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Reviewed by MCH on October 31, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.