MENENTUKAN KALIMAT PERTANYAAN YANG TEPAT SESUAI ISI TEKS PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTs
Soal di atas menanyakan pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu menentukan informasi tersurat teks/ menentukan kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi teks.
BACA BEDAHKISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
Teks di atas mendeskripsikan kondisi lingkungan di Perumahan Cendana yang sangat baik. Hal yang dideskripsikan antara lain kondisi selokan yang baik dan tempat pembuangan yang terawat. Pertanyaan yang sesuai isi teks adalah Bagaimana kondisi kebersihan lingkungan di perumahan Cendana?(jawaban C)
RINGKASAN MATERI
MENENTUKAN PERTANYAAN YANG JAWABANNYA SESUAI ISI TEKS
Bacaan atau paragraf memuat informasi tersurat dan tersirat. Informasi tersurat adalah informasi yang tertulis secara jelas dalam bacaan. Informasi tersirat adalah informasi yang tidak tertulis secara jelas/tersembunyi.
Pokok-pokok informasi terangkum dalam rumus 5W + 1H. Dalam bahasa Indonesia, pokok-pokok informasi itu dapat pula disingkat dengan ADIKSIMBA (Apa, DI mana, SIapa, Mengapa, BAgaimana) .
Langkah-langkah Menentukan pertanyaan yang jawabannya sesuai isi teks.
c. Di mana (where) terjadinya peristiwa itu?
Jawaban: tempat terjadinya peristiwa
d. Kapan (when) terjadinya peristiwa itu?
Jawaban: Waktu terjadinya peristiwa
e. Mengapa (why) peristiwa itu terjadi?
Jawaban: alasan/penyebab terjadinya peristiwa
f. Bagaimana (how) proses peristiwanya?
Jawaban: kondisi atau proses terjadinya peristiwa
Kunci Jawaban: C
PembahasanSoal di atas menanyakan pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Kompetensi yang diuji yaitu menentukan informasi tersurat teks/ menentukan kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi teks.
BACA BEDAHKISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
Teks di atas mendeskripsikan kondisi lingkungan di Perumahan Cendana yang sangat baik. Hal yang dideskripsikan antara lain kondisi selokan yang baik dan tempat pembuangan yang terawat. Pertanyaan yang sesuai isi teks adalah Bagaimana kondisi kebersihan lingkungan di perumahan Cendana?(jawaban C)
RINGKASAN MATERI
MENENTUKAN PERTANYAAN YANG JAWABANNYA SESUAI ISI TEKS
Bacaan atau paragraf memuat informasi tersurat dan tersirat. Informasi tersurat adalah informasi yang tertulis secara jelas dalam bacaan. Informasi tersirat adalah informasi yang tidak tertulis secara jelas/tersembunyi.
Pokok-pokok informasi terangkum dalam rumus 5W + 1H. Dalam bahasa Indonesia, pokok-pokok informasi itu dapat pula disingkat dengan ADIKSIMBA (Apa, DI mana, SIapa, Mengapa, BAgaimana) .
Langkah-langkah Menentukan pertanyaan yang jawabannya sesuai isi teks.
1. Bacalah dengan cermat kutipan teks.
2. Pahamilah isi teks dengan benar.
3. Tentukan pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan isi teks.
Berikut kalimat pertanyaan dan jawaban atas pertanyaan berkaitan isi teks.
a. Apa (what) peristiwanya?
Jawaban sesuatu/perihal peristiwa dalam bacaan
Jawaban sesuatu/perihal peristiwa dalam bacaan
b. Siapa (who) yang mengalami peristiwa itu?
Jawaban: Pihak (subjek) yang diinformasikanc. Di mana (where) terjadinya peristiwa itu?
Jawaban: tempat terjadinya peristiwa
d. Kapan (when) terjadinya peristiwa itu?
Jawaban: Waktu terjadinya peristiwa
e. Mengapa (why) peristiwa itu terjadi?
Jawaban: alasan/penyebab terjadinya peristiwa
f. Bagaimana (how) proses peristiwanya?
Jawaban: kondisi atau proses terjadinya peristiwa
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
BACA DI BLOG: ZUHRI INDONESIA
1. Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
2. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
3. Makna kata dalam teks
4. Ide pokok paragraf
5. Kalimat utama paragraf
6. Simpulan paragraf
7. Kalimat persetujuan dalam teks
8. Kalimat hubungan sebab akibat
9. Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita
10. Konflik dalam cerita
11. Amanat cerita
12. Kalimat yang tidak padu dalam teks
13. Peristiwa yang tergambar dalam teks
14. Teks laporan
15. Urutan kalimat teks sastra
16. Mengubah teks ke bentuk teks lain
17. Perbaikan penulisan ejaan
18. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
19. Ringkasan teks
20. Tokoh utama cerita
21. Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik
22. Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
23. Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
24. Struktur teks resensi
25. Pendapat pro dan kontra
26. Jenis-jenis teks prosedur
27. Melengkapi teks prosedur
28. Menyunting teks prosedur
29. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
30. Keteladanan tokoh dalam teks biografi
31. Fakta dan opini dalam teks biografi
32. Membandingkan nilai moral dua teks fabel
33. Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
34. Bagian-bagian teks ulasan film/drama
35. Cara memvariasikan kalimat
36. Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
37. Makna simbol dalam cerpen
38. Menentukan bagian alur cerpen
39. Syarat-syarat paragraf yang baik
40. Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat
41. Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42. Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
43. Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
44. Kalimat tidak efektif
45. Alasan penggunaan kata yang salah
46. Penulisan huruf kapital
47. Penggunaan ejaan yang tidak tepat
48. Kesalahan penggunaan tanda baca
49. Penggunaan ejaan yang tepat
50. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTs NOMOR 1: MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TERSURAT
Reviewed by MCH
on
October 24, 2017
Rating:
No comments: