PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMP/MTs NOMOR 6
MENENTUKAN KALIMAT SIMPULAN YANG TEPAT SESUAI ISI PARAGRAF
Soal di atas menanyakan kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra level kognitif aplikasi (penerapan). Kompetensi yang diuji yaitu menyimpulkan isi teks.
Kalimat simpulan adalah kalimat yang berisi opini atau pendapat akhir atas data-data yang ada dalam teks. Rumusan kalimat simpulan bukan berupa salah satu kalimat dalam teks.
Langkah-langkah menyusun kalimat simpulan paragraf
Contoh
Data kriminalitas menunjukkan bahwa sebanyak 5987 kasus kejahatan menimpa anak-anak. Hal ini tentu menyita perhatian publik. Pasalnya sebanyak 2007 anak terlibat dalam tindak kejahatan, sementara sisanya sebagai korban. Kasus kejahatan ini meliputi pencurian, pembegalan, narkoba, dan seks. Meningkatnya kasus kejahatan yang melibatkan anak-anak tentu menyita perhatian masyarakat. Pendidikan karakter yang digadang-gadang dapat membentuk karakter anak sesuai dengan karakter bangsa pun belum jelas terlihat. Pakar psikologi anak menjelaskan bahwa pendidikan karakter anak adalah tanggung jawab orang dewasa, meliputi pendidikan orang tua, masyarakat / lingkungan, dan juga sekolah. Oleh karena itu, pendidikan anak adalah tanggung jawab bersama bukan hanya satu pihak. (http://www.kelasindonesia.com/2015/06/pengertian-kesimpulan-cara-menentukan-dan-contohnya.html)
MENENTUKAN KALIMAT SIMPULAN YANG TEPAT SESUAI ISI PARAGRAF
Kunci Jawaban: D
PembahasanSoal di atas menanyakan kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra level kognitif aplikasi (penerapan). Kompetensi yang diuji yaitu menyimpulkan isi teks.
Kalimat simpulan adalah pendapat terakhir yang didapatkan dari uraian yang telah disampaikan sebelumnya. Simpulan dapat diperoleh dari keseluruhan isi bacaan yang ada pada paragraf.
Kalimat simpulan paragraf tersebut adalah Mengonsumsi ikan sangat bermanfaat sehingga perlu ditingkatkan. Hal ini, berdasarkan isi pernyataan-pernyataan sebelumnya.
Kalimat (1) berisi data tentang masih rendahnya konsumsi ikan penduduk Indonesia. Kalimat (2) berisi harapan peningkatan konsumsi ikan. Kalimat (3) berisi kandungan ikan yang sangat baik bagi tubuh. Kalimat (4) berisi manfaat kandungan ikan (omega-3) untuk meningkatkan kecerdasan. Simpulan paragraf berdasarkan isi kalimat-kalimat tersebut adalah Mengonsumsi ikan sangat bermanfaat sehingga perlu ditingkatkan (jawaban D)
RINGKASAN MATERI
KALIMAT SIMPULAN PARAGRAF Kalimat simpulan adalah kalimat yang berisi opini atau pendapat akhir atas data-data yang ada dalam teks. Rumusan kalimat simpulan bukan berupa salah satu kalimat dalam teks.
Langkah-langkah menyusun kalimat simpulan paragraf
1. Identifikasilah hal-hal penting dalam teks.
2. Buatlah opini atau pendapat yang mencakupi keseluruhan hal penting tersebut.
Mengidentifikasi kalimat simpulan paragraf
1. Perhatikan ciri khusus kalimat simpulan dalam paragraf misalnya kata jadi, oleh karena itu, dengan demikian, dan sebagainya
2. Perhatikan isi kalimat/pernyataan. Kalimat simpulan berisi opini atau pendapat akhir yang meliputi keseluruhan isi paragraf.Contoh
Data kriminalitas menunjukkan bahwa sebanyak 5987 kasus kejahatan menimpa anak-anak. Hal ini tentu menyita perhatian publik. Pasalnya sebanyak 2007 anak terlibat dalam tindak kejahatan, sementara sisanya sebagai korban. Kasus kejahatan ini meliputi pencurian, pembegalan, narkoba, dan seks. Meningkatnya kasus kejahatan yang melibatkan anak-anak tentu menyita perhatian masyarakat. Pendidikan karakter yang digadang-gadang dapat membentuk karakter anak sesuai dengan karakter bangsa pun belum jelas terlihat. Pakar psikologi anak menjelaskan bahwa pendidikan karakter anak adalah tanggung jawab orang dewasa, meliputi pendidikan orang tua, masyarakat / lingkungan, dan juga sekolah. Oleh karena itu, pendidikan anak adalah tanggung jawab bersama bukan hanya satu pihak. (http://www.kelasindonesia.com/2015/06/pengertian-kesimpulan-cara-menentukan-dan-contohnya.html)
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIABACA DI BLOG: ZUHRI INDONESIA
1. Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
2. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
3. Makna kata dalam teks
4. Ide pokok paragraf
5. Kalimat utama paragraf
6. Simpulan paragraf
7. Kalimat persetujuan dalam teks
8. Kalimat hubungan sebab akibat
9. Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita
10. Konflik dalam cerita
11. Amanat cerita
12. Kalimat yang tidak padu dalam teks
13. Peristiwa yang tergambar dalam teks
14. Teks laporan
15. Urutan kalimat teks sastra
16. Mengubah teks ke bentuk teks lain
17. Perbaikan penulisan ejaan
18. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
19. Ringkasan teks
20. Tokoh utama cerita
21. Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik
22. Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
23. Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
24. Struktur teks resensi
25. Pendapat pro dan kontra
26. Jenis-jenis teks prosedur
27. Melengkapi teks prosedur
28. Menyunting teks prosedur
29. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
30. Keteladanan tokoh dalam teks biografi
31. Fakta dan opini dalam teks biografi
32. Membandingkan nilai moral dua teks fabel
33. Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
34. Bagian-bagian teks ulasan film/drama
35. Cara memvariasikan kalimat
36. Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
37. Makna simbol dalam cerpen
38. Menentukan bagian alur cerpen
39. Syarat-syarat paragraf yang baik
40. Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat
MENYIMPULKAN ISI TEKS -PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 SMP/MTs BAHASA INDONESIA NOMOR 6
Reviewed by MCH
on
October 25, 2017
Rating:
No comments: