Yth. Bapak/Ibu Guru dan Siswa kelas IX yang berbahagia,
Dalam rangka persiapan Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2017/2018, berikut disajikan kisi-kisi soal uji coba UN 2018 yang berisi materi dan prediksi pokok-pokok soal UN 2018.
Kisi-kisi berikut dikembangkan secara mandiri berdasarkan kisi-kisi UN 2017/2018 dari BSNP. Kisi-kisi ini dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan soal latihan atau soal uji coba UN. Bagi siswa, kisi-kisi ini dapat digunakan sebagai acuan mempelajari materi-materi atau pokok bahasan sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional tahun 2018, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia
KISI-KISI SOAL UJI COBA UJIAN NASIONAL SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2017/2018(Disusun berdasarkan kisi-kisi UN 2017/2018 SMP/MTs. dari BSNP)
BACA JUGA: KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA
No. | Aspek | Level Kognitif | Indikator Materi | Indikator Soal | No. |
1 | Membaca Nonsastra | Pengetahuan dan Pemahaman - Mengidentifikasi - Menentukan - Memaknai | Menentukan makna kata/kalimat pada teks | Disajikan kalimat, siswa mampu menentukan makna kata/istilah dalam kalimat dengan tepat | 1. |
Disajikan paragraf yang terdiri beberapa kalimat yang diberi nomor, siswa mampu menentukan makna kalimat tertentu pada paragraf | 2. | ||||
Menentukan informasi tersurat teks | Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan tepat. | 3. | |||
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat. | 4. | ||||
Disajikan teks biografi, siswa mampu menentukan keistimewaan tokoh dengan tepat | 5. | ||||
Disajikan teks biografi, siswa mampu menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh dengan tepat | 6. | ||||
Disajikan teks biografi, siswa mampu mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana dengan tepat | 7. | ||||
Menentukan bagian teks | Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan bagian tertentu (simpulan) pada teks dengan tepat | 8. | |||
Aplikasi - Menyimpulkan - Menggunakan konsep/prinsip | Menentukan ide pokok | Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan ide pokok paragraf dengan tepat. | 9. | ||
Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan kalimat utama dalam paragraf dengan tepat | 10. | ||||
Menyimpulkan isi teks | Disajikan paragraf, siswa mampu menyimpulkan isi paragraf dengan tepat. | 11. | |||
Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks | Disajikan paragraf, siswa menentukan kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan pada paragraf dengan tepat | 12. | |||
Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan kalimat yang merupakan pendapat pendukung | 13. | ||||
Meringkas isi teks | Disajikan kutipan yang terdiri atas dua paragraf, siswa mampu membuat ringkasan dengan tepat | 14. | |||
Penalaran - Mengevaluasi - Membandingkan pola (menganalisis) - Menanggapi - Memvariasikan | Membandingkan penggunaan bahasa, dan pola penyajian beberapa jenis teks | Disajikan dua buah teks, siswa mampu membandingkan penggunaan bahasa kedua teks dengan tepat. | 15. | ||
Disajikan dua buah teks (teks berita dan teks ulasan/resensi), siswa mampu membandingkan pola penyajian kedua teks dengan tepat. | 16. | ||||
Menilai keunggulan/kelemahan teks | Disajikan penggalan teks ulasan, siswa mampu menentukan pernyataan yang merupakan keunggulan buku pada teks dengan tepat | 17. | |||
Disajikan penggalan teks ulasan, siswa mampu menentukan pernyataan yang merupakan kelemahan buku pada teks dengan tepat | 18. | ||||
Mengomentari isi teks | Disajikan penggalan teks, siswa mampu mengomentari isi teks dengan tepat. | 19. | |||
2 | Membaca Sastra | Pengetahuan dan Pemahaman - Mengidentifikasi - Menentukan - Memaknai | Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel | Disajikan puisi, siswa mampu mengartikan kata simbolik pada cerpen/fabel dengan tepat. | 20. |
menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel | Disajikan kutipan cerpen/fable, siswa mampu menentukan tokoh utama pada kutipan dengan tepat | 21. | |||
menentukan bagian cerpen dan fabel | Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan bagian cerpen (alur) dengan tepat | 22. | |||
Aplikasi - Menyimpulkan - Menggunakan konsep/prinsip | Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel | Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan makna simbol dalam kutipan dengan dengan tepat. | 23. | ||
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel | Disajikan kutipan cerpen/fabel, siswa mampu menentukan konflik dengan tepat. | 24. | |||
Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat. | 25. | ||||
Disajikan kutipan fabel, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat. | 26. | ||||
Menyimpulkan sebab/akibat konflik | Disajikan kutipan cerpen/fabel siswa mampu menentukan penyebab konflik dalam kutipan dengan tepat | 27. | |||
Disajikan kutipan cerpen/fabel siswa mampu menentukan akibat dalam kutipan dengan tepat | 28. | ||||
Penalaran - Mengevaluasi - Membandingkan pola (menganalisis) - Menanggapi - Memvariasikan | Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel | Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), siswa mampu membandingkan perbedaan isi (nilai) dua kutipan dengan tepat. | 29. | ||
Membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel | Disajikan kutipan fabel, siswa mampu membandingkan perbedaan penggunaan bahasa dua kutipan dengan tepat | 30. | |||
menunjukkan bukti latar dan watak | Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat yang membuktikan bahwa tokoh berwatak tertentu dengan tepat. | 31. | |||
Disajikan penggalan cerita, siswa mampu menunjukkan kalimat bukti tentang seting/latar cerita dengan tepat. | 32. | ||||
Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini | Disajikan penggalan fabel, siswa mampu mengaitkan fabel kehidupan masa kini dengan tepat. | 33. | |||
Disajikan penggalan cerpen, siswa mampu mengaitkan isi cerpen dengan kehidupan masa kini dengan tepat. | 34. | ||||
mengomentari unsur intrinsik karya sastra | Disajikan penggalan fabel/ cerpen, siswa mampu menunjukkan keunggulan cerita dengan tepat. | 35. | |||
Disajikan penggalan fabel/cerpen , siswa mampu menunjukkan kelemahan cerita dengan tepat. | 36. | ||||
3 | Menulis Terbatas | Pengetahuan dan Pemahaman - Mengidentifikasi - Menentukan - Memaknai | melengkapi istilah/kata dalam kalimat | Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian rumpang dengan istilah/kata dengan tepat. | 37. |
Aplikasi - Menyimpulkan - Menggunakan konsep/prinsip | menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks | Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf deskripsi dengan tepat. | 38. | ||
Disajikan lima kalimat prosedur secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks prosedur dengan tepat. | 39. | ||||
melengkapi paragraf | Disajikan penggalan paragraf yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kalimat yang tepat. | 40. | |||
melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain) | Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan bagian teks yang tepat. | 41. | |||
Penalaran - Mengevaluasi - Membandingkan pola (menganalisis) - Menanggapi - Memvariasikan | Memvariasikan kata | Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata bercetak miring, siswa dapat memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat. | 42. | ||
Memvariasikan kalimat | Disajikan sebuah paragraf dengan kalimat bernomor, siswa dapat memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bernomor tertentu dengan tepat. | 43. | |||
menulis dengan ilustrasi tertentu | Disajikan ilustrasi/data dalam bentuk tabel, siswa mampu menulis | 44. | |||
Mengubah teks ke bentuk lain | Disajikan teks tertentu, siswa mampu mengubah ke bentuk teks yang lain. | 45. | |||
4 | Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf | Pengetahuan dan Pemahaman - Mengidentifikasi - Menentukan - Memaknai | menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah | Disajikan paragraf dengan dua kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat. | 46. |
menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah | Disajikan empat kalimat bernomor yang salah satunya kalimat tidak efektif, siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dengan tepat. | 47. | |||
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa mampu mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf tersebut dengan tepat. | 48. | ||||
Aplikasi - Menyimpulkan - Menggunakan konsep/prinsip | menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata) | Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan)dengan tepat. | 49. | ||
mengisi konjungsi dalam kalimat | Disajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian rumpang dengan kata penghubung dengan tepat. | 50. | |||
Penalaran - Mengevaluasi - Membandingkan pola (menganalisis) - Menanggapi - Memvariasikan | Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf | Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, siswa mampu menentukan perbaikan kalimat dengan tepat. | 51. | ||
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, , siswa mampu memperbaiki paragraf dengan menghilangkan kalimat yang tidak padu dengan tepat | 52. | ||||
menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata dengan tepat. | 53. | |||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kalimat, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dari segi penggunaan kalimat dengan tepat. | 54. | ||||
5 | Menyunting Ejaan dan Tanda Baca | Pengetahuan dan Pemahaman - Mengidentifikasi - Menentukan - Memaknai | Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan | Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan kata depan, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata depan dengan tepat. | 55. |
Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca | Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda baca tanya, siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca tanya dengan tepat. | 56. | |||
Aplikasi - Menyimpulkan - Menggunakan konsep/prinsip | Menggunakan ejaan | Disajikan paragraf terdapat penggunaan kata depan, siswa mampu menggunakan kata depan dengan tepat. | 57. | ||
Menggunakan tanda baca | Disajikan paragraf yang terdapat penggunaan tanda titik dua, siswa mampu menggunakan tanda titik dua dengan tepat. | 58. | |||
Penalaran - Mengevaluasi - Membandingkan pola (menganalisis) - Menanggapi - Memvariasikan | Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan kata/gabungan kata, siswa mampu menentukan perbaikan kata/gabungan kata dengan tepat. | 59. | ||
Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda titik dua dan koma, siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan tanda titik dua dan koma dengan tepat. | 60. | |||
Menentukan alasan kesalahan ejaan dan tanda baca | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat. | 61. | |||
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda koma, siswa mampu menentukan alasan kesalahan dengan tepat. | 62. |
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG: ZUHRI INDONESIA
1. Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
2. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
3. Makna kata dalam teks
4. Ide pokok paragraf
5. Kalimat utama paragraf
6. Simpulan paragraf
7. Kalimat persetujuan dalam teks
8. Kalimat hubungan sebab akibat
9. Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita
10. Konflik dalam cerita
11. Amanat cerita
12. Kalimat yang tidak padu dalam teks
13. Peristiwa yang tergambar dalam teks
14. Teks laporan
15. Urutan kalimat teks sastra
16. Mengubah teks ke bentuk teks lain
17. Perbaikan penulisan ejaan
18. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
19. Ringkasan teks
20. Tokoh utama cerita
21. Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik
22. Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
23. Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
24. Struktur teks resensi
25. Pendapat pro dan kontra
26. Jenis-jenis teks prosedur
27. Melengkapi teks prosedur
28. Menyunting teks prosedur
29. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
30. Keteladanan tokoh dalam teks biografi
31. Fakta dan opini dalam teks biografi
32. Membandingkan nilai moral dua teks fabel
33. Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
34. Bagian-bagian teks ulasan film/drama
35. Cara memvariasikan kalimat
36. Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
37. Makna simbol dalam cerpen
38. Menentukan bagian alur cerpen
39. Syarat-syarat paragraf yang baik
40. Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat
41. Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42. Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
43. Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
44. Kalimat tidak efektif
45. Alasan penggunaan kata yang salah
46. Penulisan huruf kapital
47. Penggunaan ejaan yang tidak tepat
48. Kesalahan penggunaan tanda baca
49. Penggunaan ejaan yang tepat
50. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca
KISI-KISI SOAL UJI COBA UJIAN NASIONAL 2017/2018 SMP/MTs MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Reviewed by MCH
on
October 23, 2017
Rating:
No comments: