1. Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.
Pernyataan di atas termasuk salah satu prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
2. Pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk secara intensif berhubungan dan berkomunikasi dengan pendidik dan sumber belajar yang tersedia. Hal ini didasarkan atas pertimbangan bahwa kegiatan belajar peserta didik yang bersifat perbaikan perlu selalu mendapatkan monitoring dan pengawasan agar diketahui kemajuan belajarnya.
Pernyataan di atas termasuk salah satu prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
3. Bentuk perlakuan pembelajaran remedial dilakukan berdasarkan keterserapan KD pada ketuntasan klasikal. Bila ketuntasan klasikalnya kurang dari 50% artinya yang mengikuti pembelajaran remedial lebih dari 50% maka remedial dilakukan dengan….
A. memberikan pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda.
B. bimbingan secara khusus
C. tutor sebaya
D. penugasan secara berkelompok
4. Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran diperoleh hasil sebagai berikut. Dari 32 siswa yang mengikuti ulangan harian dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remedial.
Bentuk perlakuan pembelajaran remedial berdasarkan data di atas adalah….
A. memberikan pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda.
B. bimbingan secara khusus
C. tutor sebaya
D. penugasan secara berkelompok
5. Langkah-langkah yang perlu dikerjakan dalam pemberian pembelajaran remedial antara lain mendiagnosis kesulitan belajar. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar ringan antara lain…
A. Faktor keluarga karena perceraian orang tua
B. Faktor pergaulan karena dikucilkan teman-teman
C. Faktor pribadi kurang perhatian saat pelajaran
D. Faktor individu karena mengalami ketunaan pada diri siswa
6. Ada beberapa teknik untuk mendiagnosis kesulitan belajar dalam rangka melaksanakan pembelajaran remedial. untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam menguasai kompetensi tertentu. Misalnya dalam mempelajari operasi bilangan, apakah peserta didik mengalami kesulitan pada kompetensi
penambahan, pengurangan, pembagian, atau perkalian digunakan teknik….
penambahan, pengurangan, pembagian, atau perkalian digunakan teknik….
A. Tes prayarat
B. Tes diagnostik
C. Wawancara
D. Pengamatan
7. Setelah diketahui kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik, langkah berikutnya adalah memberikan perlakuan berupa pembelajaran remedial. Salah satu bentuk pelaksanaan pembelajaran adala peserta didik diberi latihan intensif (drill) untuk membantu menguasai kompetensi yang ditetapkan dan agar tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan tes akhir.
Kegiatan tersebut merupakan bentuk pelaksanaan pembelajaran remedial dengan….
A. pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda.
B. Pemberian bimbingan secara khusus
C. Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus
D. Pemanfaatan tutor sebaya
8. Dalam pembelajaran remedial seorang guru memanfaatkan siswa dalam satu kelas yang memiliki kecepatan belajar lebih untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar.
Kegiatan tersebut merupakan bentuk pelaksanaan pembelajaran remedial dengan….
A. pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda.
B. Pemberian bimbingan secara khusus
C. Pemberian tugas-tugas latihan secara khusus
D. Pemanfaatan tutor sebaya
9. Pembelajaran pengayaan memberikan pelayanan kepada peserta didik yang memiliki kecerdasan lebih dengan tantangan belajar yang lebih tinggi untuk membantu mereka mencapai kapasitas optimal dalam belajarnya. Pembelajaran pengayaan yang berupa program yang bersifat umum yang dirancang untuk disajikan kepada peserta didik. Sajian dimaksud berupa peristiwa sejarah, buku, tokoh masyarakat, dsb, yang secara regular tidak tercakup dalam kurikulum adalah….
A. Kegiatan eksploratori
B. Keterampilan proses
C. Pemecahan masalah
D. Kegiatan investigative
10. Bentuk-bentuk pelaksanaan pembelajaran pengayaan dapat dilakukan dengan cara peserta didik yang memiliki minat tertentu diberikan pembelajaran bersama pada jam-jam pelajaran sekolah biasa, sambil menunggu teman-temannya yang mengikuti pembelajaran remedial karena belum mencapai
ketuntasan.
Bentuk pelakasanaan pembelajaran pengayaan tersebut adalah…
ketuntasan.
Bentuk pelakasanaan pembelajaran pengayaan tersebut adalah…
A. Belajar kelompok
B. Belajar mandiri
C. Pembelajaran berbasis tema
D. Pemadatan kurikulum
PEMBAHASAN SOAL
Bentuk perlakuan pembelajaran remedial dilakukan berdasarkan keterserapan KD pada ketuntasan klasikal. Bila ketuntasan klasikalnya kurang dari 50% artinya yang mengikuti pembelajaran remedial lebih dari 50% maka remedial dilakukan dengan memberikan pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda. Jika yang mengikuti pembelajaran remedial pada KD tersebut kurang dari 20%, maka perlakuan yang diberikan berupa bimbingan secara khusus, misalnya dengan tutor sebaya. Jika yang mengikuti remedial berada pada rentang 20%-50% maka perlakuan diberikan dengan penugasan secara berkelompok (Depdiknas, 2010: 38).Pembahasan lengkap pembelajaran remedial BACA DI SINI dan pengayaan BACA DI SINI
BAGI PESERTA PLPG 2017 BACA PETUNJUK PRAKONDISI PLPG 2017 DI SINI
UNDUH MODUL PRAKONDISI PEDAGOGIK DI SINI
UNDUH MODUL PRAKONDISI BAHASA INDONESIA DI SINI
UNTUK PERSIAPAN UTN 2017 BACA PAKET LENGKAP SOAL DAN PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SINI
KOMPETENSI PROFESIONAL BAHASA INDONESIA DI SINI
BACA MATERI LENGKAP PPG-PLPG TAHUN 2017
BREAKING NEWSINFO PKB GURU PEMBELAJAR
BACA PETUNJUK TEKNIS PROGRAM PKB (GURU PEMBELAJAR) TAHUN 2017
UNDUH MODUL PRAKONDISI PEDAGOGIK DI SINI
UNDUH MODUL PRAKONDISI BAHASA INDONESIA DI SINI
UNTUK PERSIAPAN UTN 2017 BACA PAKET LENGKAP SOAL DAN PEMBAHASAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SINI
KOMPETENSI PROFESIONAL BAHASA INDONESIA DI SINI
BACA MATERI LENGKAP PPG-PLPG TAHUN 2017
BREAKING NEWSINFO PKB GURU PEMBELAJAR
BACA PETUNJUK TEKNIS PROGRAM PKB (GURU PEMBELAJAR) TAHUN 2017
MODUL, LEMBAR KERJA, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
MODUL, LK, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI
MODUL, LK, LATIHAN SOAL TES AKHIR PKB 2017 KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI
SOAL UTN PLPG 2017 PROGRAM REMEDIAL DAN PENGAYAAN
Reviewed by MCH
on
April 02, 2017
Rating:
No comments: