banner image
Sedang Dalam Perbaikan

KISI-KISI UJIAN TULIS NASIONAL (UTN)  PLPG 2017



MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

TINGKAT SMP DAN SMA

NO
KOMPETENSI UTAMA
MATERI
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
PEDAGOGIK
Karakteristik perkembangan sosial-emosional peserta didik.
Mengidentifikasikan karakteristik perkembangan sosial-emosional
peserta didik.
Kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik
Menganalisis kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik
Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik dalam pembelajaran bahasa.
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik dalam pembelajaran bahasa.
Langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
Materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD
menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD
Rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
Mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
Media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu
Memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk
mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
TIK dalam pembelajaran
Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
Model pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi optimal
Menentukan model pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi optimal
Komunikasi secara efektif
Melakukan komunikasi secara efektif
Aspek penilaian keterampilan
Mengidentifikasi aspek penilaian keterampilan
Instrumen penilaian
Menyusun instrumen penilaian
Pencapaian kompetensi
Menentukan pencapaian kompetensi
Ketercapaian KKM
Menganalisis ketercapaian KKM
Program remedial berdasarkan hasil penilaian
Merancang program remedial berdasarkan hasil penilaian
Tujuan dan sasaran pembelajaran reflektif
Menjelaskan tujuan dan sasaran pembelajaran reflektif
Desain penelitian tindakan kelas untuk peningkatan
Keprofesionalan
membuat desain penelitian tindakan kelas untuk peningkatan
keprofesionalan.
2
PROFESIONAL
Konsep, teori, dan materi aliran struktural yang terkait
Dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa
Menjelaskan konsep, teori, dan materi aliran struktural yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa.
Materi pembelajaran bahasa berdasarkan aliran fungsional.
Pengembangan materi pembelajaran bahasa berdasarkan aliran fungsional.
Konsep hakikat bahasa
Menjelaskan konsep hakikat bahasa.
Jenis-jenis pemerolehan bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan pragmatik).
Mengidentifikasi jenis-jenis pemerolehan bahasa (fonologi, morfologi,
sintaksis, dan pragmatik).
Kedudukan bahasa Indonesia
Menjelaskan kedudukan bahasa Indonesia
Fungsi Bahasa Indonesia
Menjelaskan fungsi Bahasa Indonesia
Ragam Bahasa Indonesia
Mengidentifikasi ragam Bahasa Indonesia
Prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan (berbicara dan menyimak) dan tertulis (membaca dan menulis)
Mengaplikasi prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan (berbicara
dan menyimak) dan tertulis (membaca dan menulis)
Prinsip dan prosedur berbahasa secara deskrit: menyimak, berbicara, membaca, menulis
Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara deskrit: menyimak, berbicara, membaca, menulis
Prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis
Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif:
menyimak, berbicara, membaca, menulis
Prinsip dan prosedur berbahasa berdasarkan konteks (akademis, formal, vokasional)
Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa berdasarkan konteks (akademis, formal, vokasional)
Prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan
Produktif. Berbicara (monolog: bercerita, pidato, ceramah, khotbah dan
Dialog: wawancara, diskusi, debat, percakapan, drama)
Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan
produktif. Berbicara (monolog: bercerita, pidato, ceramah, khotbah dan
dialog: wawancara, diskusi, debat, percakapan, drama)
Prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan
Reseptif. Menyimak reseptif dan kritis (monolog: bercerita, pidato, ceramah,
Khotbah dan dialog: wawancara, diskusi, debat, percakapan, drama)
Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan
reseptif. Menyimak reseptif dan kritis (monolog: bercerita, pidato, ceramah,
khotbah dan dialog: wawancara, diskusi, debat, percakapan, drama)
Prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis
Produktif. Menulis: fiksi (pantun, puisi, cerpen, dongeng, novel, drama)
Dan nonfiksi (catatan harian, iklan, surat, memo, pengumuman, laporan, esai,
Artikel, karya ilmiah). Jenis-jenis karangan: deskripsi, narasi, persuasi, argumrntasi, eksposisi
Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis
produktif. Menulis: fiksi (pantun, puisi, cerpen, dongeng, novel, drama)
dan nonfiksi (catatan harian, iklan, surat, memo, pengumuman, laporan, esai,
artikel, karya ilmiah). Jenis-jenis karangan: deskripsi, narasi, persuasi, argumentasi, eksposisi)
Prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis
Reseptif. Membaca (teknik: membaca cepat, membaca memindai, membaca
Sekilas, membaca nyaring. Jenis: membaca intensif, ekstensif, kritis,
Bahasa=mencari kosa kata dan kalimat-kalimat sumbang, ejaan)
Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis
reseptif. Membaca (Teknik: membaca cepat, membaca memindai, membaca
sekilas, membaca nyaring. Jenis: membaca intensif, ekstensif, kritis,
bahasa=mencari kosa kata dan kalimat-kalimat sumbang, ejaan)
Kaidah bahasa Indonesia (fonologi= ejaan dan
Lafal, morfologi =tata bentukan, istilah, akronim, singkatan, makna kata,
Hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon,
Meronim, denotasi, konotasi, majas=metafora, simile..) Sebagai rujukan
Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (fonologi= ejaan dan
lafal, morfologi =tata bentukan, istilah, akronim, singkatan, makna kata,
hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon,
meronim, denotasi, konotasi, majas=metafora, simile..) sebagai rujukan
Kaidah bahasa Indonesia (kaidah ejaan dalam menulis; Kaidah lafal dalam berbicara; kaidah kalimat= kalimat majemuk, paragraf;
Kaidah bentukan: fonologi= ejaan dan lafal, morfologi =tata bentukan, istilah,
Akronim, singkatan, makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, meronim, denotasi, konotasi
Menerapkan kaidah bahasa Indonesia (kaidah ejaan dalam menulis;
kaidah lafal dalam berbicara; kaidah kalimat= kalimat majemuk, paragraf;
kaidah bentukan: fonologi= ejaan dan lafal, morfologi =tata bentukan, istilah, akronim, singkatan, makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, meronim, denotasi, konotasi
Teori dan genre puisi Indonesia (puisi lama: pantun, gurindam, syair; puisi baru: stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih,
Kaba Minangkabau).
teori dan genre puisi Indonesia (puisi lama: pantun, gurindam, syair; puisi baru: stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih,
Kaba Minangkabau).
Teori dan genre prosa Indonesia (prosa lama: hikayat, Dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen)
Menjelaskan teori dan genre prosa Indonesia (prosa lama: hikayat,
dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen)
Apresiasi puisi Indonesia (puisi lama: pantun, gurindam, syair;
Puisi baru:stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba
Minangkabau). Tahapan/taksonomi apresiasi: menerima, menggemari,
Memahami, menghayati, menggumuli, menanggapi, mengevaluasi/menilai
Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi lama: pantun, gurindam, syair;
puisi baru:stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba
Minangkabau). Tahapan/taksonomi apresiasi: menerima, menggemari,
memahami, menghayati, menggumuli, menanggapi, mengevaluasi/menilai
Puisi Indonesia (puisi lama: pantun, gurindam, syair; puisi
Baru:stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba Minangkabau).
Menulis puisi Indonesia (puisi lama: pantun, gurindam, syair; puisi
baru:stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba Minangkabau).
Apresiasi prosa Indonesia (prosa lama: hikayat,
Dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen)
Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa lama: hikayat,
dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen)
Prosa Indonesia ( prosa lama: hikayat, dongeng; prosa baru:
Roman, novel, cerpen)
Menulis prosa Indonesia ( prosa lama: hikayat, dongeng; prosa baru:
roman, novel, cerpen)
Apresiasi teks drama Indonesia
Mengapresiasi teks drama Indonesia
Naskah drama sederhana Indonesia
Mementaskan naskah drama sederhana Indonesia
Kritik sastra Indonesia (puisi, prosa dan drama)
Membuat kritik sastra Indonesia (puisi, prosa dan drama)
Indikator dan atau tujuan mata pembelajaran bahasa
Merumuskan indikator dan atau tujuan mata pembelajaran bahasa
Materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD
Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD
Masalah dalam pembelajaran bahasa
Merumuskan masalah dalam pembelajaran bahasa
Jaringan komunikasi on-line untuk mendukung
Komunitas profesi sebagai penunjang PKB
Memanfaatkan jaringan komunikasi on-line untuk mendukung
komunitas profesi sebagai penunjang PKB


UNTUK PERSIAPAN UTN 2017 BACA SOAL UTN 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL DI SINI
KISI-KISI UJIAN TULIS NASIONAL (UTN)  PLPG 2017 KISI-KISI UJIAN TULIS NASIONAL (UTN)  PLPG 2017 Reviewed by MCH on March 31, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.