MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TINGKAT SMP DAN SMA
NO | KOMPETENSI UTAMA | MATERI | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
1 | PEDAGOGIK | Karakteristik perkembangan sosial-emosional peserta didik. | Mengidentifikasikan karakteristik perkembangan sosial-emosional peserta didik. |
Kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik | Menganalisis kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik | ||
Pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik dalam pembelajaran bahasa. | Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yag mendidik dalam pembelajaran bahasa. | ||
Langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran | Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran | ||
Materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD | menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD | ||
Rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | Merancang pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. | ||
Pelaksanaan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan. | Mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan. | ||
Media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu | Memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. | ||
TIK dalam pembelajaran | Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran | ||
Model pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi optimal | Menentukan model pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi optimal | ||
Komunikasi secara efektif | Melakukan komunikasi secara efektif | ||
Aspek penilaian keterampilan | Mengidentifikasi aspek penilaian keterampilan | ||
Instrumen penilaian | Menyusun instrumen penilaian | ||
Pencapaian kompetensi | Menentukan pencapaian kompetensi | ||
Ketercapaian KKM | Menganalisis ketercapaian KKM | ||
Program remedial berdasarkan hasil penilaian | Merancang program remedial berdasarkan hasil penilaian | ||
Tujuan dan sasaran pembelajaran reflektif | Menjelaskan tujuan dan sasaran pembelajaran reflektif | ||
Desain penelitian tindakan kelas untuk peningkatan Keprofesionalan | membuat desain penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan. | ||
2 | PROFESIONAL | Konsep, teori, dan materi aliran struktural yang terkait Dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa | Menjelaskan konsep, teori, dan materi aliran struktural yang terkait dengan pengembangan materi pembelajaran bahasa. |
Materi pembelajaran bahasa berdasarkan aliran fungsional. | Pengembangan materi pembelajaran bahasa berdasarkan aliran fungsional. | ||
Konsep hakikat bahasa | Menjelaskan konsep hakikat bahasa. | ||
Jenis-jenis pemerolehan bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan pragmatik). | Mengidentifikasi jenis-jenis pemerolehan bahasa (fonologi, morfologi, sintaksis, dan pragmatik). | ||
Kedudukan bahasa Indonesia | Menjelaskan kedudukan bahasa Indonesia | ||
Fungsi Bahasa Indonesia | Menjelaskan fungsi Bahasa Indonesia | ||
Ragam Bahasa Indonesia | Mengidentifikasi ragam Bahasa Indonesia | ||
Prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan (berbicara dan menyimak) dan tertulis (membaca dan menulis) | Mengaplikasi prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan (berbicara dan menyimak) dan tertulis (membaca dan menulis) | ||
Prinsip dan prosedur berbahasa secara deskrit: menyimak, berbicara, membaca, menulis | Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara deskrit: menyimak, berbicara, membaca, menulis | ||
Prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis | Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara integratif: menyimak, berbicara, membaca, menulis | ||
Prinsip dan prosedur berbahasa berdasarkan konteks (akademis, formal, vokasional) | Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa berdasarkan konteks (akademis, formal, vokasional) | ||
Prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan Produktif. Berbicara (monolog: bercerita, pidato, ceramah, khotbah dan Dialog: wawancara, diskusi, debat, percakapan, drama) | Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan produktif. Berbicara (monolog: bercerita, pidato, ceramah, khotbah dan dialog: wawancara, diskusi, debat, percakapan, drama) | ||
Prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan Reseptif. Menyimak reseptif dan kritis (monolog: bercerita, pidato, ceramah, Khotbah dan dialog: wawancara, diskusi, debat, percakapan, drama) | Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara lisan reseptif. Menyimak reseptif dan kritis (monolog: bercerita, pidato, ceramah, khotbah dan dialog: wawancara, diskusi, debat, percakapan, drama) | ||
Prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis Produktif. Menulis: fiksi (pantun, puisi, cerpen, dongeng, novel, drama) Dan nonfiksi (catatan harian, iklan, surat, memo, pengumuman, laporan, esai, Artikel, karya ilmiah). Jenis-jenis karangan: deskripsi, narasi, persuasi, argumrntasi, eksposisi | Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis produktif. Menulis: fiksi (pantun, puisi, cerpen, dongeng, novel, drama) dan nonfiksi (catatan harian, iklan, surat, memo, pengumuman, laporan, esai, artikel, karya ilmiah). Jenis-jenis karangan: deskripsi, narasi, persuasi, argumentasi, eksposisi) | ||
Prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis Reseptif. Membaca (teknik: membaca cepat, membaca memindai, membaca Sekilas, membaca nyaring. Jenis: membaca intensif, ekstensif, kritis, Bahasa=mencari kosa kata dan kalimat-kalimat sumbang, ejaan) | Mengaplikasikan prinsip dan prosedur berbahasa secara tertulis reseptif. Membaca (Teknik: membaca cepat, membaca memindai, membaca sekilas, membaca nyaring. Jenis: membaca intensif, ekstensif, kritis, bahasa=mencari kosa kata dan kalimat-kalimat sumbang, ejaan) | ||
Kaidah bahasa Indonesia (fonologi= ejaan dan Lafal, morfologi =tata bentukan, istilah, akronim, singkatan, makna kata, Hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, Meronim, denotasi, konotasi, majas=metafora, simile..) Sebagai rujukan | Mengidentifikasi kaidah bahasa Indonesia (fonologi= ejaan dan lafal, morfologi =tata bentukan, istilah, akronim, singkatan, makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, meronim, denotasi, konotasi, majas=metafora, simile..) sebagai rujukan | ||
Kaidah bahasa Indonesia (kaidah ejaan dalam menulis; Kaidah lafal dalam berbicara; kaidah kalimat= kalimat majemuk, paragraf; Kaidah bentukan: fonologi= ejaan dan lafal, morfologi =tata bentukan, istilah, Akronim, singkatan, makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, meronim, denotasi, konotasi | Menerapkan kaidah bahasa Indonesia (kaidah ejaan dalam menulis; kaidah lafal dalam berbicara; kaidah kalimat= kalimat majemuk, paragraf; kaidah bentukan: fonologi= ejaan dan lafal, morfologi =tata bentukan, istilah, akronim, singkatan, makna kata, hubungan makna=polisemi, sinonim, antonim, hiponim, homograf, homofon, meronim, denotasi, konotasi | ||
Teori dan genre puisi Indonesia (puisi lama: pantun, gurindam, syair; puisi baru: stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba Minangkabau). | teori dan genre puisi Indonesia (puisi lama: pantun, gurindam, syair; puisi baru: stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba Minangkabau). | ||
Teori dan genre prosa Indonesia (prosa lama: hikayat, Dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen) | Menjelaskan teori dan genre prosa Indonesia (prosa lama: hikayat, dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen) | ||
Apresiasi puisi Indonesia (puisi lama: pantun, gurindam, syair; Puisi baru:stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba Minangkabau). Tahapan/taksonomi apresiasi: menerima, menggemari, Memahami, menghayati, menggumuli, menanggapi, mengevaluasi/menilai | Mengapresiasi puisi Indonesia (puisi lama: pantun, gurindam, syair; puisi baru:stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba Minangkabau). Tahapan/taksonomi apresiasi: menerima, menggemari, memahami, menghayati, menggumuli, menanggapi, mengevaluasi/menilai | ||
Puisi Indonesia (puisi lama: pantun, gurindam, syair; puisi Baru:stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba Minangkabau). | Menulis puisi Indonesia (puisi lama: pantun, gurindam, syair; puisi baru:stanza, …. Soneta; prosa lirik: Sabai nan Aluih, Kaba Minangkabau). | ||
Apresiasi prosa Indonesia (prosa lama: hikayat, Dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen) | Mengapresiasi prosa Indonesia (prosa lama: hikayat, dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen) | ||
Prosa Indonesia ( prosa lama: hikayat, dongeng; prosa baru: Roman, novel, cerpen) | Menulis prosa Indonesia ( prosa lama: hikayat, dongeng; prosa baru: roman, novel, cerpen) | ||
Apresiasi teks drama Indonesia | Mengapresiasi teks drama Indonesia | ||
Naskah drama sederhana Indonesia | Mementaskan naskah drama sederhana Indonesia | ||
Kritik sastra Indonesia (puisi, prosa dan drama) | Membuat kritik sastra Indonesia (puisi, prosa dan drama) | ||
Indikator dan atau tujuan mata pembelajaran bahasa | Merumuskan indikator dan atau tujuan mata pembelajaran bahasa | ||
Materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD | Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan KI-KD | ||
Masalah dalam pembelajaran bahasa | Merumuskan masalah dalam pembelajaran bahasa | ||
Jaringan komunikasi on-line untuk mendukung Komunitas profesi sebagai penunjang PKB | Memanfaatkan jaringan komunikasi on-line untuk mendukung komunitas profesi sebagai penunjang PKB |
KISI-KISI UJIAN TULIS NASIONAL (UTN) PLPG 2017
Reviewed by MCH
on
March 31, 2017
Rating:
No comments: