INSTRUMEN TELAAH SOAL URAIAN (SOAL CADANGAN)
Mata Pelajaran : Sastra Indonesia Penulis Soal : Drs. Syaifudin Zuhri, M.Pd.
Jumlah Butir Soal : 5 Penelaah : Muh Zuhri, M.Pd.
JENIS PERSYARATAN | BUTIR SOAL | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
A. Materi | 1. Soal sesuai dengan indikator | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 |
2. Batasan jawaban yang diharapkan jelas | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | |
3. Isi materi sesuai dengan pelajaran | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | |
4. Isi materi sesuai dengan jenjang sekolah/kelas | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | |
B. Konstruksi | 5. Rumusan kalimat soal menggunakan kata tanya/perintah yang menuntut jawaban terurai | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 |
6. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | |
7. Ada pedoman penskoran | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | |
8. Gambar, grafik, diagram, tabel, dan sejenisnya yang terdapat pada soal jelas dan terbaca | X | X | X | X | X | |
C. Bahasa | 9. Soal menggunakan kalimat yang komunikatif | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 |
10. Butir soal tidak mengandung kata yang dapat menyinggung perasaan siswa (emosional) | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | |
11. Butir soal tidak menggunakan kata yang menimbulkan penafsiran ganda”. | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | |
12. Butir soal menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | |
13. Rumusan soal sudah mempertimbangkan segi bahasa dan budaya | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | |
14. Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | |
15. Butir soal tidak mengandung unsur SARA, politik, kekerasan, pornografi, komersial, dll. | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | |
JUMLAH SKOR HASIL TELAAH | ||||||
Nilai 15 aspek | ||||||
Nilai 14 aspek (tanpa aspek nomor 8) | 14 | 14 | 14 | 14 | 14 | |
REKOMENDASI HASIL TELAAH BUTIR SOAL | ||||||
Diterima tanpa perbaikan | v | v | v | v | v | |
Diperbaiki | ||||||
Ditolak/tidak digunakan | ||||||
DIMENSI KOGNITIF | ||||||
Pengetahuan dan Pemahaman | ||||||
Penafsiran/Aplikasi | v | v | ||||
Penalaran | v | v | v |
REKAPITULASI HASIL TELAAH BUTIR SOAL URAIAN (SOAL CADANGAN)
Mata Pelajaran : Sastra Indonesia Penulis Soal : Drs. Syaifudin Zuhri, M.Pd. Jumlah Butir Soal : 5 Penelaah : Muh Zuhri, M.Pd.
REKOMENDASI
NO | REKOMENDASI | JUMLAH | PERSENTASE |
1 | Diterima | 5 | 100 |
2 | Diperbaiki | 0 | 0 |
3 | Ditolak | 0 | 0 |
A. Dimensi Kognitif
No | Dimensi Kognitif | Jumlah | Persentase |
1 | Pengetahuan dan Pemahaman | 0 | 0 |
2 | Penafsiran/Aplikasi | 2 | 40 |
3 | Penalaran | 3 | 60 |
Boyolali, 12 Maret 2017
Penelaah
Muh Zuhri, M.Pd.
NIP 197207081998011001
PETUNJUK PENGISIAN INSTRUMEN
1. Isilah identitas mata pelajaran, jumlah butir soal, nama penulis soal, dan nama penelaah.
2. Pahami dengan cermat aspek yang ditelaah dan kriteria penskorannya.
3. Isikan skor setiap aspek sesuai kriteria pada setiap nomor butir soal yang ditelaah. Skor maksimum setiap aspek 1.
a. Skor aspek setiap nomor memenuhi kriteria skor=1 dan tidak memenuhi kriteria skor= 0.
b. Skor maksimum seluruh aspek = 15
18. Jika aspek nomor 1 dan/atau aspek nomor 15 mendapat skor 0 (soal tidak sesuai dengan indikator atau soal mengandung SARAPPPK), maka penelaahan tidak perlu dilakukan pada aspek-aspek lain, dan soal DITOLAK. Untuk aspek nomor 8 tidak terdapat gambar , grafik, dll. diisi tanda silang (X)
5. Isikan jumlah skor hasil telaah pada setiap nomor butir soal.
6. Nilai 15 aspek jika pemberian skor lengkap meliputi aspek 1 s.d 15.
7. Nilai 15 aspek jika aspek nomor 8 tidak ada
8. Perhitungan nilai hasil telaah menggunakan bilangan bulat 0 - 100
a. Nilai 15 aspek = (jumlah skor x 100) / 15
b. Nilai 14 aspek (tanpa nomor 8 = (jumlah skor x 100) / 14
9. Rekomendasi hasil telaah butir soal uraian
Rekomendasi hasil telaah dibedakan menjadi tiga kategori yaitu:
a. Soal DITERIMA tanpa perbaikan
b. Soal DIPERBAIKI
c. Soal DITOLAK/TIDAK DIGUNAKAN
11. Kriteria hasil telaah
a. Soal DITERIMA tanpa perbaikan, jika jumlah skor =100.
b. Soal DIPERBAIKI, jika aspek nomor 1 dan aspek nomor 15 masing-masing mendapat skor 1 dan jumlah skor = 70 – 99. Perbaikan dilakukan pada aspek-aspek yang belum mencapai skor maksimum.
c. Soal DITOLAK/TIDAK DIGUNAKAN, jika aspek nomor 1 dan/atau aspek nomor 15 mendapat skor 0 (soal tidak sesuai dengan indikator dan/atau soal tidak bersifat SARAPPPK), atau Aspek nomor 1 dan aspek nomor 15 masing-masing mendapat skor 1 dan jumlah skor < 70
REKOMENDASI HASIL TELAAH BUTIR SOAL
Isikan angka 1 pada setiap nomor butir soal untuk soal yang DITERIMA, DIPERBAIKI, atau DITOLAK sesuai kriteria hasil telaah butir soal.kemudian jumlahkan.
Isikan angka 1 pada setiap nomor butir soal untuk soal yang DITERIMA, DIPERBAIKI, atau DITOLAK sesuai kriteria hasil telaah butir soal.kemudian jumlahkan.
DIMENSI KOGNITIF
Isikan angka 1 pada setiap nomor butir soal sesuai dimensi kognitifnya, kemudian jumlahkan.
INSTRUMEN DAN HASIL TELAAH SOAL URAIAN USBN 2017
Reviewed by MCH
on
March 31, 2017
Rating:
No comments: