Materi Kuliah Komunikasi Pemerintahan
Pertemuan 1 Definisi, Fungsi, dan Tugas Pemerintahan
Pemerintahan yaitu: Badan yang penting dalam rangka pemerintahannya, pemerintah mesti mempertahankan ketentraman dan ketertiban umum, tuntutan dan harapan serta pendapat rakyat, kebutuhan dan kepentingan masyarakat, pengaruh lingkungan, pengaturan, komunikasi, peran serta seluruh masyarakat dan legitimasi
Adapun fungsi pemerintah menurut Prajudji adalah :
1. Pengaturan
Maka fungsi pengaturan adalah upaya dari pemerintah untuk mengatur masyarakat melalui peraturan atau kebijakan agar masyarakat lebih teratur.
2. Pembinaan masyarakat
Fungsi pembinaan masyarakat adalah salah satu upaya dari pemerintah untuk meningkatkan sumberdaya manusia melalui berbagai pelatihan-pelatihan keterampilan demi meningkatkan kemandirian serta kesejahteraan keluarga dan masyarakat.
3. Kepolisian
Fungsi kepolisian adalah sebagai pengatur tata tertib yang berlaku dimasyarakat serta memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pelanggaran tata tertib yang berlaku dimasyarakat tersebut. Fungsi kepolisian juga sebagai penegak hukum dan keadilan.
4. Peradilan
Fungsi peradilan adalah fungsi yang mengadili orang-orang dalam hal pelanggaran tata tertib yang berlaku dimasyarakat. Adapun fungsi lain dari peradilan ini adalah sebagai penegakan hukum dan supremasi hukum. Fungsi ini dikatakan berhasil apabila sudah melaksanakan fungsinya sebagai penegak keadilan.
Tugas Pokok Pemerintahan dalam bidang:
1. Keamanan
2. Ketertiban
3. Keadilan
4. Kesejahteraan sosial
5. Ekonomi
6. Pekerjaan Umum
7. Pemeliharaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.
DOC Preview | Download
Pertemuan 2 Definisi, Makna, dan Perspektif Komunikasi
Secara umum Komunikasi adalah suatu proses penyampaian fikiran, perasaan dari seseorang kepada orang lain. Artinya komunikasi sebagai pengoperan ide dan gagasan untuk menyatukan kekuatan sehingga terjadi interaksi antara orang-orang yang berkomunikasi, menuju pencapaian tujuan bersama. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal atau bahasa isyarat.
DOC Preview | Download
Pertemuan 3 Fungsi, Tujuan dan Proses Komunikasi
Fungsi Komunikasi secara umum adalah
1. Mencapai pengertian satu sama lain
2. Membina kepercayaan
3. Mengkoordinir tindakan
4. Merencanakan strategi
5. Melakukan pembagian pekerjaan
6. Melakukan aktivitas kelompok dan
7. Berbagi rasa.
Tujuan Komunikasi dapat ditinjau dari 2 aspek Menurut Berlo Yaitu
1. Bersifat umum adalah
(1). Informative, Komunikasi berhubungan dengan kemampuan intelektual seseorang untuk bertindak rasional, objetif dan konkrit. Bisa saja suatu informasi berkembang namun tidak jelas sumbernya dari mana, faktanya apa serta dalam konteks apa. Harus pula dicermati situasi dari kondisi yang berkembang pada saat itu.
(2). Persuasive, Berkaitan dengan kejiwaan seseorang. Bettinghous mengatakan tujuan manusia berkomunikasi secara persuasive adalah dalam rangka mempengaruhi orang lain dengan usaha mengubah keyakinan, nilai atau sikap mereka.
(3). Entertainment, Tujuan berkomunikasi adalah untuk menghibur.
2. Bersifat spesifik adalah
a. Suatu kondisi yang tidak kontradiktif secara logika atau tidak konsisten dengan komunikasi itu sendiri
b. Berpusat pada perilaku, yaitu diekspresikan dalam pengertian perilaku manusia
c. Cukup relevan bagi kita untuk dapat menghubungkannya dengan perilau komunikasi yang aktual
d. Konsisten dengan cara orang-orang berkomunikasi
Secara empirik proses komunikasi merupakan suatu kondisi dimana seseorang (komunikator) menyampaikan isi fikiran dan perasaan kepada orang lain dengan menggunakan lambang (symbol) sebagai media.
DOC Preview | Download
Pertemuan 4 Proses Komunikasi Media dan Strategi Komunikasi
Proses Komunikasi Media di kenal sebagai proses komunikasi sekunder, yaitu proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang (bahasa) sebagai media pertama.
Seorang komunikator menggunakan media kedua dalam melncarkan komunikasinya karena komunikan sebagai sasarannya berada di tempat yang relatif jauh atau jumlahnya banyak. Surat, telepon, surat kabar, majalah, radio, televisi, radio, film, faximile, e-mail dan lain sebagainya.
Pentingnya peranan media (media sekunder), dalam proses komunikasi disebabkan oleh efisiennya dalam menjangkau komunikan dalam jumlah yang amat banyak. Jelas efisien karena dengan menyiarkan pesan satu kali saja sudah dapat tersebar kepada khalayak yang begitu banyak jumlahnya.
Berhasil atau tidaknya kegiatan komunikasi dapat tentukan oleh beberapa faktor antara lain “strategi dan taktik”. Robbins dalam bukunya “organization Behavior” mendefinisikan strategi sebagai penentuan tujuan dari tujuan jangka panjang dan sasaran sebuah perusahaan.
DOC Preview | Download
Pertemuan 5 Hubungan Manusiawi
Hubungan mansiawi termasuk dalam ranah komunikasi antar persona (interpersonal communication) kerana “interaksi antar manusia terjadi antara dua orang atau lebih dan berlangsung secara dialogis”. Hubungan manusia termasuk dalam konteks komunikasi karena dalam hubungan manusia itu bersifat action oriented, dan mengandung kegiatan untuk mengubah sikap, pendapat atau perilaku. Pernyataan ini sejalan dengan pendapat Edward C. Lindeman bahwa hubungan manusiawi adalah “komunikasi antarpersona untuk m,embuat orang lain mengerti dan menaruh simpati”, kemudian William James seorang ahli ilmu jiwa dari Harvard University mengatakan bahwa “Tiap manusia dalam hati kecilnya ingin dihargai dan dihormati, orang akan menaruh simpati jika dirinya dihargai”.
DOC Preview | Download
Pertemuan 6 Komunikasi dalam Masyarakat
Hal-hal yang dapat mengganggu proses komunikasi:
1. Gangguan dari dalam diri orang yang sedang berbicara, maisalnya baru mendapatkan musibah atau habis bertengkar dengan orang lain.
2. Dalam perjalanan.
3. Penerima tidak seluruhnya mengerti apa yang sedang dibicarakan
4. Isi pembicaraan mengandung pengertian yang menyebabkan salah penerimaan
DOC Preview | Download
Pertemuan 7 Komunikasi Interpersonal
Beberapa keterampilan yang harus dimiliki agar komunikasi dapat berjalan secara memuaskan:
1. Keterampilan mendengarkan
2. Keterampilan bertingkah laku asertif/tegas
3. Keterampilan menyelesaikan konflik
4. Keterampilan menyelesaikan masalah secara bersama
5. Keterampilan membaca situasi
6. Keterampilan melakukan persuasi (membujuk secara halus).
DOC Preview | Download
Pertemuan 1 Definisi, Fungsi, dan Tugas Pemerintahan
Pemerintahan yaitu: Badan yang penting dalam rangka pemerintahannya, pemerintah mesti mempertahankan ketentraman dan ketertiban umum, tuntutan dan harapan serta pendapat rakyat, kebutuhan dan kepentingan masyarakat, pengaruh lingkungan, pengaturan, komunikasi, peran serta seluruh masyarakat dan legitimasi
Adapun fungsi pemerintah menurut Prajudji adalah :
1. Pengaturan
Maka fungsi pengaturan adalah upaya dari pemerintah untuk mengatur masyarakat melalui peraturan atau kebijakan agar masyarakat lebih teratur.
2. Pembinaan masyarakat
Fungsi pembinaan masyarakat adalah salah satu upaya dari pemerintah untuk meningkatkan sumberdaya manusia melalui berbagai pelatihan-pelatihan keterampilan demi meningkatkan kemandirian serta kesejahteraan keluarga dan masyarakat.
3. Kepolisian
Fungsi kepolisian adalah sebagai pengatur tata tertib yang berlaku dimasyarakat serta memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pelanggaran tata tertib yang berlaku dimasyarakat tersebut. Fungsi kepolisian juga sebagai penegak hukum dan keadilan.
4. Peradilan
Fungsi peradilan adalah fungsi yang mengadili orang-orang dalam hal pelanggaran tata tertib yang berlaku dimasyarakat. Adapun fungsi lain dari peradilan ini adalah sebagai penegakan hukum dan supremasi hukum. Fungsi ini dikatakan berhasil apabila sudah melaksanakan fungsinya sebagai penegak keadilan.
Tugas Pokok Pemerintahan dalam bidang:
1. Keamanan
2. Ketertiban
3. Keadilan
4. Kesejahteraan sosial
5. Ekonomi
6. Pekerjaan Umum
7. Pemeliharaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.
DOC Preview | Download
Pertemuan 2 Definisi, Makna, dan Perspektif Komunikasi
Secara umum Komunikasi adalah suatu proses penyampaian fikiran, perasaan dari seseorang kepada orang lain. Artinya komunikasi sebagai pengoperan ide dan gagasan untuk menyatukan kekuatan sehingga terjadi interaksi antara orang-orang yang berkomunikasi, menuju pencapaian tujuan bersama. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal atau bahasa isyarat.
DOC Preview | Download
Pertemuan 3 Fungsi, Tujuan dan Proses Komunikasi
Fungsi Komunikasi secara umum adalah
1. Mencapai pengertian satu sama lain
2. Membina kepercayaan
3. Mengkoordinir tindakan
4. Merencanakan strategi
5. Melakukan pembagian pekerjaan
6. Melakukan aktivitas kelompok dan
7. Berbagi rasa.
Tujuan Komunikasi dapat ditinjau dari 2 aspek Menurut Berlo Yaitu
1. Bersifat umum adalah
(1). Informative, Komunikasi berhubungan dengan kemampuan intelektual seseorang untuk bertindak rasional, objetif dan konkrit. Bisa saja suatu informasi berkembang namun tidak jelas sumbernya dari mana, faktanya apa serta dalam konteks apa. Harus pula dicermati situasi dari kondisi yang berkembang pada saat itu.
(2). Persuasive, Berkaitan dengan kejiwaan seseorang. Bettinghous mengatakan tujuan manusia berkomunikasi secara persuasive adalah dalam rangka mempengaruhi orang lain dengan usaha mengubah keyakinan, nilai atau sikap mereka.
(3). Entertainment, Tujuan berkomunikasi adalah untuk menghibur.
2. Bersifat spesifik adalah
a. Suatu kondisi yang tidak kontradiktif secara logika atau tidak konsisten dengan komunikasi itu sendiri
b. Berpusat pada perilaku, yaitu diekspresikan dalam pengertian perilaku manusia
c. Cukup relevan bagi kita untuk dapat menghubungkannya dengan perilau komunikasi yang aktual
d. Konsisten dengan cara orang-orang berkomunikasi
Secara empirik proses komunikasi merupakan suatu kondisi dimana seseorang (komunikator) menyampaikan isi fikiran dan perasaan kepada orang lain dengan menggunakan lambang (symbol) sebagai media.
DOC Preview | Download
Pertemuan 4 Proses Komunikasi Media dan Strategi Komunikasi
Proses Komunikasi Media di kenal sebagai proses komunikasi sekunder, yaitu proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang (bahasa) sebagai media pertama.
Seorang komunikator menggunakan media kedua dalam melncarkan komunikasinya karena komunikan sebagai sasarannya berada di tempat yang relatif jauh atau jumlahnya banyak. Surat, telepon, surat kabar, majalah, radio, televisi, radio, film, faximile, e-mail dan lain sebagainya.
Pentingnya peranan media (media sekunder), dalam proses komunikasi disebabkan oleh efisiennya dalam menjangkau komunikan dalam jumlah yang amat banyak. Jelas efisien karena dengan menyiarkan pesan satu kali saja sudah dapat tersebar kepada khalayak yang begitu banyak jumlahnya.
Berhasil atau tidaknya kegiatan komunikasi dapat tentukan oleh beberapa faktor antara lain “strategi dan taktik”. Robbins dalam bukunya “organization Behavior” mendefinisikan strategi sebagai penentuan tujuan dari tujuan jangka panjang dan sasaran sebuah perusahaan.
DOC Preview | Download
Pertemuan 5 Hubungan Manusiawi
Hubungan mansiawi termasuk dalam ranah komunikasi antar persona (interpersonal communication) kerana “interaksi antar manusia terjadi antara dua orang atau lebih dan berlangsung secara dialogis”. Hubungan manusia termasuk dalam konteks komunikasi karena dalam hubungan manusia itu bersifat action oriented, dan mengandung kegiatan untuk mengubah sikap, pendapat atau perilaku. Pernyataan ini sejalan dengan pendapat Edward C. Lindeman bahwa hubungan manusiawi adalah “komunikasi antarpersona untuk m,embuat orang lain mengerti dan menaruh simpati”, kemudian William James seorang ahli ilmu jiwa dari Harvard University mengatakan bahwa “Tiap manusia dalam hati kecilnya ingin dihargai dan dihormati, orang akan menaruh simpati jika dirinya dihargai”.
DOC Preview | Download
Pertemuan 6 Komunikasi dalam Masyarakat
Hal-hal yang dapat mengganggu proses komunikasi:
1. Gangguan dari dalam diri orang yang sedang berbicara, maisalnya baru mendapatkan musibah atau habis bertengkar dengan orang lain.
2. Dalam perjalanan.
3. Penerima tidak seluruhnya mengerti apa yang sedang dibicarakan
4. Isi pembicaraan mengandung pengertian yang menyebabkan salah penerimaan
DOC Preview | Download
Pertemuan 7 Komunikasi Interpersonal
Beberapa keterampilan yang harus dimiliki agar komunikasi dapat berjalan secara memuaskan:
1. Keterampilan mendengarkan
2. Keterampilan bertingkah laku asertif/tegas
3. Keterampilan menyelesaikan konflik
4. Keterampilan menyelesaikan masalah secara bersama
5. Keterampilan membaca situasi
6. Keterampilan melakukan persuasi (membujuk secara halus).
DOC Preview | Download
Materi Kuliah Komunikasi Pemerintahan
Reviewed by MCH
on
January 15, 2017
Rating:
No comments: