Materi Kuliah Software Terapan 1
Bab 1 Mengenal Microsoft Word
Microsoft Office 2010 adalah salah satu aplikasi terpopuler dalam membantu pekerjaan. Jika diperhatikan, tampilan dari aplikasi – aplikasi di Microsoft Office 2010 kembali lagi ke tampilan office sebelum versi 2007. Yaitu fungsi File yang ada di aplikasi Office 2007 berubah kembali menjadi menu File. Tetapi isi dari fungsi – fungsi didalamnya pasti lebih baik dibanding versi sebelumnya.
PDF Preview | Download
Bab 2 Mengatur Format Dokumen, Halaman, dan Paragraf
Di dalam bab ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mengubah tampilan layout dan memformat atau efek khusus pada teks/karakter maupun paragraph.
PDF Preview | Download
Bab 3 Membuat Tabel dan Formula
Salah satu fasilitas dalam Word 2007 adalah kemudahan dalam membuat tabel. Beberapa alternative dapat digunakan untuk membuat dan menempatkan tabel pada suatu dokumen. Suatu tabel terdiri dari baris (rows) dan kolom (columns). Ada beberapa cara untuk membuat tabel, yaitu membuat tabel dengan menggunakan Ikon Tabel, Draw Table dan Quick Table.
PDF Preview | Download
Bab 4 Tabel Autoformat
Agar tampilan tabel yang telah dibuat lebih indah dan menarik, maka kita dapat menformat tampilan tabel tersebut dengan menambah bingkai, warna belakang, shading, cetak tebal, miring maupun 3 dimensi.
PDF Preview | Download
Bab 5 Menyisipkan Gambar, Header dan Footer
Tampilan naskah dan dokumen akan menjadi daya tarik tersendiri apabila didukung/dipertegas dengan adanya ilustrasi gambar. Objek yang dapat di sisipkan adalah Clip Art, grafik (chart), huruf Artistik (WordArt), maupun bentuk yang sudah jadi (autosharpas) dan bentuk terbaru dari Word 2007 adalah SmartArt.
PDF Preview | Download
Bab 6 Mail Merge
Mail merge merupakan fasilitas yang digunakan untuk menangani masalah surat menyurat yang dikirim pada beberapa orang dengan mudah dan cepat. Fasilitas ini biasa digunakan dalam kegiatan administratif, misalnya penawaran, surar tagihan, surat undangan dan lain sebagainya. Dimana surat dikirim kebeberapa tujuan.
Ada dua hal yang harus diketahui dalam fasilitas mail merge ini, yaitu main document (dokumen utama) dan data source (data tujuan):
Main document : merupakan dokumen inti atau dokumen utama yang tidak berubah atau tetap dari surat yang dibuat. Apabila diketikan teks atau informasi lain pada dokumen utama, maka akan dijadikan format dasar dari surat yang akan dikirim.
Data Source : merupakan data sebagai tujuan.
PDF Preview | Download
Bab 7 Lookup
Apabila Anda dalam suatu proses pengambilan keputusan memiliki alternatif jawaban yang cukup banyak untuk suatu permasalahan, Anda akan terasa sulit bila hanya menggunakan fasilitas logika IF. Oleh sebab itu, Ms Excel menyediakan fasilitas yang berupa fungsi Lookup untuk mengatasi hal tersebut. Fungsi Lookup membutuhkan sebuah tabel lookup untuk menampung alternative jawaban yang digunakan yang disebut tabel lookup.
Tabel Lookup adalah tabel yang digunakan untuk memuat daftar alternatif pemecahan atau jawaban. Tabel lookup ini dapat berbentuk vertikal atau horizontal. Untuk tabel Lookup yang berbentuk vertikal, judul masing-masing kelompok alternatif jawaban ditempatkan pada baris yang paling atas, Sedangkan tabel Lookup horizontal, maka judul pada masing-masing kelompok alternatif jawaban ditempatkan pada kolom paling kiri.
PDF Preview | Download
Bab 8 Mengenal Microsoft Excel 2007
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sederhana sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenernya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permsalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.
PDF Preview | Download
Bab 9 Lembar Kerja dan Rangkaian Data
Berbagai jenis data dapat dimasukkan kedalam lembar kerja seperti teks, nilai, tanggal, jam, dan lain sebagainya.
PDF Preview | Download
Bab 10 Mengatur dan Menyunting Tampilan Data
PDF Preview | Download
Bab 11 Menggunakan Fungsi dalam Excel
Segala jenis operasi sederhana yang hanya melibatkan operator matematika dapat dipecahkan dengan menggunakan rumus. Namun untuk jenis-jenis operasi yang sifatnya lebih kompleks yang tidak mungkin hanya dapat dipecahkan dengan memanfaatkan operator-operator matematika. Microsoft Excel telah menyediakan fasilitas yang berupa fungsi (Function).
Selain dapat memecahkan operasi yang lebih kompleks, fungsi ini dapat menyederhanakan operasi rumus yang rumit. Seperti fungsi untuk menjumlah, menghitung rata-rata, nilai tertinggi, terkecil dan sebagainya. Setiap fungsi harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=)
PDF Preview | Download
Bab 12 Fungsi Logika IF
Fungsi-fungsi digunakan untuk memecahkan permasalahan yang menyangkut peristiwa-peristiwa logika yaitu dengan fungsi IF. Dengan operasi logika ini, Ms.Excel dapat melakukan suatu penilaian terhadap suatu pernyataan BENAR atau SALAH.
PDF Preview | Download
Bab 13 Fungsi String
Fungsi string (teks) yang sering disebut dengan fungsi-fungsi karakter memuat fungsi-fungsi yang dapat digunakan untuk mengoperasikan data yang berjenis karakter. Terdapat tiga buah fungsi string yang akan dipelajari untuk melengkapi fungsi logika dan lookup, yaitu LEFT, RIGHT dan MID.
PDF Preview | Download
Bab 1 Mengenal Microsoft Word
Microsoft Office 2010 adalah salah satu aplikasi terpopuler dalam membantu pekerjaan. Jika diperhatikan, tampilan dari aplikasi – aplikasi di Microsoft Office 2010 kembali lagi ke tampilan office sebelum versi 2007. Yaitu fungsi File yang ada di aplikasi Office 2007 berubah kembali menjadi menu File. Tetapi isi dari fungsi – fungsi didalamnya pasti lebih baik dibanding versi sebelumnya.
PDF Preview | Download
Bab 2 Mengatur Format Dokumen, Halaman, dan Paragraf
Di dalam bab ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mengubah tampilan layout dan memformat atau efek khusus pada teks/karakter maupun paragraph.
PDF Preview | Download
Bab 3 Membuat Tabel dan Formula
Salah satu fasilitas dalam Word 2007 adalah kemudahan dalam membuat tabel. Beberapa alternative dapat digunakan untuk membuat dan menempatkan tabel pada suatu dokumen. Suatu tabel terdiri dari baris (rows) dan kolom (columns). Ada beberapa cara untuk membuat tabel, yaitu membuat tabel dengan menggunakan Ikon Tabel, Draw Table dan Quick Table.
PDF Preview | Download
Bab 4 Tabel Autoformat
Agar tampilan tabel yang telah dibuat lebih indah dan menarik, maka kita dapat menformat tampilan tabel tersebut dengan menambah bingkai, warna belakang, shading, cetak tebal, miring maupun 3 dimensi.
PDF Preview | Download
Bab 5 Menyisipkan Gambar, Header dan Footer
Tampilan naskah dan dokumen akan menjadi daya tarik tersendiri apabila didukung/dipertegas dengan adanya ilustrasi gambar. Objek yang dapat di sisipkan adalah Clip Art, grafik (chart), huruf Artistik (WordArt), maupun bentuk yang sudah jadi (autosharpas) dan bentuk terbaru dari Word 2007 adalah SmartArt.
PDF Preview | Download
Bab 6 Mail Merge
Mail merge merupakan fasilitas yang digunakan untuk menangani masalah surat menyurat yang dikirim pada beberapa orang dengan mudah dan cepat. Fasilitas ini biasa digunakan dalam kegiatan administratif, misalnya penawaran, surar tagihan, surat undangan dan lain sebagainya. Dimana surat dikirim kebeberapa tujuan.
Ada dua hal yang harus diketahui dalam fasilitas mail merge ini, yaitu main document (dokumen utama) dan data source (data tujuan):
Main document : merupakan dokumen inti atau dokumen utama yang tidak berubah atau tetap dari surat yang dibuat. Apabila diketikan teks atau informasi lain pada dokumen utama, maka akan dijadikan format dasar dari surat yang akan dikirim.
Data Source : merupakan data sebagai tujuan.
PDF Preview | Download
Bab 7 Lookup
Apabila Anda dalam suatu proses pengambilan keputusan memiliki alternatif jawaban yang cukup banyak untuk suatu permasalahan, Anda akan terasa sulit bila hanya menggunakan fasilitas logika IF. Oleh sebab itu, Ms Excel menyediakan fasilitas yang berupa fungsi Lookup untuk mengatasi hal tersebut. Fungsi Lookup membutuhkan sebuah tabel lookup untuk menampung alternative jawaban yang digunakan yang disebut tabel lookup.
Tabel Lookup adalah tabel yang digunakan untuk memuat daftar alternatif pemecahan atau jawaban. Tabel lookup ini dapat berbentuk vertikal atau horizontal. Untuk tabel Lookup yang berbentuk vertikal, judul masing-masing kelompok alternatif jawaban ditempatkan pada baris yang paling atas, Sedangkan tabel Lookup horizontal, maka judul pada masing-masing kelompok alternatif jawaban ditempatkan pada kolom paling kiri.
PDF Preview | Download
Bab 8 Mengenal Microsoft Excel 2007
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sederhana sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenernya dapat juga diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh permsalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan menampilkan grafik atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.
PDF Preview | Download
Bab 9 Lembar Kerja dan Rangkaian Data
Berbagai jenis data dapat dimasukkan kedalam lembar kerja seperti teks, nilai, tanggal, jam, dan lain sebagainya.
PDF Preview | Download
Bab 10 Mengatur dan Menyunting Tampilan Data
PDF Preview | Download
Bab 11 Menggunakan Fungsi dalam Excel
Segala jenis operasi sederhana yang hanya melibatkan operator matematika dapat dipecahkan dengan menggunakan rumus. Namun untuk jenis-jenis operasi yang sifatnya lebih kompleks yang tidak mungkin hanya dapat dipecahkan dengan memanfaatkan operator-operator matematika. Microsoft Excel telah menyediakan fasilitas yang berupa fungsi (Function).
Selain dapat memecahkan operasi yang lebih kompleks, fungsi ini dapat menyederhanakan operasi rumus yang rumit. Seperti fungsi untuk menjumlah, menghitung rata-rata, nilai tertinggi, terkecil dan sebagainya. Setiap fungsi harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=)
PDF Preview | Download
Bab 12 Fungsi Logika IF
Fungsi-fungsi digunakan untuk memecahkan permasalahan yang menyangkut peristiwa-peristiwa logika yaitu dengan fungsi IF. Dengan operasi logika ini, Ms.Excel dapat melakukan suatu penilaian terhadap suatu pernyataan BENAR atau SALAH.
PDF Preview | Download
Bab 13 Fungsi String
Fungsi string (teks) yang sering disebut dengan fungsi-fungsi karakter memuat fungsi-fungsi yang dapat digunakan untuk mengoperasikan data yang berjenis karakter. Terdapat tiga buah fungsi string yang akan dipelajari untuk melengkapi fungsi logika dan lookup, yaitu LEFT, RIGHT dan MID.
PDF Preview | Download
Materi Kuliah Software Terapan 1
Reviewed by MCH
on
December 13, 2016
Rating:
No comments: