Materi Kuliah Sistem Operasi
Bab 1 Pendahuluan
Definisi Sistem Operasi
- Software yang mengontrol hardware
- Program yang menjadikan hardware lebih mudah digunakan
- Resource Manager/ Resource Allocator (mengatur memori, printer)
- Sebagai program pengontrol program lain
- Sebagai kernel (program yang terus running selama komputer jalan)
- Sebagai guardian
PPT Preview | Download
Bab 2 Struktur Sistem Komputer
Komponen utama sistem komputer
- Processor, jika hanya satu disebut CPU
- Main Memory
- I/O modules
- System Interconnection
PPT Preview | Download
Bab 3 Struktur Sistem Operasi
1. Struktur sederhana
Sistem operasi yang kecil, sederhana dan terbatas pada hardware contoh MSDOS dan UNIX
PPT Preview | Download
Bab 4 Proses-proses
Terdapat beberapa definisi proses, diantaranya proses sebagai program yang sedang dalam keadaan eksekusi
Proses membutuhkan sumber daya seperti CPU time, memori, file dan I/O.
Proses yang khusus berhubungan dengan kegiatan penjadwalan sering disebut thread. Dalam perkembangannya proses dan thread dibedakan
Relasi Thread terhadap proses (1:1, M:1, 1:M, M:M)
Jika ditinjau dari sudut pandang proses, sistem operasi harus mampu:
- Melanjutkan tanpa henti (interleave) beberapa proses
- Mengalokasikan sumber daya untuk proses
- Mendukung komunikasi antar proses dan penciptaan proses
PPT Preview | Download
Bab 5 Penjadwalan Proses
Penjadwalan CPU terjadi pada sistem operasi yang mempergunakan multiprogramming.
Penjadwalan berupa kumpulan kebijakan untuk menentukan proses mana yang harus dikerjakan CPU dan berapa lama proses tersebut berjalan
Tujuan penjadwalan adalah mengusahakan agar CPU tetap sibuk. Pada saat CPU menunggu operasi I/O, scheduler menyeleksi proses di main memory yang memiliki status ready untuk dieksekusi. Penjadwalan tipe ini disebut Short-term scheduller. Scheduler pada short-term ini dikenal dengan nama dispatcher
PPT Preview | Download
Bab 6 Sinkronisasi
Sinkronisasi merupakan suatu proses secara bersama sama dan saling berbagi data bersama dapat mengakibatkan race condition atau inkosistensi data.
Sinkornisasi di perlukan untuk menghindari terjadinya ketidak konsistenan data akibat adanya akses secara konkuren.
PPT Preview | Download
Bab 7 Deadlock dan Starvation
Deadlock adalah keadaan dimana 2 atau lebih proses saling menunggu meminta resources untuk waktu yang tidak terbatas lamanya. Analoginya seperti pada kondisi jalan raya dimana terjadi kemacetan parah. Deadlock adalah efek samping dari sinkronisasi, dimana satu variabel digunakan oleh 2 proses.
Prinsip Deadlock:
Deadlock dapat didefinisikan sebagai blocking permanen pada beberapa proses yang saling berkompetisi maupun berkomunikasi untuk memperoleh suatu sumber daya.
Starvation adalah kondisi yang biasanya terjadi setelah deadlock. Proses yang kekurangan resource (karena terjadi deadlock) tidak akan pernah mendapat resource yang dibutuhkan sehingga mengalami starvation (kelaparan).
PPT Preview | Download
Bab 8 Manajemen Memory
Pada uniprograming, main memory dibagi menjadi dua yaitu untuk sistem operasi (resident monitor, kernel) dan program yang dieksekusi sedangkan dalam multiprograming, main memory yang digunakan user dibagi-bagi untuk beberapa proses. Tugas pembagian ini yang disebut manajemen memori
Fungsi manajemen memori
- Mengelola informasi memori yang dipakai dan tidak dipakai
- Mengalokasikan memori dari proses yang telah selesai
- Mendealokasikan memori dari proses yang telah selesai
- Mengelola swapping antar main memory dan virtual memory
PPT Preview | Download
Bab 1 Pendahuluan
Definisi Sistem Operasi
- Software yang mengontrol hardware
- Program yang menjadikan hardware lebih mudah digunakan
- Resource Manager/ Resource Allocator (mengatur memori, printer)
- Sebagai program pengontrol program lain
- Sebagai kernel (program yang terus running selama komputer jalan)
- Sebagai guardian
PPT Preview | Download
Bab 2 Struktur Sistem Komputer
Komponen utama sistem komputer
- Processor, jika hanya satu disebut CPU
- Main Memory
- I/O modules
- System Interconnection
PPT Preview | Download
Bab 3 Struktur Sistem Operasi
1. Struktur sederhana
Sistem operasi yang kecil, sederhana dan terbatas pada hardware contoh MSDOS dan UNIX
2. Struktur Monolithic
- Merupakan struktur sederhana yang dilengkapi dengan dual mode
- Berupa kumpulan prosedur yang dapat dipanggil bila diperlukan dan dieksekusi pada monitor mode
- User program melakukan trap pada kernel. Intruksi berpindah dari user mode ke monitor mode dan mentransfer kontrol ke sistem operasi
- Sistem operasi mengecek parameter dari pemanggilan tersebut untuk menentukan system call mana yang memanggil
- Sistem operasi menunjuk ke suatu tabel yang berisi system call yang dimaksud
- Setelah system call selesai, kontrol dikembalikan ke user program
3. Struktur Berlapis
Sistem operasi dibagi menjadi modul-modul (modular) dan tiap modul memiliki hirarki top-down.
Modul yang merupakan lapisan bawah akan melayani lapisan di atasnya.
Contoh : UNIX termodifikasi, THE, Venus dan OS2
Struktur THE :
Lapis-5 : user program
Lapis-4 : buffering untuk I/O device
Lapis-3 : operator-console device driver
Lapis-2 : manajemen memori
Lapis-1 : penjadwalan CPU
Lapis-0 : hardware
Bab 4 Proses-proses
Terdapat beberapa definisi proses, diantaranya proses sebagai program yang sedang dalam keadaan eksekusi
Proses membutuhkan sumber daya seperti CPU time, memori, file dan I/O.
Proses yang khusus berhubungan dengan kegiatan penjadwalan sering disebut thread. Dalam perkembangannya proses dan thread dibedakan
Relasi Thread terhadap proses (1:1, M:1, 1:M, M:M)
Jika ditinjau dari sudut pandang proses, sistem operasi harus mampu:
- Melanjutkan tanpa henti (interleave) beberapa proses
- Mengalokasikan sumber daya untuk proses
- Mendukung komunikasi antar proses dan penciptaan proses
PPT Preview | Download
Bab 5 Penjadwalan Proses
Penjadwalan CPU terjadi pada sistem operasi yang mempergunakan multiprogramming.
Penjadwalan berupa kumpulan kebijakan untuk menentukan proses mana yang harus dikerjakan CPU dan berapa lama proses tersebut berjalan
Tujuan penjadwalan adalah mengusahakan agar CPU tetap sibuk. Pada saat CPU menunggu operasi I/O, scheduler menyeleksi proses di main memory yang memiliki status ready untuk dieksekusi. Penjadwalan tipe ini disebut Short-term scheduller. Scheduler pada short-term ini dikenal dengan nama dispatcher
PPT Preview | Download
Bab 6 Sinkronisasi
Sinkronisasi merupakan suatu proses secara bersama sama dan saling berbagi data bersama dapat mengakibatkan race condition atau inkosistensi data.
Sinkornisasi di perlukan untuk menghindari terjadinya ketidak konsistenan data akibat adanya akses secara konkuren.
PPT Preview | Download
Bab 7 Deadlock dan Starvation
Deadlock adalah keadaan dimana 2 atau lebih proses saling menunggu meminta resources untuk waktu yang tidak terbatas lamanya. Analoginya seperti pada kondisi jalan raya dimana terjadi kemacetan parah. Deadlock adalah efek samping dari sinkronisasi, dimana satu variabel digunakan oleh 2 proses.
Prinsip Deadlock:
Deadlock dapat didefinisikan sebagai blocking permanen pada beberapa proses yang saling berkompetisi maupun berkomunikasi untuk memperoleh suatu sumber daya.
Starvation adalah kondisi yang biasanya terjadi setelah deadlock. Proses yang kekurangan resource (karena terjadi deadlock) tidak akan pernah mendapat resource yang dibutuhkan sehingga mengalami starvation (kelaparan).
PPT Preview | Download
Bab 8 Manajemen Memory
Pada uniprograming, main memory dibagi menjadi dua yaitu untuk sistem operasi (resident monitor, kernel) dan program yang dieksekusi sedangkan dalam multiprograming, main memory yang digunakan user dibagi-bagi untuk beberapa proses. Tugas pembagian ini yang disebut manajemen memori
Fungsi manajemen memori
- Mengelola informasi memori yang dipakai dan tidak dipakai
- Mengalokasikan memori dari proses yang telah selesai
- Mendealokasikan memori dari proses yang telah selesai
- Mengelola swapping antar main memory dan virtual memory
PPT Preview | Download
Materi Kuliah Sistem Operasi
Reviewed by MCH
on
December 01, 2016
Rating:
No comments: