Materi Kuliah Event Management
Pertemuan 1 Introduction
Event/festival lahir sebelum turunnya tahta kekaisaran Romawi barat yang memberikan peluang bagi rakyat untuk berpartisipasi menunjukkan identitas mereka dan berbagi ritual dan perayaan keagamaan diantara mereka
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 2 Event Strategy
Elements of the strategic event planning process:
1. duration
2. location/venue,
3. Timing
4. key program elements that will serve to make the event unique or special.
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 3 Event Production
Event Production adalah pembuat event-event kreatif hampir sama seperti event organizer (EO) namun yang membedakan adalah bahwa EO belum tentu bisa event production. Event production membuat karya-karya kreatif dengan bantuan teknologi seperti membuat animasi orang yang dapat diubah-ubah ukuran tubuhnya.
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 4 Human Resources
Human Resources (HR) adalah bagian yang sangat penting dari suatu organisasi/perusahaan. Mereka adalah penopang dari kesuksesan suatu perusahaan. Tugasnya adalah mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan tenaga kerja. Mengapa dibilang penting, karena tanpa karyawan, sebuah perusahaan tidak dapat berjalan. Jadi tugas dari bagian HR adalah memastikan karyawan mendapatkan hak mereka, dan puas dengan pekerjaan mereka.
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 5 Event Budget
Asumsi-asumsi menyusun anggaran
- Asumsi perkiraan dan proyeksi pemasaran, sprti potensi pasar yg merespon program Event, volume penjualan barang saat event berlangsung, jumlah pengunjung/tiket yg diharapkan terjual.
- Menggunakan data historis(event sebelumnya yg sejenis) sbg dasar menyusun anggaran baru.
- Proyeksi situasi perekonomian di masa yg akan datang (laju inflasi, nilai tukar rupiah,tingkat penggangguran, pesatnya tingkat perdagangan eceran)
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 6 Event Logistics
The Chartered Institute of Logistics and Transport (CILT (UK)) define logistics as, ‘The time-related positioning of resources to meet user requirements’, where resources may be transport, storage, or information (Supply-Chain Inventory Management Forum, 2003)
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 7 Strategy Marketing For Events
Segmentation and Targeting the Event Market
The process of identifying appropriate target markets is known as market segmentation. Segmentation can occur by geography, demography or lifestyle (psychography).
The market segments chosen should be:
measurable – that is, the characteristics of the segment (socio-economic status, gender, age and so on) must be accessible to the event marketer substantial enough in size to be worth targeting accessible by normal marketing communication channels actionable by the event organizer, given the marketing budget and other resources
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 1 Introduction
Event/festival lahir sebelum turunnya tahta kekaisaran Romawi barat yang memberikan peluang bagi rakyat untuk berpartisipasi menunjukkan identitas mereka dan berbagi ritual dan perayaan keagamaan diantara mereka
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 2 Event Strategy
Elements of the strategic event planning process:
1. duration
2. location/venue,
3. Timing
4. key program elements that will serve to make the event unique or special.
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 3 Event Production
Event Production adalah pembuat event-event kreatif hampir sama seperti event organizer (EO) namun yang membedakan adalah bahwa EO belum tentu bisa event production. Event production membuat karya-karya kreatif dengan bantuan teknologi seperti membuat animasi orang yang dapat diubah-ubah ukuran tubuhnya.
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 4 Human Resources
Human Resources (HR) adalah bagian yang sangat penting dari suatu organisasi/perusahaan. Mereka adalah penopang dari kesuksesan suatu perusahaan. Tugasnya adalah mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan tenaga kerja. Mengapa dibilang penting, karena tanpa karyawan, sebuah perusahaan tidak dapat berjalan. Jadi tugas dari bagian HR adalah memastikan karyawan mendapatkan hak mereka, dan puas dengan pekerjaan mereka.
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 5 Event Budget
Asumsi-asumsi menyusun anggaran
- Asumsi perkiraan dan proyeksi pemasaran, sprti potensi pasar yg merespon program Event, volume penjualan barang saat event berlangsung, jumlah pengunjung/tiket yg diharapkan terjual.
- Menggunakan data historis(event sebelumnya yg sejenis) sbg dasar menyusun anggaran baru.
- Proyeksi situasi perekonomian di masa yg akan datang (laju inflasi, nilai tukar rupiah,tingkat penggangguran, pesatnya tingkat perdagangan eceran)
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 6 Event Logistics
The Chartered Institute of Logistics and Transport (CILT (UK)) define logistics as, ‘The time-related positioning of resources to meet user requirements’, where resources may be transport, storage, or information (Supply-Chain Inventory Management Forum, 2003)
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 7 Strategy Marketing For Events
Segmentation and Targeting the Event Market
The process of identifying appropriate target markets is known as market segmentation. Segmentation can occur by geography, demography or lifestyle (psychography).
The market segments chosen should be:
measurable – that is, the characteristics of the segment (socio-economic status, gender, age and so on) must be accessible to the event marketer substantial enough in size to be worth targeting accessible by normal marketing communication channels actionable by the event organizer, given the marketing budget and other resources
PPT PRVW | DWNLD
Materi Kuliah Event Management
Reviewed by MCH
on
March 07, 2016
Rating:
No comments: