Materi Kuliah Komputer Grafik
Pertemuan 1 Pendahuluan Komputer Grafik
Grafik Komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 2 Elemen-elemen Pembentuk Grafik
Dasar - dasar Matematika yang Diperlukan dalam Grafik Komputer
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 3 Display dan Lingkungan
– Display–Raster: array segiempat berisi titik/ dot
– Pixel: satu dot atau picture elemen dari raster
– Scan line: baris dari pixel
– TV B/W : suatu oscilloscope dengan pola scan yang tetap yaitu kiri ke kanan, atas ke bawah
– Untuk menggambar pada screen, komputer membutuhkan sinkronisasi dengan pola scanning dari raster. Diperlukan memori khusus untuk buffer citra dengan scan out sinkronouske raster yang disebut framebuffer .
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 4 Pemrograman (Software)
Saat ini di pasaran terdapat bermacam-macam software komputer grafis, dan secara umum dapat dikelompokkan menjadi lima kelompok yaitu:
1. Software pengolah tata letak (layout),
2. Software pengolah vektor/ garis,
3. Software pengolah pixel/ image,
4. Software pengolah animasi 2 dimensi/ video, dan
5. Software pengolah animasi 3 dimensi
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 5 Titik dan Garis
Titik adalah bagian terkecil dari suatu objek, yang menempati suatu tempat, yang tidak memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Titik adalah suatu idea tau bisa disebut abstrak. Dikarenakan titik tidak bisa dijelaskan dengan cara biasa, Titik termasuk sesuatu yang tak terdefinisi.
Garis adalah bagian dari suatu yang bersifat fisik. Sebuah garis adalah lapisan tertipis yang dapat kamu gambar. Panjangnya tak terbatas, lurus, tidan mempunyai ketebalan, dan tidak mempunyai ujung. Garis adalah suatu idea tau bisa disebut abstrak. Dikarenakan titik tidak bisa dijelaskan dengan cara biasa, Garis termasuk sesuatu yang tak terdefinisi.
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 6 Algoritma Pembentuk Lingkaran
Secara umum prosedur pembentuk lingkaran dibuat dengan rumus dasar
x2 + y2 = r2
Terdapat beberapa cara untuk membentuk suatu lingkaran namun tidak efisien. Lingkaran dapat dibuat dengan menggambarkan seperempat lingkaran karena bagian lain dapat dibuat sebagai bagian yang simetris.
Algoritma Simetris delapan titik
Algoritma Lingkaran Midpoint
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 7 Transformasi 2D
Transformasi 2D adalah perubahan bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika.
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 8 Transformasi 3D
Dalam ruang dua dimensi suatu titik akan berada pada suatu posisi yang dinyatakan oleh dua sumbu.
Umumnya kita sebut sumbu x dan sumbu y. Dalam ruang tiga dimensi terdapat sumbu ketiga yang biasanya kita sebut sumbu z.
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 9 Grafika Komputer
Penempatan Kamera
Kamera diposisikan menggunakan kombinasi translasi dan rotasi.
Pikirkanlah jika kamera diletakkan pada lokasi yang sama dengan posisi mata penonton
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 10 Deteksi Warna
- Mendeteksi adanya warna-warna tertentu
- Menentukan posisi pixel dengan warna yang ditentukan
- Aplikasi: Deteksi rambu-rambu lalu lintas, deteksi bola dengan warna tertentu, deteksi obyek berdasarkan warna, deteksi kulit (skin detection)
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 1 Pendahuluan Komputer Grafik
Grafik Komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 2 Elemen-elemen Pembentuk Grafik
Dasar - dasar Matematika yang Diperlukan dalam Grafik Komputer
– Geometry (2D, 3D)
– Trigonometry
– Vector spaces dalam bentuk Matriks
– Points, vectors, dan koordinat
– Dot dan cross products
Pertemuan 3 Display dan Lingkungan
– Display–Raster: array segiempat berisi titik/ dot
– Pixel: satu dot atau picture elemen dari raster
– Scan line: baris dari pixel
– TV B/W : suatu oscilloscope dengan pola scan yang tetap yaitu kiri ke kanan, atas ke bawah
– Untuk menggambar pada screen, komputer membutuhkan sinkronisasi dengan pola scanning dari raster. Diperlukan memori khusus untuk buffer citra dengan scan out sinkronouske raster yang disebut framebuffer .
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 4 Pemrograman (Software)
Saat ini di pasaran terdapat bermacam-macam software komputer grafis, dan secara umum dapat dikelompokkan menjadi lima kelompok yaitu:
1. Software pengolah tata letak (layout),
2. Software pengolah vektor/ garis,
3. Software pengolah pixel/ image,
4. Software pengolah animasi 2 dimensi/ video, dan
5. Software pengolah animasi 3 dimensi
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 5 Titik dan Garis
Titik adalah bagian terkecil dari suatu objek, yang menempati suatu tempat, yang tidak memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Titik adalah suatu idea tau bisa disebut abstrak. Dikarenakan titik tidak bisa dijelaskan dengan cara biasa, Titik termasuk sesuatu yang tak terdefinisi.
Garis adalah bagian dari suatu yang bersifat fisik. Sebuah garis adalah lapisan tertipis yang dapat kamu gambar. Panjangnya tak terbatas, lurus, tidan mempunyai ketebalan, dan tidak mempunyai ujung. Garis adalah suatu idea tau bisa disebut abstrak. Dikarenakan titik tidak bisa dijelaskan dengan cara biasa, Garis termasuk sesuatu yang tak terdefinisi.
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 6 Algoritma Pembentuk Lingkaran
Secara umum prosedur pembentuk lingkaran dibuat dengan rumus dasar
x2 + y2 = r2
Terdapat beberapa cara untuk membentuk suatu lingkaran namun tidak efisien. Lingkaran dapat dibuat dengan menggambarkan seperempat lingkaran karena bagian lain dapat dibuat sebagai bagian yang simetris.
Algoritma Simetris delapan titik
Algoritma Lingkaran Midpoint
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 7 Transformasi 2D
Transformasi 2D adalah perubahan bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika.
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 8 Transformasi 3D
Dalam ruang dua dimensi suatu titik akan berada pada suatu posisi yang dinyatakan oleh dua sumbu.
Umumnya kita sebut sumbu x dan sumbu y. Dalam ruang tiga dimensi terdapat sumbu ketiga yang biasanya kita sebut sumbu z.
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 9 Grafika Komputer
Penempatan Kamera
Kamera diposisikan menggunakan kombinasi translasi dan rotasi.
Pikirkanlah jika kamera diletakkan pada lokasi yang sama dengan posisi mata penonton
PPT PRVW | DWNLD
Pertemuan 10 Deteksi Warna
- Mendeteksi adanya warna-warna tertentu
- Menentukan posisi pixel dengan warna yang ditentukan
- Aplikasi: Deteksi rambu-rambu lalu lintas, deteksi bola dengan warna tertentu, deteksi obyek berdasarkan warna, deteksi kulit (skin detection)
PPT PRVW | DWNLD
Materi Kuliah Komputer Grafik
Reviewed by MCH
on
February 25, 2016
Rating:
No comments: