Microsoft Office Word 2007 merupakan sebuah software atau program aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata (word processor), dan berfungsi untuk membuat sebuah buku, laporan, proposal, surat dan dokumen tertulis lainnya dan kita juga dapat menambahkan sebuah data seperti grafik dan gambar sebagai media pendukung dokumen kita.
Langkah – langkah Membuka Program Aplikasi Microsoft Word 2007
1. Pastikan Komputer kalian sudah dalam keadaan menyala
2. Klik tombol Start pada taskbar (windows button)
3. Pilih menu All Program, Pilih Microsoft Office
4. Kemudian klik Microsoft Word 2007
Unsur-unsur Utama Dalam Program Aplikasi Microsoft Word 2007
TitleTitle merupakan menu untuk menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
Office Button
Berisi barisan perintah untuk mengolah sebuah dokumen, misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
Quick Access Toolbar (Akses Cepat Toolbar)
Merupakan tombol khusus yang telah disediakan Microsoft Word untuk mempercepat akses mengolah dokumen, misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya
Menubar
Sebuah menu yang didalamnya terdapat skumpulan toolbar
Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (alat) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mengolah sebuah lembar kerja yang ada di Microsoft Word
Help (?)
Sebuah tombol bantuan untuk mencari solusi pada masalah yang sedang kita alami, dan dia akan menunjukkan cara mengatasi masalah tersebut
Close Button
Untuk keluar dari program Microsoft Word
Lembar Kerja (Workbook)
Sebuah halaman yang digunakan untuk membuat dan mengolah sebuah dokumen di Microsoft Word
Ruler (Penggaris)
Berguna untuk melihat batas margin dan mengatur margin secara langsung, dan ini juga berguna mengatur lembar kerja, paragraf dan yang lainnya
Margin
Sebuah garis pembatas konten pada halaman
- Margin Atas : Sebuah garis pembatas konten pada halaman yang ada di sebelah Atas
- Margin Bawah : Sebuah garis pembatas konten pada halaman yang ada di sebelah Bawah
- Margin Kanan : Sebuah garis pembatas konten pada halaman yang ada di sebelah Kanan
- Margin Kiri : Sebuah garis pembatas konten pada halaman yang ada di sebelah Kiri
Scrollbar
Untuk mempermudah pengguna dalam mengolah maupun membaca suatu dokumen dengan menggeser ke berbagai arah
Status Bar
Sebuah menu yang menunjukkan tentang status pada dokumen yang kita olah, seperti menunjukkan jumlah halaman, jumlah kata, bahasa yang kita tulis (ketik) dan lain lain
View
Kumpulan menu yang digunakan untuk mempermudah dalam melihat tampilan tertentu, seperti tampilan Print Layout (normal), Full Screen, Website Layout dan lainnya
Zoom
Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja Microsoft Office Word
Shortcut Keyboard Pada Microsoft Word 2007
Backspace : Untuk menghapus satu karakter kekiriDelete: Untuk menghapus satu karakter kekanan
Enter : Untuk membuat baris baru
Home : Untuk menuju ke awal baris
End : Untuk menuju ke akhir baris
Ctrl + Home : Untuk menuju ke awal halaman
Ctrl + End : Untuk menuju ke akhir halaman
Arah Kiri / Kanan : Untuk berpindah satu karakter ke kanan atau kiri
Arah Atas / Bawah : Untuk berpindah satu karakter ke atas atau bawah
Ctrl + Arah Kiri / Kanan : Untuk berpindah satu kata ke kanan atau kiri
Ctrl + Arah Atas / Bawah : Untuk berpindah satu kata ke atas atau bawah
Page Up : Untuk berpindah satu halaman ke atas
Page Down : Untuk berpindah satu halaman ke bawah
Ctrl + N : Untuk membuat dokumen baru
Ctrl + O : Untuk membuka dokumen yang telah kita simpan sebelumnya.
Ctrl + P : Untuk mencetak dokumen menggunakan Printer
Ctrl + S : Untuk menyimpan dokumen yang telah kita buat
Ctrl + W : Untuk Menutup Dokumen
Ctrl + Y : Untuk melakukan Repeat/Redo
Ctrl + Z : Untuk melakukan Undo
F5: Untuk membuka menu tool Go To (pergi dengan cepat)
F12 : Untuk menyimpan dokumen dengan nama dan format baru
Ctrl + A : Untuk menandai seluruh teks yang ada di dokumen
Ctrl + C : Untuk mengCopy (menyalin) konten (isi)
Ctrl + V : Untuk menempelkan konten (isi) yang telah di potong (Cut) / di salin (Copy)
Ctrl + X : Untuk memotong (memindahkan) konten
Ctrl + Shift + Arah Kiri / Kanan : Menandai satu kata ke kanan atau kiri dari titik pointer
Ctrl + Shift + Arah Atas / Bawah : Menandai satu baris ke atas atau bawah dari titik pointer
Shift + Home : Menandai satu baris ke kiri dari titik pointer
Shift + End : Menandai satu baris ke kanan dari titik pointer
Ctrl + Shift + Home : Menandai seluruh teks ke atas dari titik pointer
Ctrl + Shift + End : Menandai seluruh teks ke bawah dari titik pointer
Shift + Page Up : Menandai satu halaman teks ke atas
Shift + Page Down : Menandai satu halaman teks ke bawah
Menggunakan Mouse
Klik kiri pada dokumen : Untuk meletakkan titik pointer
Klik kiri tahan (drag) pada mouse ke arah teks yang di inginkan : Menandai teks yang dipilih
Klik 2X pada teks : Untuk menandai suatu teks
Klik 3X pada teks : Untuk menandai satu baris teks
Ctrl + S : Untuk menyimpan dokumen yang telah kita buat
Ctrl + W : Untuk Menutup Dokumen
Ctrl + Y : Untuk melakukan Repeat/Redo
Ctrl + Z : Untuk melakukan Undo
F5: Untuk membuka menu tool Go To (pergi dengan cepat)
F12 : Untuk menyimpan dokumen dengan nama dan format baru
Menandai/Memilih Teks
Menggunakan Tombol KeyboardCtrl + A : Untuk menandai seluruh teks yang ada di dokumen
Ctrl + C : Untuk mengCopy (menyalin) konten (isi)
Ctrl + V : Untuk menempelkan konten (isi) yang telah di potong (Cut) / di salin (Copy)
Ctrl + X : Untuk memotong (memindahkan) konten
Ctrl + Shift + Arah Kiri / Kanan : Menandai satu kata ke kanan atau kiri dari titik pointer
Ctrl + Shift + Arah Atas / Bawah : Menandai satu baris ke atas atau bawah dari titik pointer
Shift + Home : Menandai satu baris ke kiri dari titik pointer
Shift + End : Menandai satu baris ke kanan dari titik pointer
Ctrl + Shift + Home : Menandai seluruh teks ke atas dari titik pointer
Ctrl + Shift + End : Menandai seluruh teks ke bawah dari titik pointer
Shift + Page Up : Menandai satu halaman teks ke atas
Shift + Page Down : Menandai satu halaman teks ke bawah
Menggunakan Mouse
Klik kiri pada dokumen : Untuk meletakkan titik pointer
Klik kiri tahan (drag) pada mouse ke arah teks yang di inginkan : Menandai teks yang dipilih
Klik 2X pada teks : Untuk menandai suatu teks
Klik 3X pada teks : Untuk menandai satu baris teks
Untuk Meformat Teks
Ctrl + L Untuk Align Left : Perataan teks sebelah kiri
Ctrl + E Untuk Align Center : Perataan teks di tengah.
Ctrl + R Untuk Align Right : Perataan teks sebelah kanan.
Ctrl + J Untuk Justify : Perataan teks sebelah kiri dan kanan
Ctrl + Shift + F Untuk Font : Memilih jenis huruf (font)
Ctrl + Shift + P Untuk Font Size : Untuk mengatur ukuran huruf
Ctrl + B Untuk Bold : Membuat huruf cetak tebal
Ctrl + I Untuk Italic : Membuat huruf cetak miring
Ctrl + U Untuk Underline : Untuk menggaris bawahi huruf.
1. Membuat Dokumen Baru Pada Microsoft Office Word Melalui Tombol Office Button
Klik tombol Office Button, lalu klik New
Maka keluar sebuah jendela baru yang bernama New Document
Pada tampilan jendela New Document kita dapat membuat dokumen yang kita butuhkan pada menu Template, seperti pada gambar di atas
Blank Document : Untuk membuat sebuah dokumen baru dari dokumen kosong
Installed Templates : Untuk membuat dokumen dengan menggunkan template yang telah disediakan secara otomatis oleh Microsoft Word
My Templates : Untuk membuat dokumen dari template buatan
New From Existing : Untuk membuat dokumen dari beberapa template yang ada dalam komputer kita
Microsoft Office Online : Bisa kita gunakan untuk mencari template microsoft word lainnya secara online
2. Membuat Dokumen Baru Pada Microsoft Office Word 2007 Dengan Cara Cepat
Klik tombol New Document yang ada di Quick Acces Toolbar, jika tombolnya tidak ada maka klik tombol panah yang ada di Quick Acces Toolbar dan beri tanda centang pada tulisan New
Atau bisa juga dengan menggunakan tombol Ctrl + N pada keyboard.
Mengenal dan Mengetahui Lebih Jelas Tentang Microsoft Office Word 2007
Reviewed by MCH
on
September 06, 2019
Rating:
No comments: