Materi Kuliah Analisis Proses Bisnis
Pertemuan 1 Pendahuluan
A business process as a series of tasks or activities to achieve a given purpose or goal, which can be completed either in sequence or in parallel, by people or systems, either inside or outside an organization. [Butler Group]
The task are pre-defined, and the process can be repeated.
The sequence of tasks in any process is usually important.
PPT Preview | Download
Pertemuan 2 Workflow-Driven Methodology
Proses merupakan sekumpulan pekerjaan atau tugas yang saling berhubungan, merupakan respon terhadap sebuah kejadian, dimaksudkan untuk mencapai hasil tertentu untuk customer atau pihak-pihak yang mempunyai kepentingan terhadap proses tersebut.
Elemen utama dalam menentukan batasan sebuah proses : kejadian dari proses tersebut, serta hasil dan customer yang membutuhkan hasil tersebut.
Hasil merupakan hal utama karena hasil merupakan alasan kenapa diperlukan adanya proses tersebut
PPT Preview | Download
Pertemuan 3 Analisis Bisnis
Business analysis is the discipline of identifying business needs and determining solutions to business problems. Solutions often include a systems development component, but may also consist of process improvement or organizational change. The person who carries out this task is called a business analyst or BA.
Those BAs who work solely on developing software systems may be called IT Business Analysts, Technical Business Analysts, or Systems Analysts.
PPT Preview | Download
Pertemuan 4 Tahap Frame The Process
Pendefinisian proses bisnis harus tepat: not too small (by a task), not too big (an area), not by specialty (a function), and not by organizational structure (such as a divion or department) karena terdapat sejumlah istilah yang dikenal dalam proses bisnis(proses, fungsi, aktifitas, tugas/task), maka jangan sampai penggunaan istilah-istilah tersebut menjadi tumpang tindih.
Sebuah proses merupakan sekumpulan tugas atau aksi yang dimaksudkan untuk mencapai suatu hasil tertentu; dapat pula diartikan sebagai serangkaian aksi atau operasi yang menuju suatu akhir; atau juga suatu operasi berkelanjutan khususnya dalam manufaktur/pabrik.
Sebuah fungsi merupakan suatu posisi jabatan tertentu atau suatu pekerjaan tertentu.
Sebuah aktifitas adalah sebuah fungsi mendasar(bisa dianggap sebagai proses yang dilaksanakan oleh organisasi dalam rangka mempertahankan keberlangsungan hidup organisasinya).
Tugas merupakan bagian dari pekerjaan yang harus diselesaikan dalam kurun waktu tertentu.
PPT Preview | Download
Pertemuan 5 Penetapan Cakupan Proses
Semua bentuk proyek (khususnya proyek peningkatan proses) membutuhkan penetapan cakupan yang jelas. Masalah yang dapat muncul dari ketidakjelasan cakupan suatu proyek antara lain adalah:
- Permasalahan yang tanpa ujung (spirals aimlessly)
- Peningkatan proses yang akhirnya malah lebih memperburuk proses awal
- Sumber dari permasalahan lain
PPT Preview | Download
Pertemuan 6 Pemodelan Proses Bisnis
Proses bisnis terdiri dari sejumlah aktifitas yang kesemuanya saling berhubungan untuk mencapai tujuan bisnis. Aktifitas ini bisa berbentuk aktifitas sistem, aktifitas interaksi dengan user, dan aktifitas manual. Aktifitas manual tidak didukung oleh sistem informasi. contoh aktifitas manual adalah mewawancara calon pegawai baru.
PPT Preview | Download
Pertemuan 7 Pemodelan Sistem
Untuk dapat menangkap kompleksitas atau luasnya cakupan dari manajemen proses bisnis, maka ada sejumlah cara penggambaran/pemodelan yang dapat digunakan untuk memodelkan proses bisnis yang kompleks ini. Cara pemodelan paling tradisional dalam ilmu komputer adalah dengan pemodelan berlevel-level, dari level metamodel ke level model ke level contoh. Ini diistilahkan dengan pemodelan secara vertikal.
Dalam bentuk pemodelan secara vertikal, model-model ini juga dapat berasal dari berbagai area dimana model dengan asal area yang berbeda akan digambarkan secara terpisah. Ini diistilahkan dengan pemodelan secara horisontal.
PPT Preview | Download
Pertemuan 8 Measuring and Improving Corporate IT Performance through the Balanced Scorecard (Part 1)
Kaplan and Norton developed the balanced scorecard in the early 90's, their idea: traditional financial measures should be supplemented with measures concerning customer satisfaction, internal processes, and the ability to innovate. these additional measures should assure future financial results and drive the organization towards its strategic goals while keeping all four perspectives in balance they propose a three layered structure for the four perspectives:
- mission: "to become our customers' most preferred supplier"
- objectives: "to provide our customers with new products"
- measures: "percentage of turnover generated by new products"
their BSC can be translated into the more specific needs of an IT function
PPT Preview | Download
Pertemuan 1 Pendahuluan
A business process as a series of tasks or activities to achieve a given purpose or goal, which can be completed either in sequence or in parallel, by people or systems, either inside or outside an organization. [Butler Group]
The task are pre-defined, and the process can be repeated.
The sequence of tasks in any process is usually important.
PPT Preview | Download
Pertemuan 2 Workflow-Driven Methodology
Proses merupakan sekumpulan pekerjaan atau tugas yang saling berhubungan, merupakan respon terhadap sebuah kejadian, dimaksudkan untuk mencapai hasil tertentu untuk customer atau pihak-pihak yang mempunyai kepentingan terhadap proses tersebut.
Elemen utama dalam menentukan batasan sebuah proses : kejadian dari proses tersebut, serta hasil dan customer yang membutuhkan hasil tersebut.
Hasil merupakan hal utama karena hasil merupakan alasan kenapa diperlukan adanya proses tersebut
PPT Preview | Download
Pertemuan 3 Analisis Bisnis
Business analysis is the discipline of identifying business needs and determining solutions to business problems. Solutions often include a systems development component, but may also consist of process improvement or organizational change. The person who carries out this task is called a business analyst or BA.
Those BAs who work solely on developing software systems may be called IT Business Analysts, Technical Business Analysts, or Systems Analysts.
PPT Preview | Download
Pertemuan 4 Tahap Frame The Process
Pendefinisian proses bisnis harus tepat: not too small (by a task), not too big (an area), not by specialty (a function), and not by organizational structure (such as a divion or department) karena terdapat sejumlah istilah yang dikenal dalam proses bisnis(proses, fungsi, aktifitas, tugas/task), maka jangan sampai penggunaan istilah-istilah tersebut menjadi tumpang tindih.
Sebuah proses merupakan sekumpulan tugas atau aksi yang dimaksudkan untuk mencapai suatu hasil tertentu; dapat pula diartikan sebagai serangkaian aksi atau operasi yang menuju suatu akhir; atau juga suatu operasi berkelanjutan khususnya dalam manufaktur/pabrik.
Sebuah fungsi merupakan suatu posisi jabatan tertentu atau suatu pekerjaan tertentu.
Sebuah aktifitas adalah sebuah fungsi mendasar(bisa dianggap sebagai proses yang dilaksanakan oleh organisasi dalam rangka mempertahankan keberlangsungan hidup organisasinya).
Tugas merupakan bagian dari pekerjaan yang harus diselesaikan dalam kurun waktu tertentu.
PPT Preview | Download
Pertemuan 5 Penetapan Cakupan Proses
Semua bentuk proyek (khususnya proyek peningkatan proses) membutuhkan penetapan cakupan yang jelas. Masalah yang dapat muncul dari ketidakjelasan cakupan suatu proyek antara lain adalah:
- Permasalahan yang tanpa ujung (spirals aimlessly)
- Peningkatan proses yang akhirnya malah lebih memperburuk proses awal
- Sumber dari permasalahan lain
PPT Preview | Download
Pertemuan 6 Pemodelan Proses Bisnis
Proses bisnis terdiri dari sejumlah aktifitas yang kesemuanya saling berhubungan untuk mencapai tujuan bisnis. Aktifitas ini bisa berbentuk aktifitas sistem, aktifitas interaksi dengan user, dan aktifitas manual. Aktifitas manual tidak didukung oleh sistem informasi. contoh aktifitas manual adalah mewawancara calon pegawai baru.
PPT Preview | Download
Pertemuan 7 Pemodelan Sistem
Untuk dapat menangkap kompleksitas atau luasnya cakupan dari manajemen proses bisnis, maka ada sejumlah cara penggambaran/pemodelan yang dapat digunakan untuk memodelkan proses bisnis yang kompleks ini. Cara pemodelan paling tradisional dalam ilmu komputer adalah dengan pemodelan berlevel-level, dari level metamodel ke level model ke level contoh. Ini diistilahkan dengan pemodelan secara vertikal.
Dalam bentuk pemodelan secara vertikal, model-model ini juga dapat berasal dari berbagai area dimana model dengan asal area yang berbeda akan digambarkan secara terpisah. Ini diistilahkan dengan pemodelan secara horisontal.
PPT Preview | Download
Pertemuan 8 Measuring and Improving Corporate IT Performance through the Balanced Scorecard (Part 1)
Kaplan and Norton developed the balanced scorecard in the early 90's, their idea: traditional financial measures should be supplemented with measures concerning customer satisfaction, internal processes, and the ability to innovate. these additional measures should assure future financial results and drive the organization towards its strategic goals while keeping all four perspectives in balance they propose a three layered structure for the four perspectives:
- mission: "to become our customers' most preferred supplier"
- objectives: "to provide our customers with new products"
- measures: "percentage of turnover generated by new products"
their BSC can be translated into the more specific needs of an IT function
PPT Preview | Download
Pertemuan 9 Measuring and Improving Corporate IT Performance through the Balanced Scorecard (Part 2)
PPT Preview | Download
Pertemuan 10 Understanding Existing Process
Understand phase:
- Confirm scope and boundaries
- Map existing process understanding
- Measure process performance
- Determine root cause
- Identify improvement priorities
- Implement early wins
PPT Preview | Download
Pertemuan 11 Measuring Process Performance
PPT Preview | Download
Pertemuan 12 Functional Hierarchical Model
- Most Abstract Level of detail
- Describes basic concepts present in a business
- Usually done Enterprise-wide
- Usually a component of an Information Systems Strategic Plan (ISP) or other multi-project effort
- Organizationally, technologically, and time independent
PPT Preview | Download
PPT Preview | Download
Pertemuan 10 Understanding Existing Process
Understand phase:
- Confirm scope and boundaries
- Map existing process understanding
- Measure process performance
- Determine root cause
- Identify improvement priorities
- Implement early wins
PPT Preview | Download
Pertemuan 11 Measuring Process Performance
PPT Preview | Download
Pertemuan 12 Functional Hierarchical Model
- Most Abstract Level of detail
- Describes basic concepts present in a business
- Usually done Enterprise-wide
- Usually a component of an Information Systems Strategic Plan (ISP) or other multi-project effort
- Organizationally, technologically, and time independent
PPT Preview | Download
Pertemuan 13 Logical Process Model
A technique for describing what activities our organization performs.
Logical Process Models are not constrained by organizational views, technology components, or automation requirements.
PPT Preview | Download
Pertemuan 14 Developing Work Flow Models as a Group
PPT Preview | Download
A technique for describing what activities our organization performs.
Logical Process Models are not constrained by organizational views, technology components, or automation requirements.
PPT Preview | Download
Pertemuan 14 Developing Work Flow Models as a Group
- Write each process on a Post-it note.
- Put the “first” process on a large sheet of paper or whiteboard, then draw inputs.
- Put the “next” process on the paper, then draw outputs from the first then go to the next process.
- Continue until each process is on the paper.
Materi Kuliah Analisis Proses Bisnis
Reviewed by MCH
on
September 30, 2018
Rating:
No comments: