1. Pembelajaran yang mampu mendorong dan menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran adalah pembelajaran dengan pendekatan ….
Saintifik (KONSEP PENDEKATAN SAINTIFIK BACA DI SINI)
2. Pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran .......
project based learning (PEMBAHASAN BACA DI SINI)
3. Guru menyampaikan materi pelajaran tidak dalam bentuk final melainkan mendorong Peserta didik untuk mengidentifikasi apa yang ingin diketahuiya, mencari informasi sendiri, kemudian mengorganisasikan apa diperolehnya menjadi suatu bangun pengetahuan. Hal ini merupakan prinsip belajar dalam model pembelajaran ....
discovery Learning (PEMBAHASAN BACA DI SINI)
4. Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, peserta didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu fenomena terlebih dahulu. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu tugas guru adalah meransang peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Tugas guru adalah mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....
problem based learning (PEMBAHASAN BACA DI SINI)
5. Semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
problem based learning
6. Ketika memulai pembelajaran, guru menyodorkan sebuah isu aktual dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk untuk mencari alternatif solusi tersebut. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut mengisyaratkan implementasi model pembelajaran ....
Project based learning
7. Guru bersama siswa merencanaan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa “memiliki” dan bertanggung jawab atas kegitan yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi..Model pengelolaan pembelajaran yang demikian itu mencerminkan prinsip model…
Project based learning
8. Guru menunjukkan suatu gambar peristiwa pada awal pembelajaran kepada siswa dan siswa terpancing untuk bertanya tentang gambar tersebut. Respon siswa terhadap gambar yang dihadirkan guru merupakan stimulasi yang membantu siswa mengeksplorasi bahan. Dilanjutkan dengan identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Prosedur tersebut merupakan prosedur aplikasi metode ....
Discovery learning
9. Berikut ini disajikan beberapa pernyataan yang mencerminkan langkah-langkah pembelajaran.
a. Orientasi siswa pada masalah
b. Mengorganisasi siswa dalam belajar
c. Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
d. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
e. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Urutan langkah-langkah di atas merupakan langkah pembelajaran dengan model…
problem based learning
10. Berikut ini disajikan beberapa pernyataan yang mencerminkan langkah-langkah pembelajaran.
a. Pemberian Rangsangan (Stimulation)
b. Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)
c. Pengumpulan Data (Data Collection)
d. Pengolahan Data (Data Processing)
e. Pembuktian (Verification)
f. Menarik Kesimpulan (Generalization)
Urutan langkah-langkah di atas merupakan langkah pembelajaran dengan model…
discovery learning
POSTINGAN TERKAIT
BAGI PESERTA PLPG 2017 BACA PETUNJUK PRAKONDISI DI SINI
SOAL UTN 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
SOAL KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI
TIPS LULUS UTN 2017 BACA DI SINI
BAGI PESERTA PLPG 2017 BACA PETUNJUK PRAKONDISI DI SINI
SOAL UTN 2017 KOMPETENSI PEDAGOGIK BACA DI SINI
SOAL KOMPETENSI PROFESIONAL BACA DI SINI
TIPS LULUS UTN 2017 BACA DI SINI
SOAL UTN 2017 MODEL PEMBELAJARAN PAKET 1
Reviewed by MCH
on
March 31, 2017
Rating:
No comments: